Biaya Iklan Google Adwords dalam Rupiah

Seiring dengan efektivitas yang dijanjikan, banyak orang yang saat ini mencari besaran biaya iklan Google Adwords dalam rupiah. Memang, sebagai salah satu platform pengiklanan online yang paling sukses saat ini, Google Adwords masih bertengger pada posisi pertama pilihan perusahaan-perusahaan besar untuk melancarkan kampanye produknya. Secara keseluruhan, hampir semua model iklan Google Adwords menetapkan sistem Cost Per Click yang artinya setiap pengiklan harus membayar sejumlah biaya untuk keyword tertentu yang dipilih. Nah, jika anda berencana menggunakan jasa Google Adwords dalam waktu dekat, mungkin informasi seputar biaya iklan Google Adwords dalam rupiah di bawah ini bisa membantu anda.

Biaya Iklan di Google Adwords

Sebenarnya, untuk bisa mengiklan di Google Adwords tidaklah ditentukan dengan biaya tertentu. Seperti dikutip langsung dari aman Google Adwords, anda hanya harus membayar setiap iklan yang berhasil diklik saja. Ketentuan Cost Per Clik ini juga berlaku setiap pelanggan menonton video anda di Youtube, atau menghubungi kontak bisnis anda.

Google Adwords

Namun, untuk bisa bertengger di aman atas hasil pencarian, Google sudah menetapkan biaya tersendiri untuk masing-masing keyword yang telah ditentukan. Besarnya biaya per-keyword sangat bervariasi tergantung dengan banyaknya pesaing yang menggunakan keyword sejenis. Urutan hasil pencarian pun juga akan mempengaruhi biaya iklan anda dengan Google Adwords. Jadi jika anda menginginkan keyword yang sudah banyak dipakai, maka besarnya biaya bisa jadi sangat tinggi. Begitu juga saat anda menginginkan posisi tinggi dalam hasil pencarian, biaya iklan juga akan turut meningkat.

Sedangkan untuk rincian biayanya adalah sebagai berikut. Biaya Google Adwords untuk pemasangan keyword brand bisnis atau usaha anda sendiri berkisar antara Rp. 500 perhari. Untuk besarnya biaya perklik, harganya bervariasi mulai dari Rp. 1000 hingga Rp. 5000 untuk setiap kliknya. Bahkan untuk produk yang sangat banyak pesaingnya, biaya perklik bisa mencapai Rp. 10.000.

Semua biaya tersebut akan diambil dari anggaran iklan harian yang sudah anda tentukan sebelumnya. Jadi secara ringkas, pertama anda harus menentukan posisi keyword anda dengan biaya yang sudah ditetapkan oleh Google. Selanjutnya, anda akan dikenai biaya tambahan jika iklan yang anda pasang mendapatkan klik atau kunjungan dari pelanggan.

Setelah anda mengetahui biaya iklan Google Adwords dalam rupiah, maka selanjutnya adalah faktor-faktor yang mempengaruhi besaran biaya Google Adwords.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Iklan Google Adwords

Google Adword

Google Adword

Mungkin anda berpikir dengan membayar biaya per klik yang tinggi, maka otomatis iklan anda bisa langsung bertengger di hasil pencarian atas di Google. Namun ternyata, Google Adwords tidak bekerja dengan cara demikian. Anda beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya biaya per klik untuk masing-masing keyword yang sudah ditentukan. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Jenis Keyword

Faktor pertama yang jelas mempengaruhi biaya iklan di Google Adwords adalah jenis keyword yang anda pilih. Seperti yang sudah di paparkan sebelumnya, jika keyword yang anda pilih memiliki intensitas penggunaan yang tinggi, maka harga yang harus anda tebus juga semakin mahal. Contoh penggunaan keyword yang memiliki intensitas tinggi adalah “Rumah”, “Sepatu” dan lain-lain. Semuanya tergantung dengan pilihan anda. Jika anda cukup yakin pelanggan akan mengklik website anda, maka mempertaruhkan biaya besar sepertinya bukan masalah.

  1. Kompetisi

Dengan banyaknya pengguna jasa Google Adwords saat ini, sangat sulit untuk mendapatkan keyword yang minim kompetisi. Rata-rata perusahaan besar akan menguasai ranking hasil pencarian teratas karena besarnya biaya yang mereka anggarkan untuk CPC. Tentu saja dengan demikian, anda harus membayar biaya yang tinggi juga untuk bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan tersebut. Alternatifnya, anda bisa melakukan survey terlebih dahulu tentang keyword mana yang sekiranya masih relevan namun dengan tingkat kompetisi yang minim. Hal tersebut tentu bisa menghemat anggaran iklan anda di Google Adwords.

  1. Kualitas Website

Kembali ke prinsip semakin mahal maka peluang website mendapatkan klik semakin tinggi. Google telah menerapkan algoritma khusus terkait kebiasaan pengguna mengunjungi halaman satu website yang menggunakan Google Adwords. Semakin lama pengguna berada pada halaman tersebut, berarti website tersebut menyajikan konten yang relevan terhadap hasil pencarian. Nah, ini berarti ketika anda ingin memasang keyword yang jauh hubungannya dengan website anda, maka biayanya juga akan meningkat. Belum lagi, setiap hasil pencarian yang tidak relevan sangat sulit untuk muncul di hasil pencarian teratas. Maka sangat tidak disarankan untuk menggunakan keyword yang tidak relevan dengan kualitas website anda meskipun biaya dan tingkat kompetisinya sangat rendah.

Demikianlah informasi seputar biaya iklan Google Adwords dalam rupiah yang bisa anda ketahui. Anda perlu memahami bahwa saat ini, perusahaan-perusahaan besar sudah menguasai hampir semua lini keyword dalam hasil pencarian. Maka dari itu, tentukan dengan bijak skema iklan Google Adwords anda. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

hide57v -

Tags: berapa biaya iklan Google Adwords dalam rupiah biaya iklan Google Adwords dalam rupiah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Biaya Iklan Google Adwords dalam Rupiah"

    Cara Menggunakan MailChimp dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda
    Cara menggunakan MailChimp sangat penting bagi anda
    7 Bank dengan Suku Bunga KPR Paling Rendah Terbaru
    Bank dengan suku bunga KPR paling rendah
    7 Strategi Jika Tidak Mampu Membayar Cicilan KPR Tepat Waktu
    Strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR
    4 Aplikasi Pinjam Uang Online Terbaik di Indonesia dan Risikonya
    Aplikasi pinjam uang online terbaik di Indonesia

    Tinggalkan pesan "Biaya Iklan Google Adwords dalam Rupiah"