6 Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses

Cara menjadi YouTuber pemula – Kemajuan teknologi saat ini bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mencari uang atau pendapatan. Dengan menggunakan teknologi tersebut Anda bisa memanfaatkannya untuk berbisnis online, menjadi professional gamer, freelance, blogger, bahkan bisa menjadi seorang YouTuber. Mendengar kata YouTuber pasti yang terbayang adalah seseorang yang menjadikan YouTube ini sebagai media untuk berbagai info lewat video dan dibagikan ke orang banyak. Menjadi YouTuber ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta sampai ratusan juta dari video yang upload. Tidak hanya uang saja yang bisa didapatkan, namun juga bisa terkenal dan memiliki banyak fans, tentu hal tersebut akan sangat mengenakkan sekali.

YouTuber dalam posisi teratas ditempati oleh Atta Halilintar kemudian di susul oleh Ria Ricis, setelah itu ada Raditya Dika. Penghasilan yang mereka miliki ini sangat fantastis dimana bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Melihat jumlah penghasilan tersebut tentu membuat siapapun menjadi tergiur. Lalu bagaimana cara menjadi YouTuber pemula? Simak caranya berikut ini:

Membuat Akun dan Channel YouTube

channel youtube

channel youtube

Hal pertama yang harus Anda siapkan untuk menjadi seorang YouTuber adalah akun YouTube itu sendiri.  Jika sudah memiliki akun Google Anda bisa login ke YouTube dengan akun tersebut. Setelah itu Anda bisa membuat channel YouTube dengan melakukan klik my channel. Buatlah channel yang menarik dan mencerminkan video-video yang akan Anda upload. Yang harus Anda ketahui adalah ada dua jenis channel YouTube ini yang pertama adalah channel yang dibuat oleh orang tang sudah memiliki nama besar dikarenakan memiliki hubungan dengan artis atau YouTuber terkenal lainnya. Sedangkan yang kedua adalah channel yang benar-benar dari nol.

Buat Akun AdSense

Akun AdSense

Cara menjadi YouTuber pemula selanjutnya adalah daftarkan akun Anda ke Google AdSense untuk menampilkan iklan di setiap video yang Anda upload. Anda hanya bisa memiliki satu akun AdSense saja sedangkan jika mendaftarkan dua akun maka pihak AdSense akan menolak permintaan Anda. Untuk bisa mengaitkan video dengan AdSense ini Anda membutuhkan minimal tiga video original yang sudah di upload ke YouTube.

Tetapkan Target Penonton

Sebagus apapun video yang akan Anda upload tidak akan ada gunanya jika tidak ada penontonnya. Jika penonton channel YouTube yang Anda miliki masih 0, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan siapa yang menjadi target penonton Anda. Anda bisa berpatokan pada dua hal yang mendasari mengapa menonton YouTube. Yang pertama adalah mencari hiburan atau entertainment sedangkan yang kedua adalah edukasi atau mencari sesuatu yang akan dipelajari atau bahkan berita. Anda tidak bisa membangun channel berdasarkan keduanya yaitu menghibur dan mengedukasi karena tidak akan fokus.  Memang bisa Anda menggabungkan keduanya namun dijamin hasilnya tidak akan maksimal dibandingkan dengan satu tujuan saja. Menariknya adalah dunia marketing YouTube ini sama dengan marketing sebuah blog anggap saja video pada akun YouTube Anda adalah artikel pada blog, Anda menentukan niche pada sebuah blog maka juga harus bisa mengaplikasikan hal sama pada YouTube Anda. Tambahkan hal sama seperti pada blog seperti tag dan lain sebagainya.

Membangun Subscriber

 Subscriber

Anda harus membangun subscriber secara natural dikarenakan YouTube merupakan campuran antara mesin pencarian dengan sosial media. Asumsikan kolom pencarian YouTube itu sama dengan kolom pencarian Google sedangkan subscriber adalah teman di sosial media. Untuk mendatangkan subscriber ini Anda harus membuat video yang berkualitas, buat video yang relevan dengan penonton misalnya adalah buat video yang berhubungan dengan apa yang penonton cari. Di awal setiap views ini sangat berharga sehingga di detik 5 sampai dengan 15 detik pertama diharapkan audience atau penonton sudah tahu apa yang mereka tonton. Langkah ketiga untuk bisa mendapatkan subscriber adalah dengan menciptakan thumbnails dan melakukan optimasi pada judul sebaik mungkin. Thumbnail ini yang akan membuat pengunjung tertarik untuk melihat video yang telah dibuat.

Hindari Menggunakan Black Chat

Yang harus Anda ketahui adalah YouTube ini sangat membenci spam. Biarkanlah penonton datang secara natural meskipun memakan waktu lama, namun memang itulah cara kerja YouTube. Hampir semua YouTuber memerlukan waktu setidaknya 1 tahun sampai mereka mendapatkan traffic atau penonton sedikit demi sedikit. Konsistensi untuk bertumbuh perlahan jauh lebih baik dibandingkan dengan ledakan traffic sesaat yang bisa hilang dengan cepat pula.

Promosikan Video

Cara menjadi YouTuber pemula yang terakhir adalah promosikan video. Video yang sudah di upload ke YouTube tidak secara langsung akan dilihat oleh banyak orang terutama jika Anda belum memiliki subscriber. Anda bisa membagikan link yang dimiliki ke sosial media dengan membagikan link YouTube dimiliki. Namun jangan pernah membagikan link YouTube secara berulang-ulang dikarenakan rentan terkena banned.

youtube on smartphone

youtube on smartphone

YouTuber yang saat ini sukses dan mendapatkan jutaan subscriber juga memulainya dari nol terlebih dahulu. Mereka harus membangun channel YouTube dengan kerja keras sampai bisa seperti saat ini. Oleh sebab itu bagi Anda yang pemula, lakukanlah cara menjadi YouTuber pemula seperti yang dijelaskan di atas dengan tekun dan konsisten kemudian nikmati prosesnya, percayalah jika hasil tidak akan pernah mengkhianati proses.

Загрузка...

Tags: Cara menjadi youtuber pemula tips menjadi youtuber pemula

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar