8 Strategi Pendanaan Bisnis Startup Tahap Awal bagi Yang Baru Merintis

Strategi pendanaan bisnis startup – Startup merupakan bisnis atau perusahaan rintisan. Bisnis ini baru membangun atau merintis dari titik nol. Karena rintisan akan banyak sekali hambatan dan juga tantangan yang akan dihadapi oleh bisnis ini dimana salah satunya adalah pendanaan.

Tidak semua startup memiliki dana yang cukup untuk menjalankan bisnisnya di awal, bahkan beberapa bulan pendirian startup ini akan mengalami kerugian karena biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pemasukan. Di awal bulan pendiriannya ada startup ini tidak menghasilkan pemasukan sama sekali.

Perusahaan startup

Karena namanya bisnis maka tetap saja tujuannya komersial untuk mendapatkan keuntungan. Jika dana yang ada di bisnis Anda minus maka hal tersebut tidak akan mendatangkan keuntungan namun mendatangkan kebangkrutan. Supaya hal tersebut tidak terjadi ada beberapa strategi pendanaan bisnis startup tahap awal yang bisa dicoba berikut ini:

Tetapkan Fokus

Untuk bisa mendapatkan pendanaan ini dibutuhkan waktu dan juga kesabaran. Ada banyak pengusaha seperti Anda yang mana mencari modal untuk menjalankan usaha mereka. Selain itu startup tidak bisa mendapatkan dana ke bank terutama rintisan baru yang belum memiliki banyak pengalaman. Anda harus pandai-pandai dalam mencari investor yang tepat untuk bisnis Anda.

Tetapkan Rencana dan Masa Depan Perusahaan Anda

Investor ingin tahu banyak hal tentang perusahaan dan juga rencana perusahaan Anda di masa depan. Jika tujuan Anda kurang kuat maka mulai saat ini Anda harus mulai mengubahnya. Investor perorangan ingin menjadi bagian perusahaan yang bertumbuh.

Investor tersebut tidak hanya ingin menginginkan uang kembali ditambah bunga yang besar. Mereka ingin mendapatkan uang dalam jumlah yang besar sekaligus mereka menjadi bagian dari sesuatu yang berproses dan tumbuh menjadi besar. Sesuatu yang besar yaitu cara pandang Anda mengubah dunia atau paling tidak mengubah cara orang-orang untuk menjalani hidup.

Investor banyak yang ingin tahu bagaimana cara Anda mengubah bisnis Anda, apakah untuk kemanusiaan, bumi atau untuk alam semesta? Yakinkan kepada investor jika Anda dan bisnis Anda tepat untuk tugas tersebut.

Ketahui Apa yang Mereka Inginkan

Strategi pendanaan bisnis startup yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah Anda harus tahu apa yang investor inginkan. Hampir semua investor yang menanamkan modal ke bisnis Anda ingin uang mereka kembali. Investor memerlukan jadwal jelas untuk pengembalian uang mereka atau waktu yang tepat kapan mereka bisa mencairkan dana mereka.

Bagi investor besar yang akan melakukan investasi jangka panjang tentu ingin tahu bagaimana cara uang mereka bisa digunakan. Apakah uang mereka digunakan untuk pertumbuhan yang baik atau hanya untuk membuat umur perusahaan Anda berjalan lebih lama saja. Hal ini disebut dengan IRR dan sangat penting bagi perusahaan Anda menyampaikan hal ini saat bertemu dengan investor tersebut.

Pelajari Calon Investor

Strategi pendanaan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mempelajari calon investor Anda. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum melakukan pendekatan. Anda harus mendapatkan gambaran yang jelas tentang proyek apa saja yang telah mereka danai sebelumnya dan Anda harus mencari tahu tentang proyek tersebut.

Cari tahu mereka apakah mereka lebih suka terlibat proyek jangka panjang atau cenderung memberikan modal dalam jangka pendek. Anda bisa mengetahuinya dari pola mereka. Investor jangka pendek ini akan menanam modal, mendapatkan untung kemudian saham dijual. Hal ini akan membantu Anda dalam merumuskan rencana apakah investor tersebut cocok untuk startup Anda atau tidak.

Membangun Tim

Strategi pendanaan bisnis startup yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membangun tim. Tim yang solid pada tahap awal adalah mereka yang memiliki pemikiran terbuka dan mudah menerima maupun belajar hal yang baru. Perjalanan startup ini tidak hanya soal sistem namun juga pemasaran, komunikasi, finansial dan lain sebagainya.

Dapatkan Pertumbuhan

Hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mendapatkan pertumbuhan.  Anda harus mengupayakan pertumbuhan perusahaan rintisan Anda, tren akuisisi meningkat kemudian lakukan inovasi dengan mendengarkan kebutuhan pengguna. Pencapaian positif ini akan menjadi bekal penting jika berhadapan dengan investor. Startup memang dikembangkan untuk bisa terus tumbuh dan bisa menghasilkan.

Menangkan Kompetisi

Strategi pendanaan bisnis startup awal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memenangkan kompetisi pengusaha. Ada banyak kompetisi pemerintah dan pihak swasta dimana pengusaha bisa memamerkan produk dan juga layanan mereka.

Startup yang menang ini akan bisa mendapatkan hadiah uang tunai yang mana diterapkan ke bisnis.  Untuk bisa memenangkan kompetisi dan persaingan ini penting untuk menghadirkan ide yang kreatif dan menarik dibandingkan dengan peserta lainnya.

CrowdFunding

Secara harfiah merupakan lembaga pembiayaan yang mana dibiayai oleh orang banyak. Ada banyak platform CrowdFunding yang bisa Anda temukan dimana bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk mencari modal bisnis startup Anda. Jika investor disana percaya dengan ide dan bisnis Anda maka mereka bisa menanamkan modalnya ke perusahaan Anda. Setelah itu Anda hanya perlu memberikan apa yang sesuai dengan kesepakatan.

Sudah banyak startup yang sukses berkat kucuran dana dari investor. Oleh sebab itu Anda yang ingin menekuni bisnis startup ini tidak perlu berkecil hati jika modal yang dimiliki belum banyak. Lakukan beberapa strategi pendanaan bisnis startup diatas untuk bisa mendapatkan tambahan modal untuk menjalankan bisnis Anda tersebut.

Tags: seperti apa Strategi pendanaan bisnis startup Strategi pendanaan bisnis startup

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar