Asuransi Unit Link: Keuntungan dan Kerugiannya

Anda pernah mendengar asuransi unit link atau bahkan ditawari ikut jenis asuransi ini oleh agen asuransi? Bagi yang belum memahami jenis asuransi ini sebaiknya pelajari terlebih dulu mengenai untung ruginya sebelum Anda benar-benar memutuskan ikut bergabung didalamnya.

Apa Itu Unit Link?

Unit link merupakan produk dari perusahaan asuransi yang menggabungkan 2 fungsi yaitu fungsi proteksi dan investasi. Dalam sistem perencanaan keuangan, ada 2 hal yang wajib dimiliki yaitu investasi dan proteksi. Investasi untuk meningkatkan jumlah aset yang dimiliki sementara proteksi untuk melindungi aset dari segala macam risiko.

Oleh karena itu untuk pengembangan produk dan semakin menarik minat para calon nasabah dibuatlah asuransi jenis unit link.

Secara singkat, unit link merupakan satu-satunya model asuransi modern di Indonesia yang menawarkan asuransi jiwa sekaligus investasi. Sebagian besar perusahaan asuransi di Indonesia begitu gencar mensosialisasikan unit link ini.

Beberapa perusahaan menawarkan produk asuransi unit link terbaik. Contohnya seperti asuransi unit link prudential dan unit link axa mandiri.

Promosi tentang unit link oleh sejumlah perusahaan asuransi rupanya cukup sukses, terbukti banyak masyarakat yang ikut menjadi peserta jenis asuransi ini. Layanan ini memang cukup menggiurkan sebab ada kelebihan yang tidak bisa didapatkan dari layanan asuransi pada umumnya. Bahkan keuntungan yang ditawarkan sangat menarik. Sesuai dengan informasi pihak agen asuransi, premi yang dibayarkan oleh nasabah potensi bertambahnya cukup besar sebab dana yang masuk akan diputar sebagai dana investasi.

Cara Kerja Unit Link Bukan Investasi Murni

Asuransi Unit Link

Cara Kerja Unit Link

Masih terkait dengan penawaran agen asuransi mengenai unit link, perlu diingat bahwa asuransi ini diterbitkan oleh perusahaan asuransi yang memiliki layanan utama berupa perlindungan (proteksi). Jadi kurang pada tempatnya jika kita berharap dana premi yang dihasilkan dari premi yang dibayarkan nantinya akan berlipat ganda.

Biar bagaimanapun asuransi jenis unit link bukan murni investasi. Jika kita bandingkan dengan reksadana, hasil investasinya tentu lebih besar reksa-dana sebab murni investasi. Dan untuk diketahui, sewaktu Anda membeli polis asuransi ini maka dana premi yang kita bayar sebagian dialokasikan ke reksa-dana. Namun trik-nya, perusahaan asuransi tidak pernah menginformasikan kemana nantinya uang premi yang dibayarkan nasabah akan diinvestasikan. Singkatnya, nasabah cukup menunggu laporan setiap bulannya serta pada saat uang hasil investasi jatuh tempo.

Sebenarnya poin utama yang harus dicermati adalah embel-embel “investasi” yang ada pada unit link ini. Yang namanya investasi, tentu ada risiko dana bertambah atau berkurang. Masalahnya, kecil kemungkinan bagi nasabah unit link untuk bisa mengontrol uang investasinya. Seperti layanan investasi pada umumnya, ada beberapa poin tentang keuntungan dan kerugian asuransi produk unit link yang harus dipahami calon nasabah. Berikut ini penjabarannya.

Keuntungan Asuransi Unit Link

Salah satu keuntungan asuransi jenis unit link yaitu uang premi sebagai nilai polis tidak akan hangus sehingga suatu saat bisa diambil. Nilai polis ini juga bisa dicairkan untuk berbagai kebutuhan, seperti dana pendidikan atau dana pensiun. Istilahnya, cukup membayar premi asuransi tapi mendapatkan manfaat investasi.

Manfaat unit link

Manfaat Unit Link (image: lindungimasadepan.com)

 

Kerugian Unit Link

Asuransi jenis unit link tidak memberi manfaat investasi maksimal sebab fokus utamanya adalah proteksi. Disamping itu premi asuransi yang harus dibayar lebih mahal dibanding asuransi jiwa murni. Yang perlu digarisbawahi, dalam asuransi jenis unit link tidak ada jaminan keuntungan dalam hasil investasi. Dengan kata lain bisa jadi investasi dari uang premi yang dibayarkan justru tidak mendatangkan laba sama sekali.

Demikian  kerugian dan keuntungan unit link. Sebaiknya Anda tentukan dulu tujuan Anda ikut asuransi jenis unit link, perhatikan prosedurnya sebelum membeli polis unit link, dan pastikan dana Anda cukup karena premi yang harus Anda bayar lebih besar dari asuransi jiwa murni.

Загрузка...

Tags: alokasi premi unit link asuransi investasi kekecewaan nasabah unit link

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar