Konsep Bauran Pemasaran dan Strategi Pemasaran Yang Perlu Dipahami

Konsep Bauran Pemasaran – Dalam dunia marketing, Anda perlu juga mengetahui konsep-konsep pemasaran termasuk strateginya. Salah satu konsep yang cukup terkenal adalah konsep “marketing mix” atau konsep bauran pemasaran yang terdiri dari serangkaian proses untuk hasil yang lebih maksimum sesuai yang ditargetkan.

Pengertian konsep bauran pemasaran dikenalkan pertama kali oleh W.Y Stanton pada tahun 1978 yaitu yang terdiri dari 4 unsur atau proses yang merupakan inti dari pemasaran produk. Apakah saja itu? Yuk simak ulasannya berikut ini ..

Baca juga: 5 Kunci Sukses Membangun Start Up Bisnis Anda

Pengertian Konsep Bauran Pemasaran “Marketing Mix” Menurut Stanton

Menurut Stanton, setidaknya ada 4 unsur penting yang merupakan inti dari sistem pemasaran itu sendiri. Unsur tersebut adalah produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion). Jadi konsep bauran pemasaran ini merupakan sesuatu yang meliputi sistem dan berhubungan dengan tujuan merencanakan, menentukan harga, mempromosikan barang, dan mendistribusikan barang atau jasa dengan kebutuhan pembeli yang aktual atau potensial.

Konsep Bauran Pemasaran

Konsep Bauran Pemasaran

Dalam proses penetapan strategi pemasaran, keempat unsur dalam konsep bauran pemasaran tersebut harus berada dalam sebuah lingkaran yang saling berhubungan.

Konsep bauran pemasaran pada unsur produk meliputi proses pengelolaan produk, proses perencanaan, dan proses pengembangan produk (baik barang atau jasa) yang lebih baik sehingga dapat mendapatkan keuntungan. Disini pihak perusahaan harus mampu memahami dan menangkap kapan waktu yang tepat untuk mengubah produk yang sudah ada (“add value”), menambah produk baru, atau bahkan menghentikan produk yang sudah tidak diinginkan pasar. Selain itu perlu juga penetapan merek, bentuk, warna dan pengemasannya.

Konsep bauran pemasaran pada unsur harga meliputi kebijakan penetapan harga. Pihak perusahaan harus mengetahui harga bahan baku, biaya produksi, biaya penyimpanan, biaya distribusi, dan biaya lainnya. Pada dasarnya keuntungan adalah selisih dari harga jual dan biaya yang diperlukan untuk semua biaya di atas. Penetapan harga pun harus cermat karena akan menentukan daya saing di mata konsumen.

Konsep bauran pemasaran pada unsur promosi meliputi segala kegiatan pengenalan suatu produk kepada konsumen dan berusaha mempengaruhi pemikiran konsumen untuk menggunakan produk yang kita jual dan bahkan mengajak orang lain untuk menggunakan produk tsb.

Konsep bauran pemasaran pada unsur distribusi meliputi bagaimana suatu produk dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen. Pada sistem inipun diperlukan ketepatan pengiriman produk dan keamanannya dalam perjalanan. Biasanya perusahaan memerlukan perantara seperti distributor, pedagang besar dan eceran untuk menyampaikan suatu produk ke konsumen. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, perantara seperti ini kemudian berangsur menghilang kecuali untuk industri yang dalam Undang-Undang diperlukan distributor dalam sistem distribusinya. Memangkas jalur distribusi dapat memotong biaya operasional yang menentukan harga produk.

Baca juga: 7 Kesalahan Dalam Menyusun Rencana Bisnis Yang Harus Dihindari

Pertimbangan Menetapkan Strategi Pemasaran Produk

Konsep bauran pemasaran akan membantu dalam penetapan strategi pemasaran. Dalam menetapkan strategi tsb sebaiknya dimulai dengan analisis secara keseluruhan dari situasi perusahaan. Dalam hal ini pemasar harus mengetahui analisis yang dikenal dengan nama analisis SWOT yang akan menilai tentang Kekuatan (S / Strength), kelemahan (W / Weakness), peluang (O / Opportunity), dan ancaman (T / Threat) dari hal yang kecil. Berikut ini akan menjelaskan kepada Anda apa makna yang ada di dalam kata tersebut.

Strengths / Kekuatan, adalah segala kemampuan internal perusahaan dari sumber daya, faktor situasional positif, sampai pelayanan perusahaan dalam melayani segala keperluan dari pelanggan.

Weakness / Kelemahan, dalam hal ini merupakan segala keterbatasan internal dan faktor negatif yang dapat menghambat atau menghalangi perusahaan untuk lebih maju.

Opportunities / Peluang, dimana terdapat faktor tren yang sangat menguntungkan dan berpotensi mendatangkan banyak peluang baik bagi perusahaan. Dalam hal ini bisa berdampak pada peluang dari dalam dan peluang dari luar.

Threats / Ancaman, merupakan faktor dari lingkungan eksternal yang tidak menguntungkan bahkan berdampak merugikan bagi perusahaan, namun ancaman disini digunakan sebagai acuan tantangan baru bagi perusahaan.

Anda pun dapat menggunakan strategi pemasaran yang sudah teruji pada beberapa perusahaan dengan hasil yang signifikan tentu saja dengan modifikasi sesuai kondisi perusahaan Anda (analisa SWOT) di atas dan konsep bauran pemasaran.

Baca juga: Pentingnya Membuat Bisnis Plan Sebelum Memulai Usaha

Faktor Utama Penyebab Terjadinya Perubahan Strategi

Dalam prosesnya, sah-sah saja bila strategi pemasaran yang telah ditetapkan sesuai konsep bauran pemasaran di awal kemudian disesuaikan sesuai kondisi tertentu yang ada di lapangan.  Sebuah strategi memang sebaiknya fleksible dalam arti menyesuaikan strategi ke arah yang lebih baik demi tercapainya target yang telah ditentukan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan suatu strategi pemasaran, yaitu:

1. Siklus Daur Hidup Produk

Strategi yang harus disesuaikan dengan tahap daur hidup dari produk seperti perkenalan, tahap pertumbuhan, dan tahap kedewasaan atau tahap kemunduran. Hal ini sangat penting untuk dilakukan pada situasi tertentu.

2. Tingkat Persaingan Perusahaan Pasar

Pada strategi tertentu memang harus bisa menyesuaikan posisi perusahaan dalam tingkat persaingan tertentu. Pada hal ini memang sangat penting dalam menempatkan tingkatan tertentu untuk melihat peluang yang ada.

3. Keadaan Ekonomi

Strategi dalam pemasaran memang harus dihadapkan pada situasi keadaan ekonomi yang sedang dihadapi untuk menggambarkan pandangan ke depan dari sebuah perusahaan. Ada juga jangka panjang yang harus dikembangkan dengan perubahan yang tepat.

Cara Penerapan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Gambar Konsep Bauran Pemasaran

Gambar Konsep Bauran Pemasaran

Hal terpenting dalam implementasi konsep bauran pemasaran adalah mengimplementasikan / mengerjakan strategi pemasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada awalnya, langkah penerapan strategi tsb dimulai dari segementasi pasar, penetapan target pasar, serta diferensiasi dan posisi pasar. Jika penerapan strategi tsb terbukti berhasil, Anda dapat menambah jangka segmen yang lebih besar lainnya. Diferensiasi juga diperlukan dalam menampilkan alasan yang berbeda pada pembeli walau kebanyakan persaingan didominasi dengan produk yang sama. Dari sini akan terlihat bahwa pembeli akan memiliki alasan khusus yang berbeda dengan produk lainnya.

Itulah informasi seputar konsep bauran pemasaran dan strategi pemasaran yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

konsep bauran pemasaran -bauran pemasaran -strategi bauran pemasaran -bauran pemasaran produk -jelaskan konsep bauran pemasaran -konsep bauran pasar -konsep bauran -rencana bauran pemasaran -hal pokok konsep bauran pemasaran -pemasaran dalam bisnis -

Tags: bauran pemasaran bauran pemasaran 6p bauran pemasaran 7p bauran pemasaran adalah Cara Pemasaran definisi bauran pemasaran jasa bauran pemasaran Pengertian strategi bauran pemasaran Strategi Pemasaran

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Konsep Bauran Pemasaran dan Strategi Pemasaran Yang Perlu Dipahami"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan