Kiat-Kiat Mengakali Mahalnya Ongkir Produk Toko Online Paling Jitu

Kiat-kiat mengakali mahalnya ongkir produk toko online – Saat ini berbelanja online menjadi kegemaran banyak orang. Alasan menyukai pembelian secara online adalah lebih praktis dan lebih hemat tenaga terlebih lagi toko online ini menawarkan pilihan produk yang lengkap dan menarik.

Hal tersebut juga ditunjang dengan tersedianya berbagai macam platform marketplace yang menawarkan kelebihan masing-masing. Kendala yang sering terjadi saat belanja online adalah ongkir yang mahal. Semakin berat dan jauh jarak pengiriman ongkirnya akan semakin mahal. Bagi Anda yang ingin membeli produk secara online namun terkendala dengan ongkir, ada kiat-kiat mengakali mahalnya ongkir produk toko online yang sangat menarik sekali untuk disimak seperti berikut ini:

Subsidi Ongkir

Kiat-kiat mengakali mahalnya ongkir produk toko online adalah berbelanja di marketplace yang menawarkan subsidi gratis ongkir. Dengan pemberian subsidi ongkir ini Anda akan bisa mendapatkan potongan ongkir yang cukup lumayan. Sebagai contohnya adalah Shopee yang mana menjadi marketplace yang menawarkan subsidi gratis ongkir se-Indonesia. Untuk mendapatkan subsidi gratis ongkir ini Anda hanya perlu berbelanja dengan minimum order seperti peraturan yang telah diberlakukan.

Misalnya saja adalah untuk subsidi ongkir 10 ribu Anda hanya perlu berbelanja di toko dengan label gratis ongkir extra. Setiap toko ini memiliki batas minimum free ongkirnya masing-masing. Bahkan setiap ekspedisi pun memberlakukan batas belanja minimum masing-masing. Misalnya saja untuk J&T batas minimumnya 50 ribu, sedangkan JNE ini lebih mahal yaitu 150 ribu rupiah.

Manfaatkan Koin dan Cashback

Kiat-kiat mengakali mahalnya ongkir produk toko online selanjutnya adalah Anda bisa memanfaatkan koin dan juga cashback. Koin dan juga cashback tersebut bisa Anda gunakan di momen berbelanja selanjutnya yang mana membuat harga total belanja Anda menjadi berkurang dan jauh lebih murah. Hanya saja yang harus Anda perhatikan di sini adalah Anda harus mencermati produk yang akan Anda beli tersebut karena tidak semua produk menawarkan koin dan juga cashback. Memang hal ini cukup menguras waktu namun tidak ada salahnya Anda coba untuk mengantisipasi ongkir yang terlalu mahal yang mana membuat total belanjaan Anda menjadi membengkak.

Gunakan Jasa Ekspedisi Khusus

Tips mengakali mahalnya ongkir produk toko online yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah gunakanlah jasa ekspedisi khusus. Sebagai contohnya adalah marketplace Shopee dimana saat ini mereka mengembangkan bisnisnya ke ekspedisi dan juga e-money. Jika Anda cermati saat ini beberapa star seller dan semua Shopee Mall dilengkapi dengan jasa ekspedisi ini. Dengan berbelanja di Shopee Mall Anda bisa mendapatkan produk dengan jaminan ori, bahkan banyak perusahan-perusahaan besar di Indonesia yang memiliki akun Shopee Mall di marketplace satu ini.

Baca juga : 5 Daftar Marketplace Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Kulakan Terbaik

Jasa ekspedisi yang dikeluarkan oleh Shopee ini diberi nama Shopee Express dengan jenis layanan Standar dan Someday. Kekurangannya adalah tidak semua kota bisa dijangkau oleh jasa ekspedisi ini, namun beberapa waktu ke depan diyakini jika jasa ekspedisi ini akan semakin besar dan memperluas jangkauan wilayah operasional mereka. Keuntungan menggunakan jasa ekspedisi ini adalah ongkirnya yang jauh lebih murah. Memang saat ini jasa ini baru melayani pengiriman barang melalui Shopee saja namun siapa tahu jika ke depannya perusahaan  ini berinovasi dengan memberikan pengiriman barang untuk masyarakat umum seperti JNE maupun J&T.

Manfaatkan Promo

Untuk bisa mendapatkan ongkir termurah produk dan berbelanja online selanjutnya adalah manfaatkan promo. Promo ini banyak dilakukan oleh beberapa marketplace terbesar di Indonesia. Contohnya saja adalah beberapa waktu lalu Shopee memberikan promo berupa gratis ongkir dengan minimal belanja Rp 0. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menyiasati mahalnya ongkir yang harus Anda ditanggung. Meski batas minimum belanja 0 rupiah Anda tetap saja akan mendapatkan potongan atau subsidi ongkir sebesar 20 ribu rupiah. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda karena bisa berbelanja produk murah plus gratis ongkir lagi.

Tidak hanya Shopee saja, Bukalapak juga menawarkan gratis ongkir kepada masyarakat Indonesia. Setiap belanja 50 ribu rupiah di Bukalapak Anda akan mendapatkan gratis ongkir sampai dengan 15 ribu ke seluruh wilayah di Indonesia. Anda harus memasukkan kode promonya terlebih dahulu setelah itu Anda bisa memilih jasa ekspedisi yang ingin Anda gunakan. Promo yang diberlakukan ini ada masa berlakunya dan setiap promo ini kodenya berbeda-beda sehingga jangan lupa untuk selalu check aplikasi marketplace favorit Anda dan selalu update informasi di akun sosial media mereka.

Update Informasi Ekspedisi

Kiat-kiat mengakali mahalnya ongkir produk toko online terakhir yang bisa Anda lakukan adalah selalu update informasi jasa ekspedisi kesayangan Anda. Contohnya adalah beberapa waktu lalu di masa pandemi J&T express memberikan promo berupa potongan ongkir yang cukup lumayan. Jika tarif pengiriman dalam kota biasanya 7 sampai dengan 8 ribu, tarif ongkir berubah menjadi 5 ribu saja. Padahal di marketplace tarif masih sama yaitu 8 ribu ruah. Oleh sebab itu rajin-rajinlah mencari informasi di ekspedisi kesayangan Anda tersebut.

Sekarang berbelanja online tidak perlu pusing memikirkan ongkir lagi. Kiat-kiat mengakali mahalnya ongkir produk toko online di atas bisa Anda lakukan untuk membuat ongkir menjadi lebih murah meriah sehingga berbelanja jauh lebih hemat.

Загрузка...

Tags: Kiat-kiat mengakali mahalnya ongkir produk toko online

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar