8 Keahlian yang Harus Dimiliki Digital Marketing Online Saat Masa Pandemi

Keahlian yang harus dimiliki Digital Marketing Online– Tim marketing menjadi bagian yang penting dalam perusahaan bisnis Anda. Tim ini yang paling dekat dengan konsumen bahkan mereka yang akan membangun merek, menjual produk, mencari pelanggan, melakukan konsultasi dan sebagainya.

Digital Marketing Agency

Digital Marketing Agency

Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini tim marketing menjadi tim yang berusaha ekstra keras untuk bisa mendapatkan pelanggan baru dan tetap mempertahankan pelanggan lama. Karena saat ini konsep bisnis lebih banyak yang beralih ke online maka ada beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh tim marketing. Berikut ini adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki Digital Marketing Online yang penting diketahui:

Paham Dasar SEO

Keahlian yang harus dimiliki Digital Marketing Online pertama adalah paham dasar SEO. Optimasi mesin pencari ini menjadi kemampuan yang penting dikuasai dan diketahui dalam pemasaran online. Tim marketing Anda perlu mempelajari dasar SEO meski masih awam dalam bidang tersebut.

Ada baiknya jika perusahaan Anda juga mempertimbangkan dan juga menyewa ahli SEO untuk bisa membantu perusahaan Anda dalam menerapkan taktik SEO yang efisien dan juga lebih efektif. SEO ini bisa menaikkan peringkat situs Anda di dalam Google.

Kata kunci yang penting dalam bisnis Anda akan bisa ditampilkan di halaman pencarian Google. Semakin bagus optimasi yang dilakukan maka peringkat atau ranking situs bisnis akan semakin bagus.

Memahami Semua Aspek Pemasaran Konten

Keahlian yang harus dimiliki Digital Marketing Online selanjutnya adalah paham semua aspek pemasaran konten dan perlu memahami cara kerja semua jenis konten. Konten ini ada berbagai macam ada yang jenisnya konten teks, video, gambar, podcast, email dan sebagainya.

Semua jenis konten tersebut sangat penting untuk pemasaran online. Jika tim tidak memahami tentang berbagai saluran distribusi yang ada, perusahan Anda akan berada dalam masalah yang mana ujungnya adalah kegagalan bisnis.

Keahlian CMS

Di masa pandemi seperti saat ini, tim marketing Anda membutuhkan keahlian CMS tingkat menengah. Digital Marketing Onlineharus memiliki keahlian CMS misalnya seperti WordPress yang sering digunakan untuk membangun bisnis.   Jika Anda memiliki beberapa karyawan dalam tim pemasaran online pastikan mereka semua memiliki keahlian CMS pada tingkat menengah.

Mengelola Proyek Secara Efisien

Keahlian yang harus dimiliki Digital Marketing Online adalah mereka harus bisa mengelola proyek secara efisien.  Pengelolaan proyek ini berhubungan dengan manajemen waktu yang efisien untuk mengelola semua aspek kerajaan online bisnis Anda.

Paham Cara Kerja Pencarian Berbayar

Jika perusahaan Anda tidak menggunakan Google Ads atau Facebook Ads untuk memasarkan online, maka bisa dikatakan bahwa perusahaan Anda tidak akan bisa bersaing dengan kompetitor.

Tim marketing harus bisa melakukan penelitian kata kunci secara efektif misalnya membuat gambar, meme atau grafik. Tidak hanya itu saja Anda juga harus bisa membuat judul dan deskripsi iklan dengan baik supaya banyak pemirsa yang tertarik dengan iklan yang dibuat tersebut.

Memahami dan Menganalisa Data

Di saat pandemi seperti saat ini tim marketing menjadi garda depan perusahaan. Dia yang akan bergerak memutar roda perusahaan agar bisa berjalan sesuai dengan harapan. Tim marketing harus mulai beradaptasi dan mulai mempelajari keahlian-keahlian baru.

Keahlian yang mana bisa digunakan untuk membuat perusahaan tetap mendapatkan penjualan dan bisa bertahan di masa seperti ini. Digital Marketing Onlinejuga harus memiliki kemampuan dalam membaca dan juga menganalisa data yang berasal dari aplikasi untuk bisa membuat proyek baru. Selain itu juga memantau apa yang terjadi secara maksimal.

Manajemen Sosial Media

Salah satu pemasaran yang saat ini banyak menjadi andalan bisnis adalah pemasaran berbasis media sosial. Pemasaran menggunakan media sosial yang saat ini banyak digandrungi adalah Facebook dan Instagram karena memiliki banyak pengguna aktif. Bahkan di masa pandemi seperti saat ini promosi berbayar melalui sosial media menjadi andalan banyak pebisnis.

Meski begitu iklan di sosial media saja tidak cukup namun akun bisnis di sosial media juga harus dimanajemen dengan baik. Digital Marketing Onlineini harus paham tentang bagaimana cara memulai diskusi baru, menjadwalkan pos, memantau komentar, menganalisa mentions merek milik perusahaan Anda maupun kompetitor, dan lain sebagainya.

Visioner

Keahlian terakhir adalah menjadi visioner. Tidak semua tim pemasaran online perlu menjadi visioner namun akan sangat bagus jika mereka bisa dan mampu. Visioner ini akan membuat bisnis Anda tumbuh dengan cepat. Bisnis Anda juga memiliki pandangan dan arah yang jelas. Dengan bantuan visioner ini Anda dan perusahaan akan tahu perencanaan pemasaran seperti apa yang berhasil diterapkan di perusahaan Anda.

Baca juga : Ukuran Kesuksesan Seseorang Bervariasi Bukan Sekedar Harta dan Tahta

Pandemi belum menunjukkan tanda akan berakhir sehingga menjalankan bisnis dengan cara online ini banyak dilakukan oleh pebisnis. Menjalankan bisnis online di era digital seperti saat ini membutuhkan bantuan Digital Marketing Onlineyang kompeten. Pastikan beberapa keahlian yang harus dimiliki Digital Marketing Online diatas dimiliki oleh tim Anda, dengan keahlian tersebut tim akan bisa melakukan pemasaran dengan baik di masa pandemi seperti saat ini.

Tags: Digital Marketing Online keahlian yang harus dimiliki Digital Marketing Online

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar