Intip 3 Cara Berjualan di Tokopedia Untung Melimpah

Cara berjualan di Tokopedia – Untuk bisa menjalankan bisnis online dengan lancar Anda bisa memanfaatkan  marketplace terbesar di Indonesia salah satunya adalah Tokopedia. Dengan memanfaatkan marketplace tersebut Anda tidak harus membangun toko online Anda sendiri yang mana membutuhkan modal besar. Terutama bagi pebisnis pemula dimana modal yang dimiliki terbatas. Untuk  bisa berjualan di marketplace Tokopedia ini ada beberapa langkah atau cara berjualan di Tokopedia yang harus Anda lalui seperti berikut ini:

Membuat Akun Tokopedia

Membuat Akun Tokopedia jualan

Membuat Akun Tokopedia jualan

Cara berjualan di Tokopedia  pertama adalah Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Hampir semua marketplace di Indonesia ini mewajibkan para seller atau pengguna memiliki akun. Untuk melakukan pendaftaran ini Anda harus mengisi formulir yang telah disediakan. Untuk pendaftarannya Anda harus memiliki email dan nomor HP yang masih aktif. Uniknya adalah Anda bisa mendaftar akun Tokopedia ini dengan Facebook dan juga Google.

Sebelum membuat akun di Tokopedia ini Anda harus unduh aplikasinya melalui Play Store terlebih dahulu, setelah itu pada halaman pertama silahkan klik ikon akun pada pojok kanan aplikasi, setelah itu klik daftar yang ada bagian kanan atas. Anda akan diminta untuk mengisi kolom email dan jua nomor HP. Setelah melakukan pendaftaran Anda akan diberikan kode verifikasi yang akan dikirim ke email atau nomor HP yang Anda daftarkan tersebut. Jika sudah berhasil masuk ke aplikasi segera lengkapi data diri Anda yang benar dan juga sesuai, setelah itu simpan.

Lakukan Penjualan

Klik pada menu jual

Klik pada menu jual

Cara berjualan di Tokopedia selanjutnya adalah dengan melakukan penjualan. Caranya masuk ke menu akun setelah itu lakukan klik pada menu jual. Yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah buka toko gratis dimana diwarnai dengan kolom hijau. Setelah itu Anda harus diminta untuk mengisi nomor telepon.

Untuk melakukan penjualan ini Anda juga harus melakukan verifikasi, jika sudah berhasil dilakukan hal yang bisa dilakukan adalah melengkapi informasi toko online Anda di Tokopedia. Informasi yang harus Anda lengkapi adalah nama toko, domain toko, alamat dan juga kode pos toko Anda. Yang harus Anda perhatikan adalah untuk alamat toko masukkan alamat lengkap dan jangan hanya mencantumkan kecamatannya saja. Jika sudah berhasil Anda bisa buka toko dan toko Anda sudah bisa digunakan untuk berjualan.

Tambahkan Produk

Hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah tambah produk yang akan Anda jual.  Isi semua data produk Anda dengan lengkap dan jelas. Untuk bisa menarik konsumen membeli produk di toko Anda adalah gunakan foto yang profesional dan menarik, tidak hanya itu saja Anda juga harus membuat deskripsi produk yang memudahkan pembeli untuk mengerti tentang produk yang Anda jual tersebut. Berikanlah harga yang kompetitif agar konsumen banyak yang membeli di tempat Anda. Yang tidak boleh untuk Anda lupakan adalah pilih kategori produk agar mudah ditemukan. Jika sudah selesai klik simpan, sedangkan untuk menambahkan produk baru yang bisa Anda lakukan adalah simpan dan tambah baru.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Tidak hanya cara berjualan di Tokopedia saja yang harus Anda perhatikan namun ada beberapa hal penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan. Simak beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan berjualan menggunakan Tokopedia berikut ini:

  1. Nama toko

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah nama toko Anda. Saat akan mendaftarkan toko Anda di Tokopedia ini nama toko tidak akan bisa di ubah atau sifatnya permanen dimana syarat dan ketentuan ini sudah tertera pada poin B nomor 11. Anda harus membaca poin syarat dan ketentuan yang diberlakukan Tokopedia secara lengkap terlebih dahulu agar tahu aturan-aturan yang diberlakukan. Jika Anda ingin menggunakan nama maupun domain toko lain hal yang bisa Anda lakukan adalah membuat toko baru.

  1. Blacklist

Hal yang penting untuk Anda ketahui selanjutnya adalah Tokopedia ini bisa melakukan blacklist terhadap produk Anda. Ciri blacklist tersebut adalah produk Anda tidak muncul saat dilakukan pencarian. Untuk mengeceknya Anda bisa mencari nama produk Anda di fitur pencarian jika tidak ditemukan maka produk Anda tersebut sudah di blacklist. Hal ini bisa terjadi jika Anda menjual produk yang bukan milik Anda, selain itu pastikan jika barang yang dijual tersebut bukanlah barang yang dilarang diperjual belikan di Tokopedia.

  1. Cara menerima atau menolak pesanan

Saat ada pesanan Anda akan menerima notifikasi berupa menerima pesanan baru, setelah itu Anda akan bisa menentukan akan menerima atau menolak pesanan tersebut. Jika Anda ingin menolak pesanan hal yang bisa dilakukan adalah melakukan klik tombol titik tiga horizontal kemudian pilih tolak pesanan. Jika ingin menerima pesanan hal yang bisa dilakukan adalah melakukan klik terima pesanan, lakukan konfirmasi pengiriman pesanan dengan nomor resi pengiriman. Jika sudah Anda bisa melakukan klik konfirmasi pengiriman. Anda sebagai seller juga bisa menolak pesanan jika dirasa stock yang Anda miliki tersebut tidak mencukupi agar pembeli tidak merasa kecewa.

Demikianlah beberapa cara berjualan di Tokopedia yang mudah untuk Anda aplikasikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Загрузка...

Tags: berjualan di Tokopedia cara berjualan di Tokopedia tips berjualan di Tokopedia

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar