2 Syarat Mengajukan Kredit ke Bank untuk Modal Bisnis dan Caranya

Mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis – Berbisnis membutuhkan modal yang besar. Jika kekurangan modal akan menyebabkan bisnis tersebut bisa macet di tengah jalan. Jika memang bisnis membutuhkan suntikan modal Anda bisa mengajukan kredit pinjaman modal usaha ke bank namun harus ada agunan yang jadi jaminan. Dengan meminjam dana ke bank ini lebih terpercaya dan terjamin. Semua perjanjian yang dilakukan bersama dengan pihak bank tertulis hitam di atas putih sehingga sangat kuat.  Keuntungan lainnya adalah risiko tertipu sangat kecil berbeda jika meminjam di lembaga keuangan tidak terpercaya yang mana akan membuat cicilan yang harus dibayarkan tidak sesuai dengan perkiraan Anda dan justru menyulitkan ke depannya.

Syarat Mengajukan Kredit

mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis

Sebelum Anda mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis ada baiknya jika Anda mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi supaya aplikasi atau pengajuan Anda diterima. Jika Anda tidak tahu syaratnya, proses bisa panjang dan bertele-tele sehingga hal tersebut akan membuang banyak tenaga, waktu, dan juga pikiran. Syarat pertama yang harus Anda lalui adalah administrasi. Anda harus bisa lolos administrasi sebelum lolos ke langkah berikutnya.

  1. Syarat umum

Syarat yang harus Anda penuhi adalah mengisi formulir pengisian atau aplikasi, setelah itu juga melampirkan fotokopi bukti identitas diri, fotokopi akta nikah bagi yang sudah menikah, fotokopi kartu keluarga atau KK, dan yang terakhir adalah fotokopi buku tabungan selama beberapa bulan terakhir. Dari syarat administrasi ini pihak bank akan tahu bagaimana kondisi finansial Anda. Hal ini akan menjadi pertimbangan apakah mereka akan memberikan pinjaman modal kepada Anda atau tidak.

  1. Khusus

Syarat khusus lebih ke personal dan dibedakan berdasarkan siapa yang mengajukan peminjamnya. Ada dua golongan peminjam bank yaitu pegawai negeri sipil atau karyawan swasta dan wirausaha. Khusus syarat PNS dan karyawan swasta hampir sama yaitu menyiapkan kartu tabungan dan asuransi pensiun atau Taspen asli dan fotokopian, slip gaji dan surat keterangan bekerja bagi karyawan, surat keputusan CPNS, surat keputusan PNS, surat kenaikan pangkat terakhir fotokopi dan asli, surat kenaikan gaji selama terakhir asli dan fotokopi, daftar gaji kolektif, dan juga melampirkan surat keterangan perincian penghasilan.

Sedangkan untuk wirausaha ini syaratnya berbeda dan lebih rumit dibandingkan dengan karyawan atau PNS dikarenakan penghasilan yang berubah-ubah setiap bulannya. Untuk wirausaha ini syarat yang harus dilampirkan adalah fotokopi rekening koran atau giro, bisa juga menggunakan buku tabungan di bank yang dimiliki 3 sampai dengan 6 bulan terakhir. Selain itu juga melampirkan administrasi berupa neraca keuangan, laporan rugi laba, catatan penjualan, catatan pembelian harian, dan beberapa pembukuan penunjang lainnya. Dari pembukuan tersebut pihak bank akan tahu seberapa sehat bisnis yang dimiliki, jika keuangannya tidak sehat pihak bank akan sulit untuk mengabulkan permintaan pinjaman modal tersebut.

Cara Pengajuan

Cara Pengajuan pinjaman ke bank

Cara Pengajuan pinjaman ke bank

Setelah Anda merasa syarat administrasi yang dibutuhkan sudah cukup, kini yang harus Anda pikirkan adalah cara untuk mengajukannya. Untuk pinjaman modal usaha yang atau bisnis yang sudah berjalan lebih mudah dibandingkan dengan yang baru membuka usaha pertama kali. Hal itu dikarenakan pihak bank tidak akan bisa menilai bagaimana performa bisnis Anda tersebut ke depannya. Oleh sebab itu jika baru memulai usaha Anda bisa menggunakan tabungan atau aset pribadi terlebih dahulu, baru setelah beberapa lama menggeluti bisnis dan membutuhkan suntikan modal bisa mengajukan pinjaman modal ke bank ini.

Menariknya lagi saat ini untuk mengajukan pinjaman tidak harus datang ke kantornya secara langsung namun bisa dilakukan dengan cara online. Berikut ini adalah cara mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis secara offline yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengajukan aplikasi

Anda bisa mengajukan permohonan modal usaha ke pihak bank dengan membawa syarat-syarat yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah mengajukan diri pihak bank akan memprosesnya terlebih dahulu. Jika Anda lolos administrasi pihak bank akan melakukan interview tentang usaha dan bisnis yang Anda geluti. Anda harus menjawabnya dengan sebenar-benarnya jangan melebih-lebihkan atau mengurangi.

  1. Survey

Untuk memastikan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman modal atau tidak bank akan melakukan survey ke tempat bisnis Anda. Survey juga untuk memastikan apakah sesuai dengan yang tertuang dalam administrasi dan saat wawancara atau tidak. Oleh sebab itu jika melakukan pengajuan secara online akan ada batasan wilayah tertentu supaya saat melakukan survey pihak bank tidak akan kesulitan. Survey ini menjadi penentu aplikasi Anda diterima atau tidak.

  1. Pemberitahuan

Setelah melakukan survey pihak bank akan memberitahukan kepada Anda apakah pengajuan kredit yang Anda ajukan diterima atau tidak melalui SMS, WhatsApp atau bahkan melalui telefon. Jika pengajuan kredit Anda diterima pihak bank juga akan memberitahukan kapan pencairannya, kemudian dana akan di transfer ke rekening sesuai waktu yang ditentukan. Kemudian pada bulan berikutnya Anda sudah bisa melakukan pencicilan kredit atau pinjaman tersebut.

 

Demikianlah cara mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis yang bisa Anda lakukan  semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

Загрузка...

Tags: cara mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis cepat cair mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis terbaru tips mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis trik mengajukan kredit ke bank untuk modal bisnis

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "2 Syarat Mengajukan Kredit ke Bank untuk Modal Bisnis dan Caranya"

    8 Tips Agar Gaji Tidak Cepat Habis
    Tips Agar Gaji Tidak Cepat Habis –
    Biaya Iklan Google Adwords dalam Rupiah
    Seiring dengan efektivitas yang dijanjikan, banyak orang
    7 Bank dengan Suku Bunga KPR Paling Rendah Terbaru
    Bank dengan suku bunga KPR paling rendah
    7 Strategi Jika Tidak Mampu Membayar Cicilan KPR Tepat Waktu
    Strategi jika tidak mampu membayar cicilan KPR

    Tinggalkan Balasan