Berapa Sih Usia Produktif Dalam Memulai Bisnis Sendiri dan Keuntungannya

Usia produktif dalam memulai bisnis sendiri – Bagi Anda yang saat ini dapat dikatakan masih muda artinya Anda sedang dalam usia yang produktif untuk melakukan berbagai hal termasuk memulai bisnis Anda. Usia produktif bisa digolongkan berkisar 20an dimana usia tersebut biasanya merupakan usia dimana Anda baru saja lulus dari Universitas. Tetapi kebanyakan dari Anda justru takut untuk memulai bisnis pada usia tersebut dengan alasan kurangnya pengalaman. Padahal jika Anda tidak memulainya sejak muda maka pengalaman yang Anda dapatkan akan semakin sedikit.

Anda yang takut memulai bisnis ini biasanya memilih untuk bekerja menjadi karyawan setelah lulus dari Universitas. Anda lebih memilih berada pada zona nyaman dimana setiap hari Anda berangkat lalu mengerjakan apa yang diperintahkan atasan Anda lalu pulang dan mendapatkan penghasilan yang pasti setiap bulannya. Sementara sebagai pebisnis, Anda harus menyiapkan banyak hal terutama mental untuk menghadapi pasang surut bisnis yang Anda jalani.

Usia produktif

Usia produktif

Di usia Anda yang sedang produktif tersebut, Anda justru takut untuk melangkah meninggalkan zona nyaman Anda. Anda merasa bahwa Anda belum mampu untuk membangun bisnis Anda sendiri. Hal ini sangat disayangkan karena di usia Anda sebenarnya adalah usia yang sangat ideal untuk menggali potensi Anda untuk memulai bisnis. Jika Anda berada dalam usia produktif dalam memulai bisni sendiri, berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Bangga Memiliki Penghasilan Sendiri

Dalam dunia bisnis Anda berpotensi memiliki penghasilan yang tidak terbatas, berbeda seperti karyawan yang sudah pasti seberapa honor setiap bulannya. Jika Anda belum memiliki tanggungan atau berkeluarga tentu lebih mudah karena pendapatan Anda dapat diputar kembali sebagai modal usaha. Anda tentu akan merasa lebih puas dan bangga karena uang yang Anda hasilkan berasal dari jerih payah bisnis Anda sendiri, bukan berasal dari atasan Anda.

Memiliki Segudang Pengalaman

Di dalam usia produktif dalam memulai bisnis sendiri yaitu sekitar 20an tentu usia Anda masih sangat panjang untuk mencapai tua dan tidak produktif. Hal ini akan membuat pengalaman Anda semakin banyak soal jatuh bangunnya dunia bisnis dan dapat Anda gunakan sebagai referensi Anda untuk menunjang kesuksesan bisnis seiring bertambahnya usia Anda.

Pada dasarnya belajar berbisnis memang tidak ada teorinya secara pasti dan bahkan tidak selalu diajarkan di sekolah. Seorang pebisnis belajar berbisnis melalui pengalamannya di lapangan. Anak muda yang biasa diterpa dengan pengalaman berbisnis akan lebih piawai dalam mengambil keputusan, pola pikir yang unik, dewasa dan berbeda dengan rekan sebayanya.

Membuat Anda Menjadi Tangguh

Ketika Anda sudah terjun ke dalam dunia bisnis, tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya resiko mengalami kegagalan. Justru kegagalan inilah yang dapat membuat mental Anda semakin tangguh untuk menghadapi resiko selanjutnya yang mungkin lebih berat seiring suksesnya usia Anda. Dengan usia yang masih muda, tentu peluang untuk Anda mencapai kesuksesan akan lebih besar. Terlebih level stressnya pun lebih rendah daripada mereka yang sudah dalam usia yang non produktif. Sehingga ketika Anda sudah dalam usia yang non produktif, maka Anda akan lebih bandel dalam mengelola bisnis Anda sehingga mengurangi tingkat stress yang Anda alami.

Memiliki Jaringan yang Luas

Anda yang berada dalam usia produktif dalam memulai bisnis sendiri maka akan memiliki kesempatan untuk memiliki jaringan yang luas. Sejatinya bisnis dan jaringan merupakan satu kesatuan dimana anak muda yang menggeluti bisnis biasanya lihai dalam membangun jaringan. Jaringan tersebut dapat Anda gunakan untuk mengasah kemampuan bisnis dan kemampuan berkomunikasi Anda. Anak muda yang biasanya sudah bergelut dengan dunia bisnis maka cara berbicaranya pun akan lebih bersemangat dan motivatif.

Jaminan Di Hari Tua

Dengan memulai bisnis Anda pada usia muda pada dasarnya Anda sudah menginvestasikan untuk hari tua Anda. Kerja keras yang Anda rintis dengan susah payah di usia muda tentu dapat Anda rasakan ketika Anda sudah berada pada usia tua. Di hari tua Anda dimana Anda sudah tidak produktif lagi seperti dulu, Anda tidak perlu repot karena Anda tinggal menikmati hasil jerih payah Anda di usia muda. Sehingga Anda akan lebih menikmati hari tua Anda dengan bersantai tetapi pemasukan untuk Anda pun tetap ada meski Anda hanya di rumah saja.

Berwirausaha pada dasarnya sama dengan membentuk lapangan pekerjaan yang baru. Generasi mudalah yang sebenarnya paling memiliki posisi krusial dalam hal tersebut. Tanpa Anda sadari, cepat atau lambat perkenomian akan mengalami regenerasi terutama dari segi tenaga kerja. Dengan membentuk lapangan kerja maka akan membantu untuk meningkatkan lapangan pekerjaan yang memadai. Demikian artikel tentang usia produktif dalam memulai bisnis sendiri, bagi Anda yang berada dalam usia produkif jangan ragu untuk memulai bisnis Anda karena usia Anda merupakan usia yang sangat menguntungkan.

 

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

usia produktif -

Tags: berapa Usia produktif dalam memulai bisnis sendiri Usia produktif dalam memulai bisnis Usia produktif dalam memulai bisnis sendiri

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Berapa Sih Usia Produktif Dalam Memulai Bisnis Sendiri dan Keuntungannya"

    7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner dan Kerugiannya
    Membangun bisnis sendiri – Banyak orang yang
    6 Tips Menarik Minat Pembeli Online dan Mempercepat Closing
    Menarik minat pembeli online – Berbisnis online
    6 Ide Bisnis untuk Anak Kecil yang Potensial Digeluti
    Bisnis untuk anak kecil – Bisnis tidak

    Tinggalkan pesan "Berapa Sih Usia Produktif Dalam Memulai Bisnis Sendiri dan Keuntungannya"