6 Perbedaan KTA dan KMG yang Wajib Diperhatikan

Perbedaan KTA dan KMG – Kredit tanpa agunan dan juga kredit multiguna merupakan dua buah kredit yang sering diminati masyarakat. Hal itu dikarenakan KTA bisa memberikan pinjaman tanpa harus memberikan agunan atau jaminan sedangkan KMG bisa digunakan sebagai biaya konsumtif seperti biaya untuk melakukan renovasi rumah. Jika ingin merenovasi rumah syaratnya adalah memberikan agunan berupa sertifikat rumah tersebut. Ada beberapa biaya lainnya yang bisa dibiayai oleh KMG misalnya saja biaya pernikahan, biaya untuk pendidikan Anda maupun anak Anda, biaya pengobatan, baya untuk pembelian barang berharga, modal untuk bisnis serta mencukupi kebutuhan finansial lainnya. Jika Anda bingung dalam memilih KTA maupun KMG, simak perbedaan KTA dan KMG berikut ini:

Cara Mengajukan

cara mengajukan KTA

cara mengajukan KTA

Perbedaan KTA dan KMG yang pertama dilihat dari cara dan proses pengajuannya. Salah satu keunggulan dari KTA ini dikarenakan cara mengajukannya yang mudah dan juga dikarenakan proses pengajuan yang cukup singkat. Lebih praktisnya lagi pengajuan KTA ini bisa dilakukan dengan cara online saja sehingga hanya membutuhkan PC dan koneksi internet. Ada juga lembaga keuangan yang menawarkan KTA ini dengan proses pengajuan yang cukup singkat. Hanya dengan hitungan jam Anda sudah tahu apakah pengajuan KTA Anda disetujui atau tidak. Penyebab proses pengajuan KTA ini lebih mudah dikarenakan tidak adanya jaminan yang harus disertakan dalam syarat ini membuat KTA prosesnya lebih mudah dibandingkan KMG.

Syarat

Syarat KTA dan KMG berbeda sekali.  KTA ini hanya membutuhkan berbagai macam persyaratan yang ringkas dan verifikasinya pun lumayan singkat sehingga prosesnya tidak akan membutuhkan waktu lama. Untuk mengajukan KTA dibutuhkan syarat berupa beberapa dokumen identitas diri, selain itu nasabah yang akan mengajukan KTA juga harus melampirkan slip gaji atau bisa juga berupa Surat Keterangan Penghasilan atau SKP. Untuk KMG syaratnya lebih rumit dibandingkan dengan KTA yang tidak membutuhkan agunan. KMG ini membutuhkan agunan untuk pinjamannya sehingga masyarakat yang tidak memiliki agunan tidak akan bisa untuk mendapatkan pinjaman.

contoh SKP

contoh SKP

Masalah agunan inilah yang sering menjadi kendala bagi masyarakat yang akan mengambil kredit multiguna ini. Ada syarat lainnya yang membuat masyarakat harus berpikir dua kali ketika akan mengajukan KMG ini yaitu pendapatan minimal. Ada beberapa bank yang memberikan syarat pemberian kredit multiguna ini akan mudah dilakukan jika nasabah memiliki pendapatan minimal 5 juta. Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat menengah ke bawah dengan pendapatan kecil di bawah 5 juta tidak bisa mengajukan kredit tersebut padahal banyak masyarakat menengah ke bawah yang justru membutuhkan pinjaman tersebut.

Tenor Pinjaman

Perbedaan KTA dan KMG terlihat jelas dari tenor atau jangka waktu kredit. KTA yang tanpa agunan memberikan tenor kredit yang pendek mulai dari 1 tahun sampai dengan 5 tahun. Kelebihan dari KMG ini adalah tenor kredit yang cukup panjang sehingga nasabah yang membutuhkan waktu lebih lama dalam pencicilan bisa memilih KMG ini. Tenor jangka waktu terpanjang yang diberikan oleh bank antara 10 tahun sampai dengan 25 tahun.

Plafon Kredit

Perbedaan KTA dan KMG yang paling mencolok adalah plafon kredit yang diberlakukan oleh masing-masing bank. Meski bank memiliki plafon kreditnya masing-masing, namun secara umum KTA ini memiliki plafon kredit yang lebih sedikit dibandingkan dengan KMG. Hal itu dikarenakan bank tidak mau menanggung risiko jika terlalu banyak memberikan pinjaman kepada nasabah dikarenakan tidak adanya agunan tersebut. Meski dalam plafon kredit tertulis angka pinjaman mulai dari 3 juta rupiah sampai dengan 200 juta rupiah namun besarnya kredit yang diberikan oleh nasabah yang mengajukan KTA sebesar 50 juta saja yang bisa dicairkan. Oleh sebab itu KTA ini tidak cocok bagi nasabah yang membutuhkan pinjaman dana yang besar.

plafon Kredit

plafon Kredit

KMG memiliki plafon kredit yang besar sehingga nasabah yang membutuhkan dana yang besar dan cepat bisa memilih KMG ini. Plafon kredit yang besar ini semakin menguntungkan dikarenakan tenor kredit yang lumayan panjang sehingga nasabah bisa mencicil kreditnya tersebut dengan jangka waktu yang lama. Jika KTA jarang bisa memberikan pinjaman di atas 100 juta berbeda dengan KMG ini yang bisa memberikan pinjaman sampai ratusan juta bahkan ada bank yang memiliki plafon kredit sampai dengan miliaran rupiah.

Suku Bunga

Salah satu hal yang wajib dipertimbangkan bagi masyarakat yang ingin mengajukan kredit di bank adalah suku bunganya. Menjadi kesalahan fatal jika nasabah yang ingin mengajukan kredit ke bank tidak mengetahui suku bunga yang diberlakukan oleh bank. Suku bunga berkaitan langsung dengan cicilan kredit yang harus dibayarkan nasabah setiap bulannya. Semakin besar suku bunganya maka semakin berat cicilan yang harus ditanggung oleh nasabah. Pada umumnya KTA yang tanpa agunan  ini memiliki suku bunga yang lebih besar dibandingkan dengan KMG. Alasannya dikarenakan KTA tersebut tidak memiliki agunan maka bank bisa saja membebankan suku bunga yang besar tersebut. Suku bunga yang dibebankan kepada nasabah yang mengajukan KTA ini suku bunganya antara 1% sampai dengan 1,8% setiap bulannya. Sehingga jika dikalkulasi dalam setahun suku bunga yang harus ditanggung oleh nasabah lebih dari 12%.

suku bunga kredit

suku bunga kredit

Karena sudah menggunakan agunan suku bunga KMG yang dibebankan oleh nasabah cenderung kecil di bawah 1%. Akibat perbedaan suku bunga tersebut membuat KMG cocok bagi yang menginginkan kredit dengan bunga rendah namun dengan jangka waktu yang lama. Selain perbedaan suku bunga tersebut sifat dari bunga KTA dan juga KMG berbeda. Suku bunga KTA yang besar ini sifatnya flat. Berbeda dengan KMG yang memiliki suku bunga yang fluktuatif atau naik turun. Suku bunga yang tetap menjadi kelebihan dari KTA hal itu dikarenakan nasabah sudah mengetahui besarnya cicilan setiap bulannya dan jumlah cicilan tidak akan berubah. KMG suku bunganya berubah-ubah. Pada tahun pertama kredit memang KMG memiliki suku bunga yang tetap, namun tahun berikutnya suku bunga KMG tersebut berubah-ubah sesuai dengan kondisi pasar. Jika baik suku bunga tidak akan berubah terlalu besar namun jika kondisi pasar buruk maka suku bunga bisa meningkat drastis.

Kegunaan

Jika ingin nasabah menginginkan pinjaman dana yang fleksibel maka disarankan untuk memilih KMG. Meski sekilas penggunaan KTA maupun KMG ini sama namun tingkat fleksibilitasnya berbeda. KTA bisa digunakan sebagai biaya renovasi rumah, biaya pernikahan, pengobatan, pendidikan, penutupan dan pembayaran kartu kredit, dan modal usaha. Sedangkan KMG ini banyak digunakan sebagai modal usaha dikarenakan plafon kredit yang besar dan tenor jangka waktu yang panjang.

KTA maupun KMG tersebut memiliki fungsi, kekurangan dan kelebihan masing-masing. Manfaatnya pun akan bisa dirasakan oleh nasabah terutama jika nasabah membutuhkan dana yang cepat. Semoga dengan perbedaan KTA dan KMG yang telah dijelaskan di atas nasabah semakin tahu kredit apa yang sedang dibutuhkannya.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kta online biaya pernikahan -perbedaan kta -perbedaan kta dg dana rupia -

Tags: apa saja Perbedaan KTA dan KMG Perbedaan KTA dan KMG Perbedaan KTA dan KMG 2017 Perbedaan KTA dan KMG 2018 Perbedaan KTA dan KMG terbaru Perbedaan signifikan KTA dan KMG

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Perbedaan KTA dan KMG yang Wajib Diperhatikan"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    8 Tips Agar Gaji Tidak Cepat Habis
    Tips Agar Gaji Tidak Cepat Habis –
    Biaya Iklan Google Adwords dalam Rupiah
    Seiring dengan efektivitas yang dijanjikan, banyak orang
    7 Bank dengan Suku Bunga KPR Paling Rendah Terbaru
    Bank dengan suku bunga KPR paling rendah

    Tinggalkan Balasan