Para Investor Pemula Wajib Mengenal Kunci Sukses Investasi Saham

Di era digital seperti sekarang ini, instrumen investasi yang bisa dipilih oleh masyarakat tentunya semakin luas. Salah satu instrumen yang paling banyak diminati adalah saham. Ya, investasi saham tentunya mampu menawarkan keuntungan besar bila dilakukan dengan cara yang tepat.

Maka dari itu setiap investor wajib mengetahui kunci sukses investasi saham agar terhindar dari kerugian. Sebab investasi saham termasuk ke dalam jenis investasi yang memiliki risiko cukup tinggi.

Kunci Sukses Investasi Saham

Dengan risiko yang cukup tinggi, para investor pun dituntut untuk berhati-hati agar tidak kehilangan dana terlalu besar. Meskipun demikian banyak orang yang tetap memilih saham sebagai salah satu jenis investasi yang menguntungkan untuk dilakukan dalam jangka panjang.

Hal inilah yang membuat banyak investor terutama pemula dalam mencari cara agar mereka dapat lebih sukses dalam berinvestasi saham.

Simak beberapa kunci sukses yang harus diingat dalam investasi saham di bawah ini.

1.      Mempelajari Investasi Saham dengan Baik

Kunci sukses investasi saham yang pertama adalah belajar. Setiap investor tentu harus belajar dan memahami apa itu investasi saham. Saham sendiri adalah tanda kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan. Sebelum Anda bisa menempatkan dan, tentunya setiap investor harus benar-benar paham tentang jenis investasi yang dipilihnya tersebut.

Tanpa mempelajarinya, Anda tentu tidak akan bisa mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Oleh sebab itu mempelajari dan memahami instrumen investasi yang akan dipilih harus bisa dilakukan dengan baik. Pada dasarnya cara kerja yang ditawarkan oleh investasi saham ini tak jauh berbeda dari jenis instrumen lain yang bisa Anda pilih.

Pasalnya, para investor akan mendapatkan keuntungan dari hasil selisih harga beli dan harga jual sebelumnya. Dengan demikian Anda harus mengetahui emiten yang dimiliki sedang mengalami kenaikan atau penurunan agar bisa menjualnya di waktu yang tepat.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Perkebunan yang Menjanjikan

2.      Jangan Asal Pilih Emiten

Dalam investasi saham, emiten merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui. Sebab pemilihan emiten harus dilakukan secara tepat dan tidak boleh sembarangan. Dalam Bursa Efek Indonesia, ada lebih dari 700 emiten yang sahamnya bisa diperjualbelikan secara bebas. Anda tentu harus memilih emiten yang bagus agar bisa menghasilkan keuntungan secara maksimal.

Beberapa langkah untuk menemukan emiten yang tepat dapat dilakukan seperti berikut ini:

  • Memeriksa laporan keuangan perusahaan.
  • Memperhatikan potensi pertumbuhan bisnis.
  • Memilih saham bluechip atau perusahaan yang telah memiliki kondisi keuangan stabil.

3.      Melakukan Disverifikasi

Disverifikasi merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menganekaragamkan suatu hal. Dalam investasi, disverifikasi ini dapat dilakukan dengan membeli sejumlah saham dari beberapa emiten yang berbeda-beda. Tujuan utamanya tentu agar bisa menghindari potensi kerugian besar. Maka dari itu disverifikasi ini dapat dijadikan sebagai kunci sukses investasi saham selanjutnya.

Jika Anda hanya menempatkan dana yang dimiliki pada satu emiten saja, tentunya kerugian yang akan dialami akan sangat besar saat harga saham turun secara signifikan. Hal berbeda akan dirasakan saat Anda menempatkan modal pada beberapa jenis emiten yang berbeda. Jika salah satu harga emiten anjlok, tapi emiten lainnya masih aman dan potensi kerugian besar pun bisa dikurangi.

4.      Jadikan sebagai Investasi Jangka Panjang

Seperti diketahui bersama, saham merupakan investasi dengan risiko tinggi. Oleh sebab itu investasi saham tidak begitu cocok untuk dilakukan dalam jangka pendek. Pasalnya, harga saham sangat fluktuatif dan tidak menentu. Para investor pun dituntut untuk selalu sabar dan konsisten serta menjalankan investasi dalam jangka panjang.

Kesabaran juga ketenangan yang dimiliki oleh setiap investor tentu dapat membuahkan hasil yang maksimal. Anda tentu bisa mempelajari sikap yang dimiliki oleh para investor populer seperti Lo Kheng Hong.

Baca juga:  Jenis Usaha Modal Kecil yang Mudah dan Cepat Menghasilkan Uang

Baca  juga : Ini Dia 10 Cara Aman Investasi Kripto Untuk Pemula

Sebab investor legendaris tersebut melakukan investasi saham dengan jangka panjang dan prosesnya dilakukan secara sabar. Anda tentu tidak boleh cepat  panik dan langsung menjual saham saat harganya turun. Semuanya harus dilakukan dengan sabar dan tenang agar hasilnya maksimal.

5.      Take Profit di Waktu yang Tepat

Kunci sukses terakhir adalah take profit. Akan tetapi hal tersebut masih sering diabaikan oleh para investor. Ketika ingin mencairkan keuntungan dalam investasi saham, Anda tentu perlu memahami strategi yang tepat agar prosesnya dapat dilakukan dengan optimal.

Take profit ini pastinya dapat disesuaikan dengan preferensi yang Anda miliki. Akan tetapi pastikan Anda tidak bersikap serakah dan terus mengharapkan keuntungan besar setiap saat.

Nah, itulah 5 kunci sukses investasi saham yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Hal tersebut tentu saja dapat membantu Anda ketika ingin berinvestasi saham.

Keuntungan yang diberikan oleh investasi satu ini memang cukup menjanjikan. Jadi, harus dilakukan dengan strategi yang tepat. Dengan demikian tak perlu lagi merasa khawatir jika ingin mulai tertarik pada instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi ini.

 

 

Tags: kunci sukses investasi saham sukses investasi saham tips sukses investasi saham

Berikan komentar