7 Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Kos Agar Bisa Nabung

Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung – Saat akhir bulan, mahasiswa sering kehabisan uang padahal masih ada beberapa hari lagi sebelum kiriman orang tua didapatkan lagi. Akan merepotkan kedua orang tua jika sebelum tanggal muda datang mahasiswa sudah meminta kiriman lagi. Orang tua juga perlu bersusah payah untuk mendapatkan uang tersebut, tidak hanya membalikkan telapak tangan uang langsung diperoleh. Oleh sebab itu Anda harus menghargai jerih payah orang tua tersebut dengan tidak bersikap boros dan menghambur-hamburkan uang pemberian orang tua Anda.

Dengan tidak bersikap boros, Anda bisa menabung di tanggal tua atau bisa membayar seminar dengan uang tabungan Anda sendiri dan lain sebagainya. Sebagai mahasiswa Anda juga dituntut untuk mandiri agar tidak selalu mengandalkan orang tua terutama dalam masalah keuangan. Jika memang tidak benar-benar mendesak, Anda bisa mencoba  mengatasi masalah keuangan itu sendiri caranya dengan mengaturnya. Simak cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung berikut ini:

Membuat Daftar Belanja

kertas Daftar Belanja

kertas Daftar Belanja

Saat kiriman uang orang tua telah datang, mulailah dengan membuat daftar belanja. Yang Anda masukkan daftar sebaiknya kebutuhan yang benar-benar pokok dan penting dalam kehidupan Anda. Misalnya saja adalah sabun, shampoo, sikat gigi, beras, kertas HVS dan masih banyak lagi lainnya. Buatlah budget untuk berbelanja, sehingga daftar belanjaan Anda tidak melebihi dari budget yang Anda tentukan.

Utamakan Prioritas

Sebelum menabung atau menyisihkan uang dari kiriman orang tua, sebaiknya Anda menghitung prioritas yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Prioritas itu misalnya saja adalah bayar sewa kos, bayar listrik, tagihan air dan lain sebagainya. Jika uang kiriman sudah dikurangi untuk membayar yang prioritas barulah Anda bisa melakukan beberapa cara penghematan uang.

Menyisihkan Uang

cara menyisihkan Uang

cara menyisihkan Uang

Setelah uang sudah digunakan untuk membayar hal-hal penting kini saatnya Anda memikirkan bagaimana caranya untuk hidup hemat. Sebelum untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari Anda bisa menyisihkan kiriman orang tua tersebut sebanyak 30%. Tabungan tersebut bisa digunakan untuk tanggal tua atau bisa juga untuk kebutuhan darurat dan mendadak. Simpan tabungan tersebut di celengan yang sudah Anda tempeli dengan tulisan misalnya celengan untuk akhir bulan, celengan untuk kebutuhan darurat dan lain sebagainya.

Target Uang Perhari

target uang per hari

target uang per hari

Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar tidak boros adalah dengan mentarget jatah uang per hari. Jangan sampai jika dikalikan selama sebulan uang yang masih tersisa menjadi minus akibatnya mahasiswa bisa terlibat hutang ke teman atau justru minta kiriman orang tua kembali. Misalnya jika uang di tangan masih 600 ribu maka dalam seharinya Anda tidak boleh membelanjakan uang lebih dari 20 ribu.

Hemat Bensin

hemat bensin

hemat bensin

Harga BBM di Indonesia akan mengalami peningkatan, oleh sebab itu selama belum berpenghasilan sendiri Anda tidak boleh boros bensin. Boleh saja Anda berkumpul bersama dengan teman-teman Anda atau piknik bersama dengan teman namun frekuensinya jangan terlalu sering sebab akan membuat Anda hidup boros. Lain halnya jika Anda sudah berpenghasilan, Anda bisa menabung sebagian penghasilan Anda untuk trip bersama dengan teman-teman Anda.

Mandiri

mahasiswa harus mandiri

mahasiswa harus mandiri

Mandiri adalah salah satu cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung. Lalu seperti apa yang dimaksud dengan mandiri itu?, contohnya saja adalah memasak sendiri, mencuci dan menyetrika baju sendiri dan yang terakhir adalah mengeprint tugas dan laporan sendiri. Dibandingkan Anda harus mengeprintnya di rental akan lebih hemat jika Anda mengeprintnya sendiri. Selain itu agar lebih hemat lagi Anda bisa mencuci pakaian sendiri dan menyetrikanya sendiri. Selain lebih bersih juga lebih hemat. Biaya laundry dan biaya print tersebut bisa Anda tabung untuk tanggal tua atau untuk kebutuhan darurat lainnya. Untuk makan sehari-hari, Anda bisa menanak nasi dengan rice atau magic cooker sedangkan lauknya bisa membeli di warung makan.

Part Time

Jika memang uang kiriman orang tua Anda sudah semakin pas-pasan sedangkan kebutuhan Anda meningkat, tidak ada salahnya jika Anda bekerja part time. Selama tidak mengganggu kegiatan belajar Anda di kampus tidak ada salahnya cara tersebut Anda lakukan. Lagian saat ini banyak pekerjaan part time yang bisa dilakukan oleh mahasiswa misalnya saja adalah penulis freelance, publisher, dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah beberapa cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

CARA BISA NABUNG UANG -cara agar bisa nabung -cara nabung uang -gambar2 nebok celengan -gambar2 nebok duit celengan -Menyetrika uang -nebok celengan -penulis freelance online -

Tags: bagaimana Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung dengan efisien Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung dengan hemat Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung efektif tips Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung trik Cara mengatur keuangan mahasiswa kos agar bisa nabung

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Kos Agar Bisa Nabung"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan