4 Cara Menabung Untuk Pendidikan Anak Paling Ampuh

Cara menabung untuk pendidikan anak – Pendidikan sangat penting untuk anak, sebab dengan pendidikan yang tinggi anak akan bisa mendapatkan masa depan yang lebih cerah. Oleh sebab itu sebagai orang tua sudah seharusnya memikirkan pendidikan anak tersebut mulai dari anak masih kecil. Dari waktu ke waktu biaya pendidikan tidak semakin murah namun semakin mahal, diperlukan trik khusus agar anak bisa mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Meski tidak ada jaminan orang yang berpendidikan tinggi lebih sukses dibandingkan dengan orang yang berpendidikan rendah, namun setidaknya dengan menyekolahkan tinggi, Anda telah memberikan fasilitas pendidikan yang terbaik untuk anak Anda. Simak cara menabung untuk pendidikan anak yang tepat berikut ini:

Menghitung Jumlah Biaya Kebutuhan Pokok

Biaya Kebutuhan Pokok

Biaya Kebutuhan Pokok

Cara menabung untuk pendidikan anak yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung biaya yang Anda keluarkan setiap harinya. Uang kebutuhan pokok harus cukup dan  jangan sampai minus. Justru kalau bisa ada sisa yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai tabungan untuk pendidikan anak Anda.

Menghitung Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan

Biaya pendidikan

Cara selanjutnya adalah Anda bisa dengan menghitung biaya pendidikan yang Anda keluarkan. Saat melakukan hal ini harus disesuaikan dengan rencana pendidikan anak Anda. Misalnya ingin memasukkan anak di sekolah bertaraf internasional, tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan tidaklah sedikit dibandingkan dengan sekolah bertaraf nasional atau SSN. Selanjutnya Anda juga harus berpikir kapan biaya tersebut akan dibutuhkan. Kebanyakan orang tua memikirkan tabungan pendidikan untuk kuliah, sehingga umur anak berperan penting terhadap biaya yang akan Anda keluarkan. Hal itu dikarenakan inflasi atau biaya pendidikan yang naik membuat Anda harus menghitung kembali berapa biaya yang harus dikeluarkan. Dari tahun ke tahun biaya untuk pendidikan mengalami inflasi, sehingga Anda bisa menghitung nilai inflasi tersebut per tahun.

Membuat Tabungan Pendidikan

Cara menyimpan uang untuk pendidikan anak yang benar adalah dengan membuat tabungan pendidikan. Tabungan pendidikan biasanya disertai dengan asuransi jiwa sehingga meskipun Anda selaku orang tua telah tiada, target dana pendidikan untuk anak tetap tercapai. Fasilitas yang menarik dari tabungan pendidikan ini adalah bunga yang menggoda dan jika Anda menambahkan biaya akan ada asuransi kesehatannya. Rekening tabungan pendidikan adalah turunan dari rekening pribadi yang pembuatannya harus di bank yang sama dimana sistemnya adalah auto debit.

tabungan pendidikan anak

tabungan pendidikan anak

Sistemnya adalah tabungan pendidikan anak tersebut akan memotong saldo setiap bulan dari di rekening utama secara otomatis. Misalnya setiap bulan Anda menabung di tabungan pendidikan sebanyak 500 ribu maka setiap bulannya saldo di rekening utama berkurang 500 ribu dan masuk ke tabungan pendidikan. Hal tersebut akan terjadi terus menerus sampai jangka waktunya sudah ditentukan. Jika orang tua meninggal dunia bank akan melakukan klaim ke asuransi jiwa untuk menutup cicilan tabungan yang belum dibayarkan. Sedangkan jika mengalami masalah ekonomi, tabungan pendidikan tersebut saldonya akan di kembalikan ke rekening utama dengan beberapa potongan.

Target Tabungan

Cara menabung untuk pendidikan anak agar biayanya menjadi tercukupi Anda bisa melakukan menghitung target tabungan pendidikan. Misalnya saja Anda membutuhkan tabungan tersebut 10 tahun ke depan, sedangkan target tabungan pendidikan sebesar 300 juta itu artinya dalam setahun Anda membutuhkan tabungan pendidikan sebesar 30 juta. Dengan begitu jumlah tabungan Anda setiap bulannya adalah 2,5 juta rupiah. Dengan nominal segitu Anda bisa mengevaluasi keuangan Anda apakah sanggup untuk menyisihkan uang 2,5 juta rupiah setiap bulannya untuk tabungan pendidikan. Agar bisa tabungan pendidikan menjadi terkumpul Anda harus konsisten, tidak hanya satu atau dua tahun saja namun sampai jangka waktunya terpenuhi.

target tabungan

target tabungan

Sebagai orang tua sudah sepantasnya Anda memberikan yang terbaik untuk anak-anak Anda terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan yang tinggi adalah salah satu cara untuk memberikan masa depan yang cerah kepada anak-anak Anda. Oleh sebab itu bagi yang sudah berkeluarga, mulailah untuk memikirkan tentang pendidikan anak Anda. Caranya adalah mulai menabung khusus untuk pendidikan anak Anda kelak. Lakukanlah beberapa cara menabung untuk pendidikan anak yang telah dijelaskan diatas agar dana untuk pendidikan anak segera terpenuhi.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menabung untuk masa depan anak -menabung untuk masa depan anak -forex untuk anak -dimana menabung untuk pendidikan anak -kerjasama sekolah dengan menabung di bank -cara menabung untuk sekolah anak -menabung untuk pendidikan anak -cara menabung untuk biaya sekolah anak -Cara menabung untuk pendidikan anak -Cara terbaik menabung untuk anak -

Tags: bagaimana Cara menabung untuk pendidikan anak Cara menabung untuk pendidikan anak Cara menabung untuk pendidikan anak paling tepat Cara menabung untuk pendidikan anak yang baik tips Cara menabung untuk pendidikan anak tutorial Cara menabung untuk pendidikan anak

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Cara Menabung Untuk Pendidikan Anak Paling Ampuh"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan