5 Daftar Marketplace Indonesia yang Bisa Dijadikan Tempat Kulakan Terbaik

Daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan – Keberadaan marketplace saat ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat berbelanja saja namun juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk kulakan. Banyak yang membeli barang di marketplace tersebut kemudian menjualnya kembali ke konsumen. Harga relatif murah dan produk yang beragam membuat banyak reseller dan juga dropshiper yang memanfaatkan marketplace tersebut untuk berbisnis dan berjualan online. Sayangnya saat kulakan di marketplace ini penting bagi Anda untuk memilih marketplace yang tepat. Berikut ini adalah daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan dengan harga murah:

Shopee

Shopee masuk dalam daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan terbaik dan terpercaya pertama. Anda bisa menemukan berbagai macam barang di sini dengan mudah dan murah. Anda yang ingin mendapatkan produk dari China pun akan mudah untuk menemukannya karena banyak seller yang mendatangkan produk langsung dari China. Kelebihan yang ditawarkan oleh Shopee ini adalah harganya murah dan bersaing selain itu ada berbagai macam program gratis ongkir yang bisa Anda manfaatkan. Shopee akan menyubsidi ongkos kirim Anda mulai dari 10 ribu rupiah sampai dengan 50 ribu rupiah, tentu hal ini sangat menguntungkan bagi Anda karena Anda tinggal membayar sisa ongkos kirimnya saja.

Shopee sendiri merupakan marketplace asal Singapura. Pada tahun 2015 silam melakukan ekspansi ke pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia ini. Yang menakjubkan adalah setelah empat tahun lamanya Shopee ini berhasil menjadi marketplace terbesar ketiga di Indonesia. Kunjungan bulanan dari marketplace ini mencapai 74.995.300.  Marketing kreatif Shopee yang melibatkan Blackpink ini membuat Shopee semakin digemari dan di gandrungi.

Tokopedia

kantor Tokopedia

Daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan sebagai tempat kulakan selanjutnya adalah Tokopedia. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya tepatnya pada bulan Februari 2009. Di usia kesepuluhnya, Tokopedia mampu menjadi marketplace terbesar di Indonesia dimana jumlah kunjungan dalam waktu per bulan mencapai 137.200.900. Tokopedia juga menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia artinya memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar Amerika.

Melihat beberapa fakta tersebut tidak mengherankan jika marketplace satu ini menjadi tempat yang empuk bagi pebisnis online, reseller, dropshiper, distributor, supplier, dan lain sebagainya. Anda yang ingin menggeluti bisnis jual beli online bisa mengandalkan Tokopedia untuk mencari barang yang ingin Anda jual kembali.

Blibli

kantor Blibli

Meski belum menjadi startup unicorn namun marketplace satu ini bisa Anda jadikan sebagai tempat kulakan yang potensial. Di marketplace satu ini Anda bisa menemukan berbagai macam produk yang menarik untuk dijual kembali. Harganya pun cukup kompetitif sehingga Anda masih bisa mendapatkan margin cukup besar dari selisih harga beli dan juga harga jualnya.  Yang menguntungkan dari Blibli ini adalah mendukung dan memungkinkan bagi para UKM dan pebisnis untuk berjualan di situs mereka. Dengan menggunakan merchant tool application, Blibli akan cukup ketat menyaring para merchant yang ingin melakukan penjualan di situs Blibli ini.

Lazada

Tentu marketplace satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Lazada menjadi marketplace terpercaya yang menjual berbagai produk. Fitur pembayaran yang beragam dan mendukung COD akan membuat Anda mudah untuk mendapatkan barang untuk dijual kembali. Lazada Indonesia sendiri menjadi salah satu cabang Lazada yang ada di Asia Tenggara. Selain di Indonesia, Lazada ini juga ada di Malaysia, Vietnam, Filipina, dan juga Thailand. Selain menjadi pembeli, Anda juga bisa menjadi penjual di Lazada ini.

Ralali

Daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan yang terakhir adalah Ralali. Mungkin sedikit asing dengan marketplace satu ini namun Anda bisa menjadikan situs atau marketplace ini sebagai tempat kulakan yang terpercaya. Marketplace ini sangat cocok untuk Anda yang berbisnis manufaktur dan alat-alat teknik. Ralali merupakan perusahaan rintisan di indonesia yang menghubungkan antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil atau istilahnya B2B business to business. CEO Joseph Aditya mengatakan bahwa Ralali ini dibangun sejak tahun 2013 namun tahun 2014, baru mendapatkan investasi berasal dari luar negeri.

Model B2B di usung oleh Ralali karena melihat banyaknya perusahaan atau bisnis kecil yang harus mencari perusahaan besar atau distributor. Bahkan tidak jarang perusahaan kecil harus pergi jauh hanya untuk melakukan transaksi. Ralali berusaha menjembatani atau menjadi penghubung antara keduanya. Joseph mengklaim bawa Ralali ini menjadi marketplace B2B terbesar  di Indonesia, dan pada tahun 2017 Ralali dipercaya untuk melakukan funding.

Jenis Marketplace

Tidak hanya daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan saja yang penting untuk diperhatikan namun jenis marketplace juga penting untuk diperhatikan. Pada umumnya marketplace ini terbagi menjadi dua yaitu murni dan konsinyasi. Marketplace murni merupakan situs yang hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan juga fasilitas pembayaran. Penjual memiliki kewajiban untuk menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri.

Marketplace konsinyasi adalah marketplace yang menyediakan fitur titip barang, Penjual yang melakukan kerja sama konsinyasi dengan marketplace hanya perlu menyediakan produk dan informasi detail ke marketplace. Contoh marketplace konsinyasi adalah Zalora dan Berrybenka.

Demikianlah daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan terbaik dengan harga murah, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Загрузка...

Tags: Daftar marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan marketplace Indonesia yang bisa dijadikan tempat kulakan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar