Cara Menggunakan MailChimp dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Cara menggunakan MailChimp sangat penting bagi anda yang mempunya bisnis online. Baik berupa toko, blog, ataupun yang lainnya. Mungkin anda pernah merasa bahwa anda belum bisa memaksimalkan data email pelanggan anda yang dari dulu sudah terdaftar. Tentu saja, data-data berupa email tersebut sangat berharga untuk meningkatkan kedekatan serta potensi returning dari pelanggan setia anda. Maka dari itu, diperlukan sebuah tools yang bisa mengelola dan memberikan update terbaru produk anda kepada pelanggan-pelanggan tersebut melalui email. Di sinilah MailChimp menjalankan tugasnya. Sebagai sebuah tools marketing yang bertugas mengotomatisasi sistem iklan melalui email, anda bisa menggunakannya untuk kemajuan bisnis anda. Berikut adalah cara menggunakan MailChimp beserta manfaat-manfaat yang bisa anda dapatkan darinya.

Menggunakan MailChimp

  1. Buat Akun dan Login
Login mail chimp

Login mail chimp

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk mulai menggunakan MailChimp adalah dengan mendaftar ke website MailChimp di www.MailChimp.com. Atau anda juga bisa langsung masuk atau login ke akun MailChimp anda jika sebelumnya sudah pernah mendaftar.

  1. Buat List Penerima Email

List Penerima Mailchimp

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat daftar calon penerima email dari iklan atau kampanye produk yang anda buat. Untuk bisa membuat daftar penerima email, anda harus memastikan jika sebelumnya anda sudah memiliki daftar email pelanggan anda. Anda bisa langsung memilih opsi “List” lalu “Create List” pada halaman utama MailChimp untuk langsung mengisi daftarnya.

Setelah anda mengklik opsi tersebut, anda akan diarahkan untuk mengisi identitas list yang akan anda buat. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kolom yang harus anda isi.

  • List Name: Anda bisa mengisikan nama list anda di kolom tersebut. Usahakan untuk memilih nama yang sesuai dengan tema iklan yang akan anda buat nanti.
  • Default Email Adress: Isikan alamat email yang anda gunakan untuk mengirim promosi kepada para pelanggan. Nantinya, email ini juga yang akan menerima balasan dari pelanggan anda.
  • Default From Name: Kolom ini berfungsi seperti subject pada email umumnya. Isikan dengan singkat namun jelas. Contoh penggunaan yang benar adalah sebagai berikut: Bagas dari Facebook.
  • Short Reminder: Kolom ini berfungsi untuk mengingatkan pelanggan bahwa email tersebut dikirim karena mereka pernah subscribe di website anda.

Setelah semua form terisi, maka klik tombol “Save”. Langkah selanjutnya adalah memasukkan database email yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Silakan langsung menuju menu “Add Contact” lalu pilih “Import Contact”. Anda bisa menggunakan opsi “Import Contact” jika database yang anda miliki sudah berupa file excel. Atau jika anda belum memilikinya, anda bisa menambahkannya secara manual dengan memilih opsi “Add a Subscriber”.

  1. Membuat Template Email

Template Mailchimp

Setelah membuat anda selesai membuat list email, maka langkah selanjutnya dalam cara menggunakan MailChimp adalah dengan membuat template email anda. Anda bisa langsung menuju ke menu “Templates” pada dashboard mailchamp anda. Lanjutkan dengan mengklik opsi “Create Template” pada sisi sebelah kanan. Silakan berkreasi dengan berbagai macam layout yang disediakan oleh MailChimp pada halaman layout editor. Penggunaannya sangat mudah karena hanya memerlukan perintah drag and drop saja. Setelah selesai mendesain template email anda, maka anda hanya perlu memilih “Save & Exit” untuk menyimpan template tersebut.

  1. Memulai Promosi

Untuk memulai promosi, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan promosi anda. silakan pilih menu “Campaign” di dashboard anda, lalu klik “Create Campaign”. Selanjutnya, anda tinggal memilih opsi “Create Email > Reguler > Begin”. Opsi tersebut adalah fitur standar yang ditawarkan oleh MailChimp bagi para penggunanya secara gratis. Silakan masukkan list email yang sudah anda buat sebelumnya. Selanjutnya, anda akan di arahkan ke halaman pengisian form identitas kampanye anda. Silakan isi form tersebut dengan detail supaya pelanggan tidak merasa terganggu. Mulai dari Campaign Name, Email Subject, Preview Text, dan From Name. Lalu klik “Next”. Pada tahap ini, anda akan diarahkan kembali ke layout template anda, pilih template yang sudah anda buat sebelumnya tadi. Dan langkah yang terakhir, anda tinggal mengirimkannya dengan menggunakan tombol “Send”. Iklan anda sudah terkirim ke pelanggan-pelanggan anda di sana.

Lalu manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan MailChimp?

Manfaat MailChimp

MailChimp memiliki beberapa manfaat dasar untuk bisnis anda yang meliputi otomasi marketing, A/B Testing, fitur khusus optimalisasi e-Commerce, analisis data pelanggan, hingga penentuan segmentasi. Dengan manfaat yang memang ditujukan untuk mendukung bisnis anda, menggunakan MailChimp adalah langkah tepat mengelola database email pelanggan-pelanggan anda. Dan tentu saja, lebih dari semuanya, fitur MailChimp ini gratis. Namun anda bisa meningkatkan ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan MailChimp beserta manfaatnya untuk bisnis anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara kirim page email lewat mailcham -

Tags: bagaimana Cara menggunakan MailChimp Cara menggunakan MailChimp Cara menggunakan MailChimp bagi pemula Cara menggunakan MailChimp pemula

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Menggunakan MailChimp dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda"

    Biaya Iklan Google Adwords dalam Rupiah
    Seiring dengan efektivitas yang dijanjikan, banyak orang
    Keuntungan Menjadi Blogger dan Kekurangannya
    Kekurangan dan Keuntungan Menjadi Blogger - Di
    5 Tips Memilih Tema Website WordPress Yang Tepat
    Dalam membuat website ada beberapa pilihan platform

    Tinggalkan pesan "Cara Menggunakan MailChimp dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda"