Ini Dia 10 Cara Aman Investasi Kripto Untuk Pemula

Seiring berjalannya waktu investasi properti bukanlah satu-satunya pilihan yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Saat ini tentu sudah banyak instrumen investasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya seperti cryptocurrency atau yang akrab disebut kripto.

Tak heran rasanya bila kini banyak orang yang mulai mencobanya agar bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal. Akan tetapi, pastikan Anda mengetahui cara investasi kripto untuk pemula yang aman untuk dilakukan.

Sebab kripto memiliki risiko yang cukup besar dan sudah banyak investor pemula yang mengalami kerugian ketika mereka mulai berinvestasi pada platform satu ini. Jika Anda ingin ikut berinvestasi kripto, tentu ada beberapa hal yang perlu dipelajari agar dapat memperkecil risiko kerugiannya.

Dengan demikian proses investasi pun dapat dilakukan dengan tenang dan pastinya menguntungkan. Untuk itu, simak beberapa cara aman investasi kripto yang perlu diperhatikan oleh para investor pemula.

1.      Gunakan Uang Dingin

Instrumen investasi yang satu ini memang dikenal memiliki risiko yang tinggi. Oleh sebab itu, Anda hanya diperbolehkan menggunakan uang dingin ketika memilih kripto. Uang dingin di sini berarti bahwa dana tersebut tidak akan digunakan dalam waktu dekat dan tidak mengganggu pos kebutuhan pokok sehari-hari.

Bagaimana caranya mendapatkan uang dingin? Caranya tentu bisa dilakukan dengan menyelesaikan pos kebutuhan pokok sehari-hari terlebih dahulu. Ketika mendapatkan penghasilan, Anda tentu wajib langsung membayar tagihan, menyimpan di tabungan dan dana darurat, serta menyelesaikan semua kebutuhan pokok lainnya hingga mendapatkan uang dingin dari sisa dana yang telah digunakan.

Uang dingin wajib digunakan agar Anda tidak mengganggu pos kebutuhan pokok saat investasi tidak berjalan dengan lancar.

2.      Jangan Asal Memilih Platform

Cara investasi kripto untuk pemula yang aman selanjutnya adalah jangan asal dalam memilih platform digital. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan para investor harus pintar dalam menentukan platform kripto yang aman. Apalagi kini sudah banyak platform illegal yang bisa membuat kerugian besar di kemudian hari.

Baca juga:  3 Daftar Cloud Mining Bitcoin Terpercaya dan Terbaik 2017

Pastikan platform digital yang Anda pilih berada di bawah pengawasan Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Dengan demikian investasi kripto pun akan jauh lebih aman untuk dilakukan oleh semua kalangan.

3.      Memahami dan Mempelajari Aset Kripto

Ada banyak aset kripto yang bisa Anda pilih. Akan tetapi, setiap aset kripto memiliki sifat dan ciri khas yang berbeda-beda. Oleh sebab itu memahami dan mempelajari setiap aset kripto penting dilakukan oleh semua investor sebelum memilihnya. Cari tahu informasinya secara detail agar Anda tidak salah pilih aset kripto.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memperhatikan laju pergerakan yang diberikan oleh setiap aset kripto sebelum memilihnya. Pergerakan yang dimiliki oleh aset kripto ini tergolong sangat cepat, jadi para investor pun bisa mendapatkan gambaran tentang kondisi dan sifat dari setiap aset yang akan dipilihnya.

4.      Ambil Keputusan dengan Matang

Anda tentu tahu jika aset kripto sangat mudah naik dan juga turun. Cara investasi kripto untuk pemula yang aman lainnya adalah dengan mengambil keputusan secara matang agar tidak menambah risiko. Saat pergerakannya mengalami penurunan, Anda juga tidak boleh langsung melepaskannya begitu saja. Sebab masih ada peluang mata uang tersebut mengalami peningkatan di kemudian hari.

Baca juga : Bagaimana Cara Investasi untuk Gaji 3 Juta yang Benar?

Saat mata uang mengalami penurunan, tentu dapat dimanfaatkan untuk membelinya. Sebab bukan hal yang tidak mungkin nilainya akan meningkat dan keuntungan yang lebih besar pun bisa didapatkan oleh Anda.

5.      Pilih juga Instrumen Investasi Lain

Mata uang kripto saat ini memang sangat diminati oleh banyak orang, terutama oleh kaum millennial. Namun, bukan berarti Anda harus menutup pintu untuk mempelajari instrumen investasi lainnya. Memilih jenis instrumen investasi lain pastinya bisa dilakukan untuk memperkecil risiko kehilangan banyak uang dari platform kripto.

Baca juga:  Metode Analisis Teknikal dalam Trading Saham dan Penjelasannya

Anda tentu bisa mempelajari investasi yang memiliki risiko kecil seperti emas yang memiliki harga stabil, deposito, ataupun reksadana. Semuanya tentu bisa dipilih sesuai kebutuhan dari setiap investor yang ingin mencari instrumen investasi yang aman untuk dilakukan.

6.      Jangan Terlalu Emosional

Emosi yang berlebihan tentu akan berdampak pada setiap keputusan yang akan diambil. Apalagi investasi kripto ini memiliki risiko yang besar dan tidak boleh sembarangan dalam mengambil keputusan. Jika seperti itu Anda pun bisa mendapatkan kerugian besar dan kehilangan banyak dana saat bermain kripto.

Nah, itulah beberapa cara investasi kripto untuk pemula yang aman untuk dilakukan. Saat berinvestasi setiap orang tentu bebas menentukan pilihan. Tapi, pastikan Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari instrumen yang dipilih agar bisa mengetahui keuntungan serta kerugian yang akan didapatkan.

Dengan demikian proses jalannya investasi pun dapat dilakukan dengan lebih lancar tanpa perlu merasa khawatir lagi.

 

 

Tags: bagaimana cara investasi kripto untuk pemula yang aman cara investasi kripto untuk pemula yang aman

Tinggalkan pesan "Ini Dia 10 Cara Aman Investasi Kripto Untuk Pemula"