Memahami Pengertian, Jenis dan Manfaat Investasi Jangka Panjang

Salah satu cara yang disarankan agar dapat menikmati masa tua yang lebih nyaman adalah dengan cara melakukan investasi sejak usia muda. Ada banyak jenis investasi yang saat ini bisa dilakukan masyarakat, mulai dari yang modalnya kecil hingga yang modalnya cukup besar. Terlepas dari besar kecilnya modal, investasi kini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja dengan mudah dan cepat.

Jika hingga saat ini Anda belum paham apa itu investasi, apa saja jenisnya serta apa manfaat investasi jangka panjang, maka berikut ini ulasannya untuk Anda.

Pengertian dan Jenis-Jenis Investasi

Investasi Saham

Investasi Saham

Meski sering mendengar istilah investasi, namun tidak semua orang paham apa itu investasi. Investasi ini merupakan suatu aktivitas penempatan modal dalam bentuk aset berharga maupun uang pada sebuah lembaga, perusahaan, benda maupun pihak lain dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Investasi juga kerap disebut sebagai tanam modal, karena adanya tujuan mendapat keuntungan.

Saat ini ada berbagai jenis investasi yang umum dilakukan masyarakat Indonesia, seperti misalnya:

  • Investasi emas, dalam hal ini umumnya yang digunakan adalah emas murni dengan kadar karat 24k. Biasanya emas yang digunakan untuk investasi berupa emas batangan.
  • Investasi saham, yaitu dengan membeli kepemilikan atas suatu perusahaan. Investasi saham saat ini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi trading online.
  • Investasi properti, umumnya dilakukan dengan cara membeli aset berupa rumah, tanah dan sebagainya.
  • Investasi reksa dana, merupakan investasi dengan cara mengumpulkan modal bersama yang kemudian dikelola oleh manajer investasi.

Selain berbagai jenis investasi di atas, masih ada juga jenis investasi lainnya.

Apa Saja Manfaat Investasi Jangka Panjang?

Jika berbicara tentang investasi, maka tentu ada manfaat jangka panjang yang diharapkan darinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat investasi jangka panjang yang bisa dirasakan oleh investor, diantaranya:

1.      Menjaga Aset Agar Aman dari Inflasi

Inflasi terus terjadi dari tahun ke tahun, hal ini menyebabkan nilai mata uang khususnya rupiah menjadi lemah atau turun. Uang 100 ribu rupiah mungkin jumlahnya akan tetap sama 10 tahun lagi, namun nilainya pasti akan berubah.

Untuk menjaga uang yang Anda miliki agar tidak tergerus inflasi, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengalihkan uang Anda ke investasi. Hal ini akan menjaga nilai dari uang Anda.

2.      Masa Tua yang Lebih Aman dan Nyaman

Salah satu manfaat investasi jangka panjang yang juga banyak diimpikan orang adalah memiliki masa tua yang lebih aman dan nyaman karena adanya pasif income. Nilai investasi yang terus bertambah dari waktu ke waktu juga menjadi tabungan tersendiri bagi masa tua. Itulah mengapa melakukan investasi di saat usia muda ketika masih produktif amatlah penting.

3.      Mempersiapkan Masa Depan yang Lebih Baik

Tak hanya untuk persiapan masa tua, investasi dalam bentuk apapun juga bisa digunakan untuk persiapan masa depan. Baik itu masa depan Anda sendiri bersama pasangan, maupun masa depan anak-anak Anda.

Hasil investasi ini bisa Anda gunakan untuk biaya pendidikan anak, biaya kesehatan dan kebutuhan lainnya di lain waktu.

4.      Lebih Siap Menghadapi Masa Pensiun

Investasi yang Anda lakukan di usia muda akan membuat Anda memiliki dana yang cukup untuk masa pensiun. Ini akan membuat Anda semakin siap dalam menghadapi masa pensiun. Seperti yang Anda tahu, bahwa setiap orang tentu akan melalui masa tersebut. Baik mereka yang bekerja pada sektor formal maupun informal.

5.      Menikmati Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial adalah kondisi di mana Anda sudah dapat mencukupi semua kebutuhan sehari-hari Anda bahkan tanpa harus bekerja lagi. Salah satu manfaat investasi jangka panjang adalah membantu Anda untuk dapat merasakan kebebasan finansial ini. Tentunya semakin besar nilai investasi yang Anda lakukan, semakin besar juga yang bisa Anda dapatkan di kemudian hari.

6.      Membuat Anda Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab dan Konsisten

Investasi tak hanya memberikan manfaat secara finansial, namun juga mendukung kepribadian Anda agar berkembang menjadi lebih bertanggung jawab dan konsisten. Anda akan dilatih untuk bertanggung jawab atas keputusan yang Anda buat mengenai investasi Anda, baik itu untung maupun rugi. Anda juga akan dituntut untuk dapat terus konsisten melakukan investasi dengan berbagai kondisi yang mungkin sulit untuk Anda hadapi. Tapi hal ini tentu akan memberikan efek positif bagi perkembangan pribadi Anda nantinya.

Baca juga : Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat? Simak Jawaban Selengkapnya Di sini!

7.      Bisa Memberikan Penghasilan Tambahan

Di masa kini investasi juga dapat memberikan manfaat berupa penghasilan tambahan selain penghasilan utama Anda. Hal ini terutama bisa Anda peroleh misalnya dengan melakukan jual beli aset investasi dan mengambil keuntungan dari selisih harga. Penghasilan tambahan juga bisa Anda dapatkan dari pembagian dividen atau keuntungan.

Nah itu tadi penjelasan mengenai pengertian, jenis dan juga manfaat investasi jangka panjang, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda untuk bisa memulai langkah investasi sekarang juga.

Tags: contoh investasi jangka panjang Manfaat investasi jangka panjang

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar