Mengapa Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri? Simak Selengkapnya Di Sini!

Mengapa wanita harus punya penghasilan sendiri – Setelah menikah wanita berbeda dengan saat masih single. Saat sudah menikah waktunya tidak sebebas saat masih single, hal itu dikarenakan ada keluarga yang harus diprioritaskan. Karena alasan tersebut banyak wanita yang memutuskan jadi ibu rumah tangga dimana penghasilan murni dari suami, sehingga tidak memiliki penghasilan sendiri. Seorang wanita sebaiknya harus mandiri, dimana dia tidak hanya mengandalkan pemberian dari suami yang menjadi si pencari nafkah di dalam keluarga.

Banyak hal yang bisa dilakukan wanita untuk bisa menambah penghasilan keluarga tanpa harus meninggalkan kewajibannya sebagai istri maupun ibu rumah tangga. Contohnya adalah berbisnis yang mana waktunya fleksibel sehingga bisa dilakukan di sela-sela mengurus anak, rumah, dan keluarga. Dengan berbisnis wanita tidak akan melupakan dan melalaikan kodratnya sehingga dia bisa menjalankan dua peran sekaligus. Berikut ini ada beberapa alasan yang wajib dipahami mengapa wanita harus punya penghasilan sendiri:

Mencukupi Kebutuhan Keluarga

belanja sayuran

belanja sayuran

Memang tugas suami adalah si pencari nafkah, namun tidak ada salahnya istri ikut meringankan beban dari suami yang mana menjadi wujud cinta, kasih, dan pengabdian seorang istri kepada suami. Yang namanya kebutuhan akan ada naik dan turun. Saat kebutuhan keluarga sedang naik-naiknya di sinilah peran wanita dibutuhkan dimana dia bisa menggunakan pendapatannya untuk ikut membantu mencukupi kebutuhan keluarga.

Sebagai Dana Darurat

dana darurat

dana darurat

Alasan mengapa wanita harus bekerja atau berbisnis adalah bisa berfungsi sebagai dana darurat. Yang dimaksud dengan dana darurat adalah jika ada kebutuhan mendadak yang tidak direncanakan sebelumnya. Misalnya bulan ini anak harus membayar buku secara mendadak, padahal uang pemberian suami sudah dibelanjakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga maka di sinilah uang dari pendapatan istri atau wanita berperan.

Tabungan

Tabungan

Tabungan

Wanita harus pandai dalam mengatur keuangan, hal itu dikarenakan besar atau tidaknya pengeluaran keluarga tergantung dengan bagaimana istri atau wanita di dalam rumah tangga berperan. Jika kebutuhan sedang banyak berlaku hematlah dan jika ada uang yang berlebih simpanlah. Tidak hanya sisa uang dari pemberian suami saja yang disimpan namun juga uang pendapatan yang dimilikinya bisa dijadikan sebagai tabungan. Tabungan ini sangat bermanfaat sekali untuk dana darurat dan sebagai dana untuk keperluan lainnya.

Memuaskan Diri Sendiri

Inilah yang banyak menjadi alasan mengapa wanita harus punya penghasilan sendiri. Yang namanya wanita akan suka sekali berbelanja baik itu belanja dalam skala kecil maupun skala besar, dari barang non branded dan branded. Untuk berbelanja dan memuaskan diri sendiri akan hal tersebut wanita tidak harus meminta uang ke suami, dia bisa menggunakan pendapatannya sendiri. Selain itu membeli barang dan berbelanja dengan menggunakan uang pribadi akan mendapatkan kepuasan tersendiri dibandingkan dengan membeli menggunakan uang dari suami.

Lebih Dihargai Suami

dicintai suami

dicintai suami

Percaya atau tidak wanita yang memiliki penghasilan sendiri akan lebih dihargai suami dibandingkan dengan yang tidak bekerja. Suami tidak suka dengan wanita yang terlalu konsumtif terutama jika menggunakan uang pemberiannya, meski hal tersebut tidak diungkapkannya secara gamblang. Terlebih lagi jika barang yang dibeli istrinya tidak ada hubungannya dengan kebutuhan keluarga. Setidaknya dengan memiliki penghasilan wanita bisa membeli barang yang dibutuhkannya dengan uang pribadinya sendiri. Jangan sampai karena terlalu banyak menggunakan uang pemberiannya untuk keperluan konsumtif membuat si suami berpikir wanita terlalu konsumtif dan tidak bisa mengatur keuangan.

Tidak Bergantung Pada Suami

Alasan mengapa wanita penting untuk memiliki penghasilan sendiri dikarenakan menghindarkan dia tergantung dengan suami. Yang namanya suami memang bertanggung jawab terhadap istri namun tidak seharusnya hal tersebut membuatnya bergantung terus menerus kepada suami. Misalnya saja adalah membutuhkan biaya untuk perawatan rambut, perawatan tubuh, membeli camilan, dan lain sebagainya tentu tidak harus terus menerus mengandalkan penghasilan dari suami.

Lebih Bertanggung Jawab

lebih bertanggung jawab

lebih bertanggung jawab

Wanita yang memiliki penghasilan sendiri dia akan lebih bertanggung jawab dikarenakan akan memiliki dua peran sekaligus yaitu sebagai pekerja atau pebisnis dan juga ibu rumah tangga. Agar kedua peran bisa berjalan secara beriringan wanita harus bisa memanage dirinya sendiri dengan bagus, membuat jadwal yang lebih tertata, dan lain sebagainya. Dengan begitu apa yang dilakukan oleh wanita setiap hari akan selalu terjadwal dengan rapi dan berusaha untuk memenuhi semua tanggung jawabnya dengan baik.

Memberikan Contoh yang Baik

Wanita yang memiliki penghasilan sendiri dan tidak melupakan kodratnya sebagai istri atau pun ibu rumah tangga akan bisa memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya kelak. Anak akan mencontoh dan meniru apa yang ada dihadapannya dibandingkan dengan hanya ucapan lisan saja.

Kondisi Rumah Tangga Lebih Terjamin

Kondisi Rumah Tangga

Kondisi Rumah Tangga

Tidak ada yang tahu bagaimana kondisi rumah tangga ke depannya. Jika hanya mengandalkan suami yang mencari nafkah ketika sakit pemasukan keluarga menjadi menurun. Hal tersebut tidak masalah jika si suami memiliki gaji yang tetap, lalu bagaimana jika suami tidak memiliki gaji yang tetap setiap bulannya? tentu sudah menjadi tugas istri untuk membuat perekonomian keluarga menjadi terus berputar. Setidaknya dengan istri memiliki penghasilan pribadi dia akan bisa menggunakan pendapatannya untuk mencukupi kebutuhan dan perekonomian keluarga sampai suami benar-benar sembuh. Istri yang bekerja dan memiliki pendapatan sendiri juga akan memberikan perasaan tenang dan nyaman pada suami sehingga dia akan lebih fokus pada kesembuhannya karena ekonomi keluarga masih bisa berputar.

Demikianlah beberapa alasan mengapa wanita harus punya penghasilan sendiri yang penting untuk dipahami, meski begitu jangan sampai keluarga menjadi terbengkalai dan tidak terurus dengan baik akibat istri atau wanita akibat sibuk bekerja sehingga kedua hal harus tetap bisa berjalan dengan seimbang.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

apakah istri wajib mempunyai penghasilan sendiri -

Tags: Mengapa wanita harus punya penghasilan sendiri Mengapa wanita harus punya penghasilan sendiri 2018

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Mengapa Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri? Simak Selengkapnya Di Sini!"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan