Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

Memulai investasi saham sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang karena menawarkan keuntungan yang besar. Dengan membeli saham, Anda dapat memperoleh sebagian kepemilikian atau ekuitas di suatu perusahaan publik.

ads

Sebagai pemula, mungkin Anda bingung bagaimana cara memulai investasi saham dan dimana harus membeli produk investasi tsb. Di Indonesia, terdapat sebuah tempat perdagangan saham yang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI) namun masalahnya Anda tidak dapat membeli langsung di BEI tetapi ada ketentuan khusus yang harus Anda ketahui dan ikuti. Perdagangan jual beli saham di BEI ini dilakukan secara otomatis yang terhubung dengan sistem jaringan komputer trading saham online.

Baca juga: Memilih Produk Investasi Yang Tepat Untuk Anak Muda / Usia Di Bawah 30 Tahun

cara-memulai-investasi-saham-bagi-pemula-carainvestasibisnis.com

Sponsor

Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda dalam memulai investasi saham, yaitu:

1. Kenali Produk Investasi Saham

Langkah pertama dalam memulai investasi saham adalah mengenali produk investasi itu sendiri, apakah itu saham? Dan apa risiko dan keuntungan investasi saham?

2. Membuat Rekening Saham

Setelah Anda mengetahui apa itu saham, maka langkah selanjutnya dalam memulai investasi saham adalah membuat rekening saham.

Bila Anda ingin menabung di sebuah bank maka Anda diwajibkan untuk membuka rekening tabungan nah bila Anda ingin membeli saham maka Anda diwajibkan untuk membuka rekening saham di perusahaan sekuritas yang kadang disebut juga sebagai pialang / broker saham.

Pembukaan rekening saham sendiri sangat mirip dengan pembuatan rekening tabungan, dimana Anda diharuskan mengisi beberapa data pribadi seperti identitas, data usaha / pekerjaan, data ahli waris, dan harus melampirkan copy identitas dan buku rekening tabungan.

Di Indonesia sendiri, perusahaan sekuritas tempat membeli saham jumlahnya cukup banyak, ada yang dimiliki oleh pemerintah / BUMN (contoh: BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dll), milik swasta nasional (contoh: Sinarmas Sekuritas, Panin Sekuritas, dll), bahkan ada yang dimiliki perusahaan asing (contoh JP Morgan Securities, Kim Eng Securities, dll).

Untuk membuka rekening saham di perusahaan sekuritas ini tentunya memerlukan biaya awal, ada yang mensyaratkan saldo minimal 5 juta rupiah, namun ada pula yang lebih, untuk biaya pastinya silahkan Anda hubungi perusahaan sekuritas tsb.

3. Memilih Saham

Setelah Anda memiliki rekening saham dan memiliki saldo seperti yang disyaratkan oleh perusahaan sekuritas maka sekarang waktunya Anda memilih saham yang tepat, yaitu saham yang memberikan keuntungan terbesar namun risiko terkecil untuk investasi Anda.

Dalam pemilihan saham yang tepat, Anda perlu melakukan analisa tentang kondisi perusahaan yang sahamnya akan dibeli tsb, apakah perusahaan tsb sehat dan berkembang? Anda pun perlu memperhatikan grafik harga saham yang bersangkutan agar dapat menentukan timing pembelian yang tepat, yaitu apakah harus membeli sekarang atau tunggu beberapa hari lagi?

Untuk mengetahui saham apa saja yang terdaftar dan harga pergerakannya, silahkan Anda kunjungi situs BEI. Di situs tsb terdapat daftar LQ45 yaitu 45 perusahaan dengan nilai transaksi tertinggi atau likuiditas tertinggi.

4. Membeli Saham

Tahap selanjutnya dalam investasi saham adalah membeli saham. Perlu Anda ketahui bahwa ada 2 cara membeli saham, yaitu:

  • Melalui broker (pialang saham), yaitu Anda meminta broker (tempat Anda membuka rekening saham) melakukan pembelian saham untuk Anda.
  • Melalui order langsung secara online yaitu Anda membeli saham sendiri melalui Trading Saham Online System. Sistem ini biasanya disediakan oleh broker kepada para nasabahnya yang kemudian harus diinstall di perangkat komputer / gadget masing-masing.

Anda diharuskan membeli saham setidaknya 1 lot yang terdiri dari 100 lembar saham, untuk itu penting sekali Anda menyiapkan dana minimal sejumlah itu. Selain itu Anda pun harus menyiapkan biaya lainnya seperti PPN 10% dan komisi pialang saham.

Saldo di rekening saham Anda akan terpotong otomatis saat membeli saham tsb.

5. Menjual Saham

Dalam investasi saham, kita tentunya dapat menjual saham yang kita miliki saat diperlukan. Namun akan alangkah baiknya bila Anda menjual saat harga jual saham tsb lebih tinggi dibandingkan harga beli sehingga Anda masih mendapatkan keuntungan.

Seperti halnya membeli saham, menjual saham pun dapat dilakukan secara langsung oleh Anda sendiri atau melalui broker. Uang hasil penjualan saham akan ditransferkan otomatis ke rekening saham Anda.

ads

Itulah cara memulai investasi saham yang perlu Anda ketahui sebagai pemula. Perbanyaklah membaca panduan investasi saham dan kisah sukses para investor saham seperti Warren Buffet dll agar Anda selalu mendapatkan inspirasi dan termotivasi. Semoga bermanfaat …

Rekomendasi Artikel Lain dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menabung saham di bank -cara menabung saham -cara nabung saham -cara daftar yuk nabung saham -cara bisnis saham -cara menabung saham bei -cara menabung saham di bank mandiri -dimana menabung saham -cara ikut yuk nabung saham -cara memulai investasi saham -

Tags: Cara Investasi Membeli Saham Tips Trik

Posting Terkait "Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula"

Cara Menghindari Penipuan Investasi Tanah
Cara Menghindari Penipuan Investasi Tanah - Membeli
Cara Menabung Yang Efektif Untuk Persiapan Masa Depan
Bagi masyarakat indonesia mungkin cukup sulit menemukan
  1. author

    sonda.st1 minggu agoBalas

    bagaimana cara menabung di bei pemula pak mohon petunjuk

    • author

      carainvestasibisnis (Penulis)1 minggu agoBalas

      Mba Sonda, maksudnya bukan menabung kali ya? Tapi cara membeli saham untuk mulai investasi? Bila iya, silahkan baca kembali artikel di atas karena sudah dijelaskan tahap demi tahap .. Silahkan bila ada yg mau ditanyakan kembali mengenai cara investasi saham atau cara investasi lainnya. Salam sukses ..!

Tinggalkan pesan "Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula"