Pengertian Affiliate Marketing yang Menarik Diketahui

Pengertian affiliate marketing – Internet marketing merupakan bisnis yang populer di belahan dunia. Bagi newbie yang baru belajar tentang internet marketing lebih memilih untuk mempelajari affiliate marketing ini dikarenakan proses pembelajarannya yang lebih mudah. Banyak yang menjadikannya sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari pekerjaan utama yang dilakoninya dikarenakan sistemnya yang mudah.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing concept

Bagi orang yang masih awam, masih ada beberapa yangg belum paham dengan apa itu affiliate marketing. Sebenarnya bisnis affiliate ini sudah ada dan telah familiar di tengah masyarakat sejak zaman dulu. Bisnis affiliate ini dulunya dikenal dengan makelar atau perantara. Namun karena saat ini perkembangan teknologi semakin canggih maka model bisnis ini juga dikemas dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih pula.

Pengertian affiliate marketing adalah sistem bisnis yang akan membayar jasa dari seseorang jika orang tersebut berhasil menjual jasa ataupun produk kepada orang lain yang mana pemasarannya melalui internet. Posisi orang yang berbisnis affiliate itu adalah pihak kedua dimana pihak pertama adalah si pemilik barang, kedua adalah affiliate marketer itu sendiri, dan yang ketiga adalah calon konsumen. Bisa dikatakan bisnis ini adalah menjual barang atau jasa yang melibatkan tiga pihak dalam satu proses affiliate marketing.

Situs yang Menawarkan Affiliate

Setelah mengetahui pengertian affiliate marketing, situs yang menawarkan affiliate ini pun juga harus diketahui. Saat ini sudah ada beberapa website yang menawarkan bisnis affiliate ini. Berikut ini adalah contoh website yang membuka atau situs yang menawarkan affiliate yang bisa dipilih:

  1. Lazada

Lazada merupakan salah satu situs e-commerce terbesar yang ada di Indonesia. Situs ini menjual berbagai macam produk mulai dari handphone, tablet, kesehatan, kecantikan, fashion, produk bayi, produk balita, dan lain sebagainya. Komisi yang ditawarkan oleh Lazada cukup besar yaitu 2,5% untuk barang elektronik, 6% untuk non elektronik, 10% untuk fashion, dan 1% untuk kendaraan. Semakin banyak produk yang dijual tentunya akan semakin banyak komisi yang bisa didapatkan. Komisi Lazada ini akan dikirimkan paling lambat 30 hari setelah terjadi transaksi jual beli.

  1. Zalora

Situs ini menjual produk fashion pria, wanita, dan juga anak-anak. Komisi yang didapatkan beragam mulai dari 5% sampai dengan 12% sedangkan validasi untuk penjualan yang didapatkan minimal 45 hari setelah pesanan tersebut diterima oleh Zalora.

  1. Blibli

Blibli juga menjadi situs yang menawarkan affiliate. Komisi yang diberikan oleh situs ini beragam mulai dari 1% sampai dengan 10% tergantung jenis barang yang dijual.

Cara Membuat Affiliate Marketing

Untuk membuat dan memulai bisnis affiliate marketing ini sangat mudah. Setelah Anda mendaftar dan mendapatkan link dari situs yang menyediakan affiliate ini Anda harus mulai memikirkan bagaimana cara membuat affiliate marketing tersebut. Supaya mendapatkan hasil maksimal simak beberapa cara menjalankan bisnis affiliate marketing yang bisa dilakukan berikut ini:

  1. Blog

Cara membuat dan menjalankan bisnis affiliate marketing yang pertama adalah Anda bisa menyebarkan link tersebut melalui blog yang Anda miliki. Jika Anda memiliki blog dengan jumlah pengunjung yang lumayan setiap harinya bisa menggunakan blog tersebut sebagai media promosi. Anda bisa mencantumkan link tersebut di postingan blog yang Anda buat. Anda juga bisa mempostingnya di blog atau grup yang sesuai dengan barang yang dijual. Jangan menjual produk yang tidak sesuai karena akan membuat produk menjadi tidak laku.

  1. Forum

Cara membangun dan mempromosikan bisnis affiliate adalah dengan memanfaatkan forum yang saat ini banyak tersebar di internet. Salah satu forum yang bisa dimanfaatkan dalam adalah forum jual beli Kaskus, Indowebster, Detik Forum, Kompasiana, dan lain-lain. Forum tersebut sangat potensial untuk dijadikan sebagai media marketing dikarenakan memiliki anggota forum yang lumayan banyak. Meski begitu, Anda harus memperhatikan kebijakan yang berlaku seperti Kaskus dimana thread sub kategori tidak boleh menjual barang secara langsung namun  harus ada kopi darat terlebih dahulu sehingga jika ada yang membutuhkan produk tersebut bisa menawarkannya.

  1. Email

Cara membangun dan menjalankan bisnis afiliasi selanjutnya adalah melalui email. Email ini masih menjadi media marketing yang digunakan oleh banyak pebisnis. Salah satunya adalah pebisnis sukses Dewa Eka Prayoga. Melalui email, Dewa gencar mempromosikan bisnis e-booknya dan meraih omzet yang sangat besar. Anda bisa meniru langkah bisnisnya ini untuk menawarkan atau mempromosikan link affiliate yang diperoleh.

Affiliate merupakan bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan yang pasif, namun relatif mudah dilakukan bagi siapa saja termasuk pemula. Memang untuk pemasaran yang efektif dibutuhkan website dan blog pribadi yang bisa dijadikan sebagai media promosi. Namun jika tidak memiliki website pun tidak masalah dikarenakan masih bisa melakukan promosi dengan cara yang lainnya. Supaya Anda berhasil dalam menggeluti bisnis ini, tidak hanya memahami pengertian affiliate marketing saja, namun juga harus tahu bagaimana cara promosi dengan baik dan benar supaya memudahkan closing.

Загрузка...

Tags: affiliate marketing affiliate marketing adalah cara menjalankan affiliate marketing konsep affiliate marketing pengertian affiliate marketing

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pengertian Affiliate Marketing yang Menarik Diketahui"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan