7 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Kreatif Masa Pandemi

Bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi – Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda hilang dari muka bumi ini. Berbagai cara preventif maupun kuratif dilakukan untuk bisa mengurangi jumlah pasien Covid yang semakin bertambah di tanah air. Covid tidak hanya membahayakan bagi kesehatan saja namun dampaknya juga ke ekonomi sehingga tidak mengherankan jika banyak masyarakat yang kehilangan pendapatan atau mata pencahariannya saat Covid ini.

kerajinan tangan kain fanel

Untuk tetap bisa menyambung hidup banyak yang kemudian menggeluti bisnis. Bisnis di kala pandemi pun tidak mudah karena harus bisa menganalisa peluang dengan baik dan benar. Jika bisnis yang digeluti ini tidak tepat sasaran akan membuat hasil bisnis tidak sesuai dengan harapan Anda.

Bisnis Kerajinan Tangan Kreatif

Anda yang mencari peluang bisnis yang potensial saat masa pandemi, bisa menggeluti bisnis kerajinan tangan kreatif. Banyak pebisnis kerajinan tangan kreatif ini yang menghasilkan cuan. Cuan sendiri artinya adalah untung dimana istilah ini sering disebut pebisnis untuk bisa menggambarkan keuntungan yang diperoleh oleh mereka.  Simak beberapa ide bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi yang bisa Anda lakukan di bawah ini:

  1. Konektor masker

Ide bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi yang menarik pertama adalah konektor masker. Konektor ini banyak dibutuhkan di masa pandemi seperti saat ini. Hal itu dikarenakan konektor ini bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik dan percaya diri.

Hal yang membuat konektor masker ini banyak dicari juga dikarenakan selisih harga masker earloop dan headloop yang lumayan sehingga mereka mengakalinya dengan menggunakan konektor masker ini.

Di pasaran stok dan variasi masker earloop ini lebih banyak membuat banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan jenis earloop dibandingkan dengan headloop.

  1. Aksesoris dan perhiasan

Tidak hanya wanita saja namun pria juga bisa menggunakan aksesoris kerajinan tangan. Aksesoris yang bisa dibuat adalah gelang, cincin, jam tangan dan sebagainya.  Peminat dari aksesoris ini pun cukup banyak dimana Anda bisa membuatnya dengan bahan kulit maupun mutiara yang mana bisa dikreasikan dengan ide Anda sendiri.

Untuk bisa sukses dalam menggeluti bisnis ini Anda bisa melakukan survei dan juga analisis jenis aksesoris yang memiliki peminat cukup banyak atau sedang tren. Semakin unik, menarik dan juga berkualitas bagus bahannya ini akan membuat produk Anda semakin diminati.

  1. Sablon kaos

Ide bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi yang bisa digeluti di masa pandemi adalah sablon kaos. Bisnis ini termasuk kerajinan yang memang sangat cocok Anda geluti jika hobi Anda adalah menyablon. Peluang bisnis ini pun masih sangat terbuka dengan lebar. Jangan sampai hobi menyablon tidak tersalurkan karena dengan menyalurkannya kemampuan sablon Anda akan semakin berkembang.

Dengan menekuni bisnis sablon ini Anda bisa belajar dari pengalaman dan juga semakin tahu selera pasar. Hal ini bisa menjadi bekal yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar kedepannya. Anda bisa memasarkan dengan lingkup terkecil terlebih dahulu misalnya teman-teman Anda dan sebagainya.

  1. Jasa sketsa

Ide bisnis kerajinan tangan kreatif yang selanjutnya adalah jasa sketsa. Sketsa menjadi bisnis kreatif yang menjanjikan karena banyak peminatnya. Sketsa bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, kado atau bingkisan maupun kenang-kenangan. Harga sketsa sendiri beragam semakin sulit sketsa yang dibuat maka semakin mahal harganya.

  1. Jasa melukis

Ide bisnis ini hanya dikhususkan untuk Anda yang suka dengan menggambar. Lukisan ini bisa Anda hadiahkan kepada orang tua, kepada teman yang sedang berulang tahun, maupun kepada pasangan Anda. Harga yang dipatok ini pun berbeda sesuai dengan tingkat kesulitannya.

Anda bisa memasarkan jasa melukis ini melalui sosial media sehingga target pemasaran Anda semakin luas. Nama Anda akan semakin terkenal dan bisa mudah mendapatkan partner dalam bisnis. Anda bisa menjalin bisnis dengan cara kolaborasi.

  1. Lilin aromatherapy

Jika Anda suka bereksperimen maka membuat lilin aromaterapi ini bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan yang cocok untuk Anda. Lilin ini banyak diminati dan bisa digunakan sebagai souvenir untuk pernikahan dan hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang bagus untuk Anda.

Sebelum membuatnya Anda harus tahu bahan lilin apa saja yang bisa Anda gunakan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan soy wax, palm wax, dan juga beeswax. Jenis lilin alami tersebut kebanyakan digunakan sebagai lilin aromatherapy.

Baca juga :  8 Keahlian yang Harus Dimiliki Digital Marketing Online Saat Masa Pandemi

Untuk aromanya Anda harus pandai dalam meracik aroma yang menyenangkan, menenangkan dan menyegarkan. Supaya lebih menarik Anda juga harus memperhatikan pengemasannya. Anda bisa menggunakan gelas lilin dengan bentuk yang menarik setelah itu Anda bisa mendesain yang menggambarkan aroma dari lilin produksi Anda.

  1. Kerajinan tradisional

Jika Anda hobi memahat, membuat keramik atau menenun? Kerajinan tangan ini memiliki daya jual dan juga harga yang tinggi pula. Anda tidak hanya bisa menjual produk Anda namun juga bisa membuka jasa pelatihan untuk pembuatan kerajinan tersebut.

Demikianlah beberapa ide bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi yang bisa Anda geluti di masa pandemi, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: Bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi memulai Bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi pengetian Bisnis kerajinan tangan kreatif masa pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar