Bisakah Gadai Emas Tanpa Surat? Simak Jawaban Selengkapnya Di sini!

Bisakah gadai emas tanpa surat – Emas merupakan logam mulia yang banyak disukai oleh semua kalangan tidak hanya wanita dewasa namun anak-anak sampai remaja pun sangat menyukainya.  Selain dijadikan sebagai investasi, emas juga sering dijadikan sebagai tabungan di saat ada kebutuhan mendadak. Dengan memiliki emas Anda akan bisa mendapatkan dana dengan cepat pasalnya emas akan mudah laku terjual selama bukti pembelian emas masih ada, selain dijual emas ini juga bisa digadaikan. Tidak hanya barang elektronik dan kendaraan saja yang bisa digadaikan, namun emas ini juga bisa digadaikan dimana syaratnya sangat mudah dan prosesnya cepat.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bisakah gadai emas tanpa surat? Mengingat ada masyarakat yang memiliki emas namun tidak dilengkapi dengan surat dengan beberapa alasan seperti hilang, rusak, atau terselip. Bagi Anda yang ingin mengetahui jawabannya simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Gadai Emas Tanpa Surat

Gadai Emas Tanpa Surat

Gadai Emas Tanpa Surat

Surat emas adalah hal penting karena tanpa dilengkapi dengan surat tersebut emas akan menjadi tidak laku atau tidak bisa dijual kembali. Bagaimana dengan gadai?  Bisakah gadai emas tanpa surat? Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan oleh pemilik emas yang ingin menggadai emasnya. Untuk jawaban pertama dari pertanyaan tersebut adalah tidak. Sudah jelas disebutkan pada syarat gadai emas bahwa Anda sebagai pihak yang akan menggadaikan emas harus membawa identitas diri, kartu keluarga, emas sebagai jaminan, dan juga syarat lainnya yang dibutuhkan. Syarat lain ini bisa berupa surat tanda kepemilikan emas atau nota pembelian, sedangkan untuk emas antam atau batangan harus disertakan dengan sertifikat bukti kepemilikan emas. Nantinya melalui nota, surat maupun sertifikat tersebut petugas gadai akan tahu seperti apa kondisi emas Anda. Petugas akan mencocokkan kondisi fisik emas dengan keterangan yang tertera pada nota maupun pada sertifikat.

Alasan lain mengapa pihak Pegadaian tidak bisa menerima emas tanpa surat karena menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang tidak diinginkan tersebut berupa emas yang digadaikan adalah bukan miliknya, sehingga menimbulkan masalah selama masa masih dalam masa gadai tersebut. Oleh sebab itulah Anda yang akan menggadaikan emas penting untuk menyertakan  surat kepemilikan emas tersebut.

Gadai Emas Tanpa Surat Merugikan

Gadai Emas Tanpa Surat Merugikan

Untuk jawaban bisakah gadai emas tanpa surat yang kedua adalah bisa dengan alasan beragam. Di lapangan ada beberapa faktor yang melandasi gadai emas ini bisa dilakukan tanpa surat. Yang membuat emas bisa di gadai tanpa surat adalah kebijakan dari Pegadaian yang dituju. Ada Pegadaian yang bisa mengabulkan permintaan gadai dengan tanpa surat tapi dengan syarat dan ketentuan tertentu. Syarat yang biasa diberikan tersebut adalah mengisi surat pernyataan bahwa emas yang di gadai adalah miliknya sendiri dan penggadai bertanggung jawab atas segala risiko yang terjadi selama masa gadai.

Alasan kedua bisa gadai emas tanpa surat adalah harga taksiran emas rendah sehingga Anda tidak akan bisa mendapatkan dana yang besar dari gadai tersebut. Hal itu sama dengan penjualan emas tanpa disertai nota dan surat dimana harganya akan jauh dari pasaran. Pegadaian akan mengabulkan gadai jika Anda menyetujui harga taksiran yang diberikan.

Pencairan yang Lebih Lama

Bisakah gadai emas tanpa surat? bisa namun dana lama cair. Ada beberapa Pegadaian yang mau menerima gadai emas tanpa surat dengan melakukan tes fisik untuk mengetahui kadar emas dan juga berat emas. Jika gadai emas dengan surat hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk pencairan dana, untuk gadai emas tanpa surat membutuhkan waktu sampai dua hari. Anda bisa dirugikan dengan pencairan yang lama ini karena setelah emas diserahkan ke petugas Anda tidak akan bisa langsung mendapatkan dana tersebut namun harus menunggu. Hal ini tidak bagus untuk Anda yang benar-benar membutuhkan dana saat itu juga.

Jika sudah diketahui emas benar-benar asli, kadar, dan beratnya sudah diketahui pihak Pegadaian akan memberi tahu kapan pencairan dana bisa Anda dapatkan. Pihak Pegadaian juga akan memberi tahu berapa dana yang akan Anda dapatkan dari gadai tersebut.

Simulasi Pelunasan Cicilan

Tidak hanya prosedur dan tata cara gadai saja yang harus diperhatikan namun simulasinya pun juga penting diperhatikan agar Anda tidak kaget. Misalnya saja adalah waktu gadai Anda 4 bulan dengan dana pencairan Rp2.600.000, tarif sewa 0.75% per 15 hari maka dalam 4 bulan tarif yang harus ditanggung sebesar 6% sehingga total tarif sewa sebesar Rp156.000. Biaya administrasi untuk pinjaman dana Rp2.600.000 adalah sebesar Rp35.000.

Biaya yang harus Anda bayarkan ke Pegadaian adalah total pinjaman + tarif sewa modal + biaya administrasi maka perhitungannya = Rp2.600.000 + Rp156.000 + Rp35.000 = Rp2.791.000.  Jumlah pengembalian dana ke Pegadaian tersebut sangat ringan dibandingkan dengan lembaga keuangan yang lainnya sehingga tidak mengherankan jika gadai emas di Pegadaian ini sering menjadi alternatif pilihan untuk mendapatkan dana besar.

Setelah mengetahui jawaban bisakah gadai emas tanpa surat ada baiknya jika Anda mulai saat ini untuk menyimpan surat dan bukti kepemilikan emas Anda secara rapi dan aman agar ketika sewaktu-waktu dibutuhkan Anda akan mudah menemukannya terutama saat akan digunakan di Pegadaian.

Загрузка...

Tags: Bisakah gadai emas tanpa surat gadai emas tanpa surat mampukah gadai emas tanpa surat

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar