8 Tips Mempersiapkan Dana Hari Tua: Miliki Hidup Berkualitas di Usia Senja

Tips mempersiapkan dana hari tua – Semua orang ingin memiliki hidup yang nyaman dan tenteram ketika tua nanti. Saat tubuh mulai rapuh, pergulatan finansial sudah bukan menjadi problematika hidup. Sayangnya, tidak semua orang bisa merasakan itu. Tidak sedikit kasus dimana karir cemerlang pada usia produktif tidak menjamin kehidupan yang berkualitas di masa tuanya. Mengapa? Akar permasalahannya sudah pasti ada pada manajemen keuangan yang amburadul. Apalagi mereka yang berprinsip hidup hanya sekali. Oleh karena itu, berikut kami bagikan tips mempersiapkan dana hari tua agar Anda tidak salah melangkah:

1. Menabung Sedini Mungkin

menabung

Menabung harus menjadi budaya, tak peduli Anda kalangan menengah keatas atau kebawah. Alasan terbaik mengapa menabung harus menjadi gaya hidup adalah karena ia selalu bermanfaat kapanpun Anda merasa kesulitan finansial. Tentu saja dengan menabung sedini mungkin, nilai yang terkumpul beberapa tahun kemudian akan cukup untuk menjamin masa istirahat Anda.

Dengan menabung, Anda juga memiliki dana cadangan selain dana pensiun dari instansi terkait. Mengingat dana pensiun jumlahnya tidak lebih banyak dari gaji yang Anda terima saat ini, tepatnya kurang dari 10%. Sedangkan, harga kebutuhan pokok terus melonjak akibat inflasi. Jadi, mengharapkan dana pensiun saja rasanya tidaklah cukup.

2. Kalkulasi Kebutuhan Masa Tua dengan Cermat

Mengkalkulasi kebutuhan masa tua adalah langkah cermat. Anda harus mempunyai perhitungan yang matang. Contohnya pada usia berapa Anda akan berhenti bekerja, perkiraan biaya untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya. Jangan sama ratakan jumlah biaya hidup sekarang dengan nanti. Karena sudah pasti akan ada perbedaan nilai.

kalkulasi

kalkulasi

Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan berapa jumlah uang yang harus ditabung  setiap bulannya untuk masa tua Anda. Jika takut tabungan masa tua Anda akan terpakai oleh kebutuhan mendesak, Anda bisa menginvestasikan dalam bentuk deposito, tabungan hari tua, atau pasar modal agar tetap terjaga sampai waktunya tiba.

3. Masukan Perencanaan Dana Hari Tua ke dalam Budget Bulanan

Mengapa harus memasukan alokasi dana hari tua ke dalam budget bulanan? Supaya terorganisir dan Anda tidak mengabaikannya. Kebanyakan orang mempersiapkan tabungan hari tua dari sisa uang bulanan. Pada akhirnya, dana yang ditabung seadanya dan tidak mampu menutupi kebutuhan masa tua Anda. Menabunglah secara teratur agar tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika Anda memasuki usia senja.

4. Atur Anggaran dengan Efektif

Tips mempersiapkan dana hari tua berikutnya adalah dengan mengatur anggaran secara efektif. Dengan merencanakan kehidupan masa tua Anda bukan berarti Anda harus mengorbankan masa muda Anda. Aturlah seefektif mungkin sehingga kebutuhan pokok saat ini tetap terpenuhi dana tabungan masa depan tetap bertambah. Susun anggaran dengan realistis sesuai dengan prioritas dan kondisi keuangan Anda. Tetap cermat dan teliti sebelum menggunakan uang Anda.

5. Lakukan Investasi Jangka Panjang

Bisa dibilang, investasi adalah langkah cerdas untuk mengalokasikan uang yang Anda miliki, apapun bentuknya. Meskipun risiko yang ditanggung ketika berinvestasi cukup besar, tetapi banyak instrument investasi yang nilainya menguntungkan karena tidak terpengaruh  inflasi. Oleh sebab itu, sebelum berinvestasi, Anda harus banyak belajar untuk mendapatkan strategi yang tepat agar risiko dapat diminimalisir.

6. Siapkan Dana Darurat

 Dana Darurat

Pentingnya memiliki dana darurat adalah agar perencanaan dana yang lain tidak terpakai. Selain itu, dana darurat akan menghindari Anda dari utang yang tentu saja akan menambah beban. Anda dapat mempersiapkan dana darurat dalam bentuk tabungan yang bisa dicairkan kapanpun Anda membutuhkannya. Untuk besarnya, idealnya dana darurat berjumlah enam kali lipat dari penghasilan bulanan. Anda dapat mengkalkulasi sendiri berdasarkan kondisi finansial Anda.

7. Berhemat

Pepatah mengatakan jika hemat pangkal kaya. Lebih dari itu, hemat juga ternyata akan memberikan kualitas hidup terbaik bahkan saat Anda tidak berpenghasilan. Terapkan gaya hidup hemat. Belanjakan uang hanya untuk kebutuhan penting saja. Pahami mana kebutuhan dan mana keinginan.

Jauhkan diri Anda dari gaya hidup hura-hura. Pemborosan hanya akan membuat manajemen keuangan Anda berantakan dan pada akhirnya, Anda tidak bisa menikmati hidup di hari tua.

8. Susun Rencana Keuangan dengan Jelas

Selanjutnya, tips mempersiapkan dana hari tua bisa Anda lakukan dengan menyusun rencana keuangan dengan jelas. Paling tidak 5-7 tahun kedepan Anda sudah  tahu kemana tabungan Anda akan dialokasikan. Dengan tujuan yang jelas, Anda bisa mengontrol keuangan dan membelanjakannya dengan bijak.

Lakukan juga evaluasi secara berkala pada rencana keuangan Anda. Apakah berjalan dengan baik atau ada yang perlu diperbaiki. Segera lakukan pembenahan setelah mengevaluasi. Jangan biarkan kesalahan menggerogoti rencana keuangan Anda.

Itulah 8 tips mempersiapkan dana hari tua agar Anda tetap menikmati hidup yang layak ketika tubuh rentah Anda harus beristirahat.

 

Загрузка...

Tags: bagaimana Tips Mempersiapkan Dana Hari Tua Tips Mempersiapkan Dana Hari Tua

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar