9 Cara Agar Motor Aman dari Leasing dan Mata Elang

Cara agar motor aman dari leasing – Leasing berbeda dengan kredit biasa karena leasing sendiri merupakan kata dari sewa atau menyewakan sehingga pihak lessor akan menyewakan sepeda motor tersebut dengan jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan di akhir peminjaman lessee atau si peminjam barang bisa membeli barang yang disewakan atau tidak. Untuk leasing ini ada beberapa biaya yang harus ditanggung oleh pihak penyewa yaitu wajib membayar uang muka, membayar jumlah angsuran atau cicilan sampai waktu yang sudah ditetapkan, biaya asuransi, biaya administrasi, dan juga harus bisa menanggung angsuran pertama kali. Kendaraan yang masih dalam masa kredit belum bisa dikatakan milik debitur secara penuh, sehingga jika macet dalam hal pembayaran pihak leasing berhak untuk melakukan penyitaan.

Menghindari Mata Elang Leasing

Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana caranya agar motor yang dipinjamkan oleh pihak leasing tersebut tidak disita terutama yang macet kreditnya. Sudah menjadi hukum yang tidak terbantahkan kepada siapa saja yang bermasalah dengan kredit kendaraannya siap-siap didatangi oleh tukang tagih yang disebut sebagai mata elang. Mata elang ini sosok yang menyeramkan, kasar, dan juga suka mengancam. Disebut mata elang dikarenakan mereka akan tajam dalam melihat setiap plat nomor kendaraan yang lewat. Mereka akan diupah oleh outsourcing, leasing, atau pihak bank untuk mengejar debitur yang nunggak cicilan dan sulit untuk ditemui.

mata elang debt collector

mata elang debt collector

Ciri dari mata elang ini mudah dikenali yaitu mereka akan berkelompok atau bergerombol bisa berempat sampai berenam. Tatapan selalu tertuju pada plat nomor polisi kendaraan yang lewat sambil membuka buku yang dibawanya, jika nomor polisi sesuai dengan yang tertera di dalam buku maka mereka akan segera menguasai kendaraan kemudian membawanya pergi. Informasi yang ada pada buku seperti merek, Nopol, dan juga warna kendaraannya. Selain karena menunggak, kepemilikan kendaraan sudah berpindah tangan atau dijual dan tidak diketahui keberadaan, kendaraan sudah digadaikan, dan kendaraan sudah tidak bisa dilacak. Bagi Anda yang mengalami masalah dengan leasing ini ada beberapa cara agar motor aman dari leasing khususnya mata elang seperti berikut ini:

Lepas Nopol

Baik motor atau mobil yang bermasalah dengan leasing hal pertama yang bisa dilakukan adalah lepas nomor polisi atau pelat nomor belakang agar tidak bisa dikenali dari belakang. Meski begitu nomor atau plat tersebut harus selalu dibawa bersama dengan Anda atau orang yang mengendarai motor atau mobil tersebut. Hal itu untuk berjaga-jaga jika ada razia yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

Mengubah dengan Plat Cantik

Cara agar motor aman dari leasing selanjutnya adalah bisa dengan mengganti plat nomor asli dengan nomor cantik atau plat mainan. Namun plat asli harus dibawa supaya tidak terkena razia polisi dan bisa memberikan alasan yang logis kepada polisi. Meski begitu pembuatan nomor plat asli pun tidak boleh sembarangan dan harus tahu aturannya supaya tidak terlihat seperti plat nomor bodong.

Menepi di Tempat Ramai

Menepi di jalan

Jika memang motor yang Anda kendarai diketahui oleh mata elang yang ditugaskan oleh pihak leasing ada baiknya jika Anda menepi di tempat ramai jangan mau dipaksa diberhentikan di tepi jalan. Di tempat ramai ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekerasan yang melibatkan fisik dan lain sebagainya.

Cabut dan Amankan Kunci Kontak Kendaraan

Saat menepi segera kunci setang motor Anda dan cabut kunci kontak dari kendaraan Anda. Tujuannya supaya kunci tersebut tidak diambil alih oleh si mata elang dan motor tidak dikuasai olehnya. Dengan mengunci setang motor menjadi tidak bisa digerakkan atau dijalankan.

Hindari Panik

Supaya bisa menyelesaikan masalah dengan tenang adalah hindari sifat panik. Panik ini hanya akan memperkeruh suasana. Dengan sikap tenang tersebut segera tanyakan kepada pihak leasing mengapa mereka menghentikan laju motor Anda.  Jangan lupa tanyakan nama dan identitas mereka.

Berikan Mereka Waktu

berikan waktu

berikan waktu

Cara agar motor aman dari leasing selanjutnya adalah berikan mereka waktu untuk bisa mengecek kendaraan atau motor yang Anda kendarai. Jangan lupa foto mereka saat mengecek kendaraan tersebut untuk keperluan administrasi dan juga bukti.

Memeriksa Data

Periksa Data File

Periksa Data File

Tidak hanya mereka saja yang bisa mengecek data, namun Anda pun bisa mengecek foto tersebut. Coba lihat data di buku mereka apakah nomor kendaraan Anda termasuk di dalam catatannya. Jika memang motor Anda ada di dalam daftar catatannya segera negosiasikan tentang pemecahan masalahnya. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Segera Transfer

Supaya motor Anda bebas leasing ada baiknya segera mentransfer tunggakannya dan tunjukan bukti transfer kepada mata elang tersebut. Namun jika tidak bisa mentransfer, segeralah mendatangi kantor cabang leasing untuk bisa membicarakan masalah tersebut ke pihak leasingnya secara langsung.

Sebenarnya cara agar motor aman dari leasing ini mudah asalkan Anda cermat dan teliti sejak awal pengajuan kredit tersebut, bahkan jika perlu Anda bisa mengajukan kredit dengan perjanjian fidusia sehingga motor atau kendaraan Anda akan terbebas dari mata elang.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menghindar dari mata elang -

Tags: bagaimana Cara agar motor aman dari leasing Cara agar motor aman dari leasing Cara agar motor aman dari leasing terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "9 Cara Agar Motor Aman dari Leasing dan Mata Elang"

    7 Contoh Bisnis Untuk Anak Kuliahan yang Paling Potensial
    Contoh bisnis untuk anak kuliahan – Menjadi
    7 Cara Bisnis Sewa Apartemen Sebagai Ladang Uang
    Cara bisnis sewa apartemen – Tidak hanya

    Tinggalkan pesan "9 Cara Agar Motor Aman dari Leasing dan Mata Elang"