Sering Diaggap Lebih Efektif, Perlukah Kartu Kredit Bagi Pengusaha?

Perlukah kartu kredit bagi pengusaha? – Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran berupa kartu yang diterbitkan oleh sebuah bank atau lembaga keuangan untuk digunakan oleh oleh nasabah pemegang kartu. Berbeda dengan kartu debit yang menggunakan dana tabungan sebagai sumber pembayaran, kartu kredit menggunakan dana yang dipinjamkan oleh bank. Dana yang Anda dapatkan dengan menggunakan kartu kredit dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan mendesak seperti, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Kartu kredit

Belakangan, kartu kredit banyak diminati sebagai alat pembayaran. Hal tersebut dikarenakan kemudahan serta berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan kartu kredit. Lantas, perlukah kartu kredit bagi pengusaha? Berikut adalah beberapa keuntungan yang harus Anda ketahui ketika menggunakan kartu kredit, khususnya jika Anda adalah seorang pengusaha.

1.            Mempermudah Pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Kepemilikan kartu kredit dapat memudahkan Anda dalam pengajuan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan). KTA atau Kredit Tanpa Agunan sendiri adalah jenis pinjaman yang disediakan oleh bank untuk nasabahnya tanpa mensyaratkan adanya agunan atau jaminan seperti, sertifikat tanah, BPKB, dan lain sebagainya. Bank sendiri umumnya memberikan kemudahan pengajuan KTA bagi para nasabah pemegang kartu kredit. Biasanya, bank akan menggunakan kartu kredit untuk melihat riwayat transaksi atau keadaan finansial dari nasabah. Pinjaman KTA ini tentunya dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan usaha sewaktu-waktu apabila dalam kondisi yang mendesak. Proses pengajuan KTA sendiri biasanya memakan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan kredit pada umumnya.

2.            Mempercepat Proses Pembayaran

Kartu kredit saat ini banyak digunakan sebagai salah satu alat pembayaran. Pemilihan kartu kredit dibanding uang tunai biasanya didasarkan pada kemudahan sekaligus efisiensi yang diberikan. Cukup dengan memasukkan 16 digit nomor kartu beserta dengan 3 digit kode CVV, pembayaran Anda sudah dapat diproses. Selain itu, apabila Anda membeli barang secara langsung di toko atau merchant, Anda dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit dengan memanfaatkan mesin EDC pada toko. Biasanya, bank juga menawarkan banyak promo berupa potongan harga atau cashback untuk pemegang kartu kredit. Dengan demikian, pengeluaran belanja Anda akan menjadi lebih sedikit.

3.            Memperlancar Transaksi Lintas Negara

Apabila Anda adalah pelaku bisnis dengan lingkup pasar yang tidak terbatas di dalam negeri, melainkan juga luar negeri, maka memiliki kartu kredit bisa jadi sangat membantu proses transaksi Anda. Pasalnya, kartu kredit dapat Anda jadikan sebagai alat pembayaran untuk transaksi luar negeri. Untuk melakukan transaksi lintas negara, pastikan kartu kredit yang Anda miliki dibubuhi dengan logo Visa atau MasterCard.

4.            Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi Sebagai Pendukung Transaksi Bisnis

Keamanan tentunya adalah prioritas pertama yang dilihat oleh seseorang ketika menentukan jenis alat pembayaran yang akan digunakan. Salah satu alat pembayaran dengan tingkat keamanan tinggi yang dapat Anda pertimbangkan adalah kartu kredit. Hampir sama dengan kartu debit, saat melakukan transaksi dengan kartu kredit Anda akan diminta untuk memasukkan PIN sebagai proses verifikasi. Tanpa kode PIN, pemegang kartu tidak akan dapat memproses transaksi yang diinginkan. Dengan demikian, penggunaan kartu kredit akan menjadi lebih aman. Saat ini, beberapa bank atau lembaga keuangan juga telah menambah keamanan pada kartu kredit dengan mensyaratkan kode OTP setiap kali akan melakukan transaksi.

5.            Mempermudah Pemantauan Pengeluaran

Saat menjalankan sebuah bisnis, Anda akan dihadapkan pada banyak pengeluaran untuk keperluan perusahaan. Satu atau dua pengeluaran tentunya masih dapat Anda atasi. Akan tetapi, apabila dalam satu bulan tersebut Anda melakukan banyak pengeluaran, baik besar atau kecil, tentunya akan sangat merepotkan apabila satu di antaranya tidak tercatat dalam laporan keuangan. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melacak pengeluaran perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Anda dapat melihat seluruh pengeluaran melalui lembar tagihan yang dikirimkan oleh bank. Alhasil, tidak akan ada pengeluaran yang terlewat dan laporan keuangan dapat Anda susun dengan lebih mudah.

6.            Menghemat Perjalanan Bisnis

Perjalanan bisnis sesekali dilakukan oleh perusahaan dengan berbagai tujuan. Bisa untuk pemeriksaan kantor cabang, ekspansi bisnis, atau untuk keperluan yang lain. Di saat demikianlah, kartu kredit dapat membantu Anda untuk meminimalkan pengeluaran perjalanan. Pasalnya, beberapa travel agent ataupun bank seringkali menawarkan diskon atau promo untuk pembelian tiket, pemesanan hotel, restoran, dan fasilitas lainnya untuk pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas airport lounge secara gratis.

Baca juga : Berpeluang Tinggi! Ini Dia 5 Ide Bisnis Ban Bekas Mobil

7.            Lebih Mudah Beriklan di Sosial Media

Sosial media adalah salah satu media pemasaran yang dapat dibilang paling efektif untuk digunakan. Tidak heran jika beberapa sosial media seperti, Instagram, Facebook, maupun Youtube banyak menawarkan fitur iklan bagi para pebisnis atau pengusaha. Pembayaran fitur iklan tersebut, biasanya mengharuskan penggunaan kartu kredit. Oleh karena itu, dengan memiliki kartu kredit, proses pemasaran melalui sosial media akan lebih mudah untuk Anda lakukan.

Demikianlah beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan Anda sekaligus menjawab pertanyaan “Perlukah kartu kredit bagi pengusaha?”.

Загрузка...

Tags: Perlukah kartu kredit bagi pengusaha

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar