8 Tips Memilih Kredit Multiguna Terbaik 2017

Tips memilih kredit multiguna – Masyarakat diwajibkan selektif dalam memilih produk KTA dan KMG yang ditawarkan oleh lembaga keuangan terutama oleh bank. Hal itu dikarenakan mengingat ada beberapa kekurangan dari kedua kredit tersebut yang tidak boleh disepelekan oleh nasabah. Jika disepelekan nantinya nasabah akan merasa keberatan dalam membayar cicilan kredit. Saat ini banyak sekali produk kredit yang ditawarkan kepada masyarakat mengingat banyak yang membutuhkan kredit tersebut. Salah satu kredit yang sering ditawarkan kepada masyarakat adalah kredit multiguna atau KMG. Sayangnya jika nasabah tidak selektif dalam memilih produk KMG nasabah bisa salah dalam memilih KMG yang sesuai dengan kebutuhannya. Agar tidak salah pilih, simak tips memilih kredit multiguna berikut ini:

Plafon yang Tinggi

Plafon kredit yang Tinggi

Plafon kredit yang Tinggi

Tips memilih kredit multiguna yang pertama adalah pilihlah plafon kredit yang tinggi. Plafon adalah batas maksimal kredit yang bisa diberikan kepada nasabah. Ada bank yang memberikan plafon kredit rendah. Kredit multiguna terbaik memiliki plafon pinjaman yang tinggi. Bukan tanpa alasan memilih plafon kredit yang tinggi tersebut sebab semakin tinggi plafon tersebut akan memudahkan nasabah mendapatkan dana pinjaman yang besar. Saat ini ada beberapa bank yang memberikan plafon kredit yang tinggi bahkan nilainya bisa mencapai diatas 300 juta. Meski begitu ada beberapa point lainnya yang harus dipertimbangkan oleh nasabah selain plafon kredit yang tinggi tersebut.

Suku Bunga Rendah

suku bunga yang rendah

suku bunga yang rendah

Selain memilih plafon kredit yang tinggi, tips memilih kredit multiguna selanjutnya adalah pilihlah kredit dengan suku bunga yang rendah. Meskipun suku bunga KMG ini tidak sebesar dengan KTA, namun suku bunga KMG termasuk besar juga. Oleh sebab itu agar cicilan setiap bulannya tidak semakin memberatkan nasabah harus memilih KMG dengan suku bunga yang rendah. Semakin rendah suku bunga yang ditawarkan oleh bank tersebut semakin kecil jumlah cicilan yang harus ditanggung oleh nasabah setiap bulannya. Hal ini patut dipertimbangkan bagi nasabah yang ingin mengajukan kredit dengan tenor waktu yang lama. Semakin lama tenor waktu yang diambil nasabah biasanya cicilan akan semakin membengkak jika ditambah dengan suku bunga yang tinggi.

Tenor Panjang

Tips memilih kredit multiguna yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah mengambil kredit dengan tenor yang panjang. Biasanya pihak bank yang memberikan kredit KMG ini memiliki tenor waktu pinjaman antara 5 tahun sampai dengan 10 tahun. Tenor waktu yang panjang ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman tanpa harus terbebani dengan cicilan yang berat. Semakin panjang tenor yang diberikan oleh bank maka jumlah cicilan yang akan ditanggung oleh nasabah akan semakin kecil. Selain memilih bank yang memiliki tenor kredit yang panjang, Anda sebaiknya juga memilih bank yang menawarkan bank yang menawarkan suku bunga yang rendah. Cicilan yang rendah akan menjadi besar jika suku bunganya cenderung besar.

Pencairan Dana yang Cepat

pencairan dana cepat

pencairan dana cepat

Ketika mengajukan kredit, pihak bank tidak langsung bisa menyetujui pinjaman tersebut. Ada bank yang harus melakukan survey terlebih dahulu. Jika nantinya disetujui, nasabah tidak akan langsung mendapatkan pinjaman uang tersebut. Padahal kebutuhan tidak ada pernah yang tahu, di saat Anda membutuhkan dana yang cepat kredit dengan pencairan dana yang cepat sangat dibutuhkan. KMG ini memberikan pencairan dana yang beragam. Ada yang hitungan jam langsung cair namun ada juga yang sampai 14 hari. Jika Anda membutuhkan dana mendesak ada baiknya jika Anda memilih bank dengan pencairan dana kredit yang cepat.

Biaya Penalti

Bagi yang ingin  mengajukan kredit KMG ke bank ada baiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang biaya yang harus ditanggung oleh nasabah. Jangan sampai jika Anda hanya mengetahui biaya cicilan dan suku bunganya saja namun Anda juga harus memperhatikan biaya penalti yang diberikan oleh bank. Jika ada rezeki yang berlebih, tentu sebagai nasabah yang memiliki kredit ingin agar segera lunas. Sayangnya untuk bisa melunasi kreditnya lebih awal tidak bisa mudah begitu saja. Hal itu dikarenakan nasabah harus menanggung biaya penalti. Biaya penalti adalah biaya yang harus ditanggung oleh nasabah jika nasabah ingin melunasi kreditnya. Biasanya biaya penalti yang dibebankan kepada nasabah sekitar 2% sampai dengan 3%.

biaya penalty kredit

biaya penalty kredit

Banyak yang belum tahu mengapa biaya penalti tersebut harus ditanggung oleh nasabah padahal nasabah sudah berniat baik untuk melunasi semua sisa dari kreditnya. Alasan mengapa bank memberikan biaya penalti ini dikarenakan pihak bank harus kehilangan keuntungan dari si peminjam yang banyak dihasilkan dari suku bunga yang dibayarkan oleh nasabah. Selain keuntungan yang hilang pihak bank harus mencari nasabah baru dimana pencarian ini gampang-gampang susah. Memang banyak yang mengajukan kredit ke bank namun bank juga harus bersikap selektif dalam memilih nasabah dimana yang lolos surveylah yang baru bisa mendapatkan pinjaman ke bank karena bank tidak akan asal dalam memberikan pinjaman.

Bebas Biaya Tambahan

Selain biaya cicilan dan biaya suku bunga ada beberapa biaya tambahan yang harus ditanggung oleh nasabah. Sedikitnya ada 6 biaya tambahan yang harus ditanggung oleh nasabah yang mengajukan KMG ini. Selain biaya suku bunga dan biaya penalti ada beberapa biaya lainnya yang harus ditanggung misalnya saja adalah biaya administrasi atau provisi, uang muka, biaya asuransi dan yang terakhir adalah biaya materai. Meski semua biaya tersebut lebih rendah dibandingkan dengan KTA ada baiknya Anda mempertimbangkan semua biaya tersebut.

Syarat yang Mudah

formulir kredit

formulir kredit

Tips memilih kredit multiguna yang baik adalah memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman kredit tersebut. Jangan sampai Anda memilih bank dengan syarat kredit yang berbelit-belit sebab nantinya Anda akan kesusahan sendiri. Untuk persyaratan, KTA memiliki syarat yang lebih mudah dibandingkan dengan KMG. Alasan KTA lebih mudah dibandingkan dengan KMG dikarenakan KTA tidak harus menggunakan agunan sedangkan untuk KMG ini syaratnya lebih rumit karena ada syarat pendapatan minimal. Banyak bank yang mengharuskan nasabah yang akan mengajukan kredit ke bank ini memiliki pendapatan minimal 5 juta, tidak hanya itu saja KMG ini juga harus memberikan agunan seperti BPKB kendaraan, sertifikat rumah dan lain-lain.

Bunga Mengambang Rendah

Salah satu kelemahan KMG adalah suku bunga yang fluktuatif, hal tersebut menyebabkan nasabah tidak memiliki jumlah cicilan yang pasti. Memang saat 6-12 bulan bank memberikan suku bunga yang tetap. Namun setelahnya bank akan memberikan suku bunga mengamang. Suku bunga mengambang ini memiliki suku bunga yang lebih besar dibandingkan dengan suku bunga sebelumnya. Di saat kondisi pasar tengah bagus, suku bunga yang dibebankan oleh bank mulai dari 10%, sedangkan jika kondisi sedang buram suku bunga yang dibebankan oleh nasabah bisa lebih dari 15%. Ketika Anda memilih produk KMG dari bank Anda harus tanyakan suku bunga mengambang yang fluktuatif tersebut.

Demikianlah beberapa tips memilih kredit multiguna yang harus diperhatikan oleh nasabah, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kmg km com jukglt -cara memilih nasabah pinjaman -tips meilih bank untuk pinjaman -tips memilih tenor pinjaman di bank -

Tags: bagaimana Tips memilih kredit multiguna Tips memilih kredit multiguna Tips memilih kredit multiguna 2017 Tips memilih kredit multiguna 2018 Tips memilih kredit multiguna terbaik

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "8 Tips Memilih Kredit Multiguna Terbaik 2017"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan