Kiat-Kiat Mendapatkan Supplier Tangan Pertama Paling Berhasil

Kiat-kiat mendapatkan supplier tangan pertama – Agar usaha atau bisnis yang Anda jalankan ini bisa berjalan dengan baik, penting bagi Anda untuk bisa mendapatkan supplier tangan pertama. Dengan mencari supplier tangan pertama akan berpengaruh terhadap kemampuan atau performa bisnis Anda. Berkat supplier tangan pertama ini Anda akan bisa bersaing dalam hal harga, bisa mengantarkan produk tepat waktu, memenuhi permintaan pelanggan, dimana semua itu akan berpengaruh terhadap margin atau keuntungan Anda.

Bisa dibayangkan jika Anda mendapatkan supplier tangan kedua, berapa harga yang akan harus Anda bayarkan untuk sebuah produk yang akan Anda beli. Misalnya saja adalah Anda mendapatkan produk tangan kedua tentu supplier tersebut telah mengambil laba dari supplier pertama sehingga harganya akan menjadi lebih mahal, belum lagi waktu pengantaran produk lebih lambat dibandingkan dengan supplier tangan pertama langsung. Untuk mendukung performa bisnis Anda berikut ini kiat-kiat mendapatkan supplier tangan pertama yang bisa dilakukan:

Menentukan Kebutuhan Bisnis

Kiat-kiat mendapatkan supplier tangan pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan bisnis. Tentu kebutuhan antara bisnis satu dengan yang lainnya ini berbeda. Dengan mengidentifikasi kebutuhan bisnis sejak awal Anda akan bisa menemukan yang Anda cari dengan mudah. Ada tiga jenis supplier tangan pertama yang harus Anda perhatikan. Jenis supplier tangan pertama adalah produsen.  Produsen adalah orang atau perusahaan yang bertugas dalam produksi barang atau jasa. Produsen juga adalah penghasil produk secara langsung. Misalnya saja adalah Anda membutuhkan produk beras, maka produsennya adalah petani.

Supplier Tangan Pertama

Yang kedua pemasok. Pemasok ini disebut juga dengan produsen atau distributor. Pemasok ini sangat ideal sekali bagi bisnis Anda mengingat pemasok ini akan ditentukan oleh profil bisnis. Yang terakhir adalah supplier untuk dropship. Hal ini cocok bagi yang ingin menyimpan produk yang Anda jual dan tidak ingin bekerja langsung sebagai produsen.  Biasanya supplier dropship ini akan menggunakan dropshiper untuk membantunya dalam berjualan.

Rajin dan Aktif

Kiat-kiat mendapatkan supplier tangan pertama selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah bersikap rajin dan aktif. Anda bisa rajin mengunjungi atau mengikuti pameran dan bersikap aktif di sana. Pameran yang Anda kunjungi adalah pameran bisnis. Di pameran tersebut Anda bisa saling bekerja sama dan saling menguntungkan. Oleh sebab itu sangat disayangkan sekali jika Anda sering melewatkan pameran bisnis di kota Anda.

Dalam atau Luar?

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan supplier tangan pertama selanjutnya adalah dalam atau luar.  Untuk menemukan supplier yang tepat ini Anda harus benar-benar tahu akan bisnis Anda. Contohnya untuk bisnis baju Anda akan bisa mencari supplier dari dalam atau luar, sedangkan untuk kerajinan tangan lokal tentu saja supplier dalam negeri. Masing-masing supplier tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Untuk supplier nasional atau dalam negeri Anda akan bisa mendapatkan kualitas produk yang tinggi karena barang yang mereka tawarkan akan terlihat dengan jelas, komunikasi bisa terjadi secara sederhana. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah memeriksa reputasi dari pemasok dan pengiriman lebih cepat. Kekurangannya biaya produksi tinggi dan produk kurang beragam.

Supplier luar negeri biaya produksi kecil dan produk lebih beragam. Meski begitu ada beberapa kelemahan dari supplier luar negeri yang harus Anda ketahui. Kelemahannya adalah Anda tidak bisa melihat langsung kualitas dari produk yang dijualnya tersebut kemudian komunikasi akan menjadi sulit dilakukan karena perbedaan bahasa. Ongkos kirim yang lebih mahal dan waktu pengiriman yang lebih lambat.

Manfaatkan Marketplace

Kiat-kiat mendapatkan supplier tangan pertama yang bisa dipertimbangkan adalah manfaatkan marketplace.  Keberadaan marketplace ini tidak boleh dianggap remeh karena memang dengan hadirnya marketplace tersebut jual beli secara online semakin semarak. Di marketplace itu Anda bisa mendapatkan supplier tangan pertama dengan mudah dan tentunya harganya lebih murah. Sayangnya untuk menggeluti bisnis ini Anda harus dihadapkan pada ongkos kirim yang cukup mahal. Pengiriman ke alamat Anda berlaku jika konsumennya adalah tetangga Anda ataupun orang yang berada di lingkungan sekitar Anda. Jika konsumen berasal dari luar maka bisa langsung mengirimkannya dari supplier Anda tersebut namun nama toko dan alamat diganti dengan nama bisnis Anda.

Bergabung ke Komunitas

Pebisnis yang sukses dan hebat adalah dia yang tidak mudah puas dengan apa yang sudah diraihnya. Pebisnis yang hebat akan selalu merasa bahwa ilmu dan skill yang dimilikinya selama ini belum cukup dan dia selalu haus akan ilmu. Oleh sebab itu mereka tidak akan sungkan untuk mencari ilmu bisnis yang baru, salah satu cara yang dilakukan adalah ikut komunitas bisnis. Dengan ikut komunitas bisnis ini Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman dan wawasan bisnis baru, namun semua pebisnis yang berkumpul atau bergabung sering membahas issue dan taktik marketing bisnis yang paling efektif. Dengan perkumpulan pebisnis-pebisnis tersebut akan memudahkan Anda dalam mencari pemasok atau supplier baru.

Demikianlah kiat-kiat mendapatkan supplier tangan pertama yang terbukti berhasil, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: cara mendapatkan supplier tangan pertama Kiat-kiat mendapatkan supplier tangan pertama mendapatkan supplier tangan pertama

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar