6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Memulai Bisnis Demi Memperoleh Kesuksesan

Hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis – Bagi Anda yang masih pemula di dunia bisnis, pasti memiliki semangat yang sangat besar untuk menjalankan bisnis tersebut demi memperoleh kesuksesan. Namun sadar atau tidak, tak sedikit pemula di dunia bisnis yang harus rela mengalami kegagalan karena beberapa faktor, mulai dari kurang matangnya persiapan hingga tidak dapat menghadapi berbagai masalah selama kegiatan bisnis berlangsung.

Sebagai seorang pemula, Anda harus menyadari bahwa pengalaman serta wawasan Anda dalam dunia bisnis masih sedikit. Dengan kata lain, dibutuhkan banyak waktu untuk belajar. Hal ini karena tantangan di dunia bisnis bukan sesuatu yang patut diremehkan. Kesalahan dalam memulai bisnis pun dapat menjadi batu penghalang memperoleh kesuksesan. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis.

Ingin Mendapatkan Kesuksesan dalam Waktu Singkat

Seperti yang kita tahu, kesuksesan merupakan tujuan akhir bagi siapa saja yang menjalankan bisnis. Namun faktanya, ada banyak sekali pengusaha yang harus mengalami kegagalan berkali-kali sebelum akhirnya mereka mendapatkan kesuksesan. Dalam dunia bisnis, jatuh bangun adalah hal yang biasa karena kesuksesan membutuhkan proses yang cukup panjang. Terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis dari nol.

Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari harapan yang terlalu tinggi dalam mencapai kesuksesan. Bukan berarti Anda harus pesimis. Optimisme memang perlu, namun Anda juga harus berpikir secara realistis demi membangun tangga kesuksesan dari bawah. Dengan kata lain, apabila Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang hebat, maka jangan hanya fokus pada hasil. Namun terus lakukan semua upaya dan nikmati proses bisnis tersebut.

Menyelesaikan Masalah dengan Uang

Anda juga harus menyadari bahwa uang bukanlah sesuatu yang dapat menyelesaikan semua masalah. Apabila modal bisnis Anda besar, maka pergunakanlah modal tersebut dengan bijak. Lakukan pengeluaran keuangan sehemat dan secermat mungkin. Hal ini karena Anda tidak akan pernah tahu masalah apa yang mungkin muncul selama perjalanan bisnis Anda.

Merasa Paling Tahu Terhadap Bisnis yang Dijalankan

Merupakan hal yang normal dimana seorang pelaku bisnis merasa paling tahu terhadap segala seluk beluk kegiatan bisnis yang sedang dijalankan. Namun tahukah Anda, ini adalah salah satu kesalahan yang cukup fatal terutama untuk pemula di bidang bisnis. Ketika Anda merasa paling tahu, maka kemungkinan besar Anda tidak akan mendengarkan masukan serta tidak mau mempelajari setiap hal penting yang belum Anda ketahui.

Bagi seorang pemula bisnis, Anda harus menggali setiap informasi penting yang berguna dalam mengembangkan bisnis Anda tersebut. Tak perlu malu untuk bertanya, bahkan pada kompetitor bisnis sekalipun. Dengan begitu, Anda dapat memperkaya wawasan bisnis serta mampu belajar dari setiap kesalahan yang dilakukan oleh orang lain ataupun diri Anda sendiri.

Membiarkan Investor Menguasai Bisnis

Hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis yang selanjutnya adalah membiarkan investor memegang kendali terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. Untuk seseorang yang sudah ahli di bidang bisnis, tentu saja ini menjadi hal yang lumrah. Namun bagi pemula, terlalu dini jika harus membiarkan investor menguasai bisnis Anda sepenuhnya.

Anda harus menyadari bahwa investor memang memberikan kontribusi yang cukup besar untuk kemajuan bisnis Anda. Namun ingat bahwa Anda lah yang harus menjadi pemimpin dan pengendali terhadap bisnis tersebut. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan setiap kontrak kerja yang Anda buat bersama dengan investor. Jika nantinya tidak menguntungkan, lebih baik Anda tidak menyepakatinya. Tak perlu khawatir karena jika bisnis Anda bonafit, masih banyak pihak lain yang dapat menjadi investor untuk kegiatan bisnis tersebut.

Jangan Pernah Menyepelekan Waktu

Seorang pemula bisnis harus dapat bertindak sesuai dengan moment yang tepat dan menguntungkan bisnis yang sedang dijalankan. Anda juga harus menghargai waktu demi menghindari setiap hal yang menyangkut masa depan bisnis Anda. Salah satu contohnya adalah bertemu dengan klien.

Ketika bertemu klien, jangan pernah sekalipun terlambat. Bila perlu, Anda harus on-time karena hal ini menyangkut keberlangsungan bisnis. Pasalnya klien akan memberikan penilaian terhadap performa Anda, bahkan saat pertama kali bertemu. Apabila Anda tidak dapat menghargai waktu, tentu mereka akan meragukan performa Anda sebagai pemimpin bisnis. Dalam hal ini, buatlah rencana yang benar-benar terjadwal sehingga tak ada kata terlambat sedetikpun.

Kesalahan Menentukan Organisasi Bisnis

Hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis selanjutnya adalah kesalahan ketika menentukan organisasi bisnis. Maksudnya adalah saat memulai bisnis, Anda membutuhkan forum-forum bisnis yang dapat mendukung kemampuan pembangunan karakter entrepreneur bisnis Anda.

Jika Anda melakukan kesalahan di ketika memilih organisasi bisnis, ini akan membuat bisnis yang Anda jalankan tidak akan berkembang bahkan dapat hancur seketika. Mengapa demikian? Karena ada banyak kompetitor bisnis yang harus dihadapi. Untuk itu, Anda harus mulai merancang organisasi dan manajemen bisnis seperti apa yang harus diaplikasikan untuk mendukung kegiatan bisnis Anda.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis agar dapat berkembang, semoga bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

yhs-cheetah_006 -

Tags: apa saja Hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis daftar Hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis Hal yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Memulai Bisnis Demi Memperoleh Kesuksesan"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan pesan "6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Memulai Bisnis Demi Memperoleh Kesuksesan"