7 Strategi Bisnis Perhotelan Saat Pandemi Paling Efektif

Strategi bisnis perhotelan saat pandemi – Perhotelan menjadi bagian yang vital dalam industri pariwisata. Saat pandemi Covid ini bisnis pariwisata menjadi yang paling cepat terdampak. Sayangnya bisnis perhotelan ini recovery susah atau lama pulihnya. Tidak hanya satu atau dua hotel saja namun hampir semua hotel ini terdampak secara merata.

Yang menyebabkan perhotelan ini lebih cepat terdampak adalah tingkat okupansi menurun secara drastis. Saat pandemi banyak masyarakat yang enggan untuk traveling keluar kota, mereka lebih nyaman berada di dalam rumah untuk menghindari banyak orang.

Penyebab perhotelan sepi selanjutnya adalah adanya aturan PSBB dimana hal ini membuat pergerakan manusia ini dibatasi. Hal tersebut juga membuat orang yang traveling tidak ada. Acara wedding yang diselenggarakan di hotel pun tidak ada lagi, sehingga tidak memiliki pemasukan sama sekali. Jika tidak memperbarui strategi maka banyak bisnis perhotelan yang harus gulung tikar karena pandemi ini.

Strategi yang Bisa Dilakukan

Saat ada PSBB banyak hotel yang terpaksa menutup operasionalnya dan ada sedikit hotel yang masih tetap beroperasi menggunakan strategi baru. Bagi pelaku bisnis perhotelan, simak beberapa strategi bisnis perhotelan saat pandemi yang bisa Anda lakukan berikut ini:

  1. Terapkan standar protokol kesehatan yang ketat

Strategi bisnis perhotelan saat pandemi pertama yang bisa Anda lakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Tentu hal ini bukan menjadi rahasia umum lagi. Keamanan dan juga keselamatan tamu dan staff ini menjadi hal utama yang harus dipikirkan.

Untuk tamu dan karyawan bisa dengan mewajibkan penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, mengisi data diri semua karyawan dan Anda bisa memfasilitasi dengan alat kesehatan berupa face shield lengkap.  Dengan standar dan protokol kesehatan yang ketat ini diharapkan kepercayaan konsumen atau tamu meningkat dan karyawan bisa bekerja dengan aman karena terlindungi.

  1. Mendapatkan pengakuan

Strategi bisnis perhotelan saat pandemi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan pengakuan. Pengakuan ini akan membuat hotel Anda mendapatkan nilai plus di mata konsumen atau tamu Anda.

Anda bisa mencari pengakuan ke PHRI yaitu Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia. Anda bisa mendapatkan sertifikasi hotel yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan baik. Adanya bukti sertifikat ini bisa membuat kepercayaan tamu lebih meningkat.

  1. Cek kesehatan karyawan

Hal yang penting diperhatikan bagi pelaku bisnis perhotelan adalah dengan memperhatikan kesehatan para karyawan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan swab rutin selama dua minggu sekali untuk memastikan bahwa karyawan bekerja dengan kondisi yang baik.

Swab ini juga digunakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.  Anda bisa melakukan pemantauan terhadap karyawan. Jika karyawan ada yang menunjukkan gejala batuk, pilek dan sesak nafas meskipun tidak disertai demam untuk tidak bekerja terlebih dahulu sampai kondisinya benar-benar fit. Hal ini juga menjadi langkah antisipasi supaya tidak terjadi penularan virus di dalam lingkup hotel.

  1. Jaga kebersihan extra

Tidak hanya kerapian yang harus diperhatikan namun kebersihan hotel juga harus diperhatikan. Saat pandemi kebersihan menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh semua lini karyawan. Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan lakukan general cleaning, kemudian penyemprotan secara berkala agar tidak ada virus yang menempel pada benda-benda di hotel. Saat virus tersebut melekat ke benda, resiko menempel pada manusia lebih besar sehingga tindakan penyemprotan diperlukan sebagai upaya pencegahan penularan virus tersebut.

  1. Perhatikan kesehatan karyawan

Kesehatan karyawan juga sangat penting diperhatikan. Pebisnis perhotelan bisa memberikan multivitamin kepada karyawan supaya kesehatan dan stamina mereka tetap terjaga. Saat pandemi ini mereka akan bekerja ekstra untuk membuat bisnis hotel Anda tetap survive sehingga jangan abaikan kesehatan mereka.

  1. Manfaatkan teknologi

Strategi bisnis perhotelan saat pandemi yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis adalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari bisnis. Sejumlah agen perjalanan dan pariwisata menggunakan layanan online, smartphone, situs ulasan bahan sampai dengan media sosial agar bisa terhubung dengan pelanggan. Hal ini pun bisa Anda contoh untuk menjalankan bisnis Anda.

  1. Platform digital

Anda bisa memanfaatkan platform digital untuk bisa menjalankan bisnis perhotelan Anda. Masyarakat saat ini banyak memanfaatkan platform digital untuk bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan.  Masyarakat juga bisa mendapatkan akomodasi yang mudah saat traveling hanya melalui perangkat mereka.

Baca juga :  4 Panduan Memulai Usaha Laundry Seperti Hotel Berbintang 5

Sebagai contohnya adalah jaringan hotel milik Marriott dan Airbnb. Marriott ini membutuhkan waktu kurang lebih 63 tahun untuk membuatnya bisa membangun 697 ribu kamar, sedangkan Airbnb ini hanya membutuhkan waktu selama empat tahun saja untuk mencapai level tersebut. Tentu hal ini menjadi kesuksesan yang luar biasa.

Kesuksesannya ini tidak terlepas dari peran platform digital.  Kesuksesan mereka ini juga bisa Anda lihat pada situs mereka dimana petugas maupun tamu bisa memberikan penilaian secara langsung, menulis konten menarik di situs dan sebagainya. Teknik digitalisasi ini mampu memberikan pengalaman baru yang menarik kepada pelanggan.

Demikianlah beberapa strategi bisnis perhotelan saat pandemi yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: bisnis perhotelan saat pandemi Strategi bisnis perhotelan saat pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar