Bagaimana Cara Investasi untuk Gaji 3 Juta yang Benar?

Anda memiliki gaji sekitar 3 jutaan saja? tenang, ada beberapa cara investasi untuk gaji 3 juta yang bisa Anda lakukan.  Dengan pengelolaan keuangan yang tepat Anda bisa semakin mudah untuk berinvestasi.  Investasi yang bisa Anda lakukan ini tidak hanya pialang saham di bursa saham saja namun ada beberapa jenis investasi saham yang mudah untuk Anda lakukan dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk keuangan di masa depan yang lebih baik, yuk simak cara investasi untuk gaji 3 juta yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Menabung

Bangun Dana Darurat

Sebelum Anda memulai investasi penting bagi Anda untuk tahu pentingnya mengumpulkan dana darurat. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya, terlebih jika Anda membutuhkan uang cash secara cepat. Idealnya Anda harus memiliki dana darurat sebanyak 6 kali dari pengeluaran tetap Anda setiap bulan.

Untuk mengumpulkan dana darurat ini Anda bisa menyisihkan anggaran yang sudah ditetapkan yaitu 20% dari pemasukan Anda setiap bulan. Jika dana darurat Anda aman, Anda bisa memiliki sedikit uang dingin yang bisa Anda mainkan. Uang itulah yang bisa Anda jadikan sebagai investasi. Jika Anda belum memiliki uang dingin, tunda investasi Anda sampai memiliki dana dingin.

Tentukan Tujuan Investasi

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menentukan tujuan investasi. Semua orang pasti memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, jangan samakan tujuan investasi Anda dengan tujuan orang lain.  Tujuan pertama yang bisa Anda lakukan adalah tentukan apakah tujuan investasi Anda untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Apa Anda memerlukan sejumlah uang dalam waktu 1-3 tahun atau Anda akan santai membiarkan uang tersebut berkembang dalam waktu 5 hingga 10 tahun lamanya. Dengan tujuan yang jelas Anda bisa semakin termotivasi untuk mengumpulkan uang. Anda juga bisa memilih jenis investasi yang cocok untuk tujuan dan prioritas Anda.

Baca juga:  6 Persyaratan KPR Agar Disetujui oleh Bank

Reksa Dana

Cara investasi gaji 3 juta selanjutnya adalah dengan memilih reksa dana. Jika Anda berencana untuk menggunakan hasil investasi itu 5 tahun ke depan reksa dana ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Tidak semua jenis reksa dana cocok untuk Anda, pilihlah jenis reksa dana dengan modal kecil dan resiko rendah. Investasi dengan resiko rendah ini return yang ditawarkan juga rendah.

Emas

Cara investasi untuk gaji 3 juta selanjutnya adalah emas. Investasi yang satu ini sangat tepat untuk Anda yang memiliki gaji 3 jutaan saja. Emas merupakan investasi yang aman dan bebas resiko bisa Anda jadikan jangka panjang dan jangka pendek. Emas juga memiliki likuiditas tinggi yang bisa diuangkan kapan saja dan dimana saja.

Memang untuk jangka pendek, emas tidak menawarkan keuntungan yang berarti justru kerugian bisa Anda dapatkan. Untuk investasi emas ini mudah saja, Anda bisa menyisihkan gaji Anda setelah cukup Anda bisa membeli dan membelanjakan emas.

Saham

Cara selanjutnya adalah saham. Anda bisa menjadikan saham ini sebagai investasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Keuntungan yang Anda dapatkan besar akan tetapi resiko yang Anda tanggung sama besarnya. Harga saham bisa naik dan turun secara acak dalam jangka pendek.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk investasi saham ini yaitu trading saham dan menanam saham di perusahan yang potensial. Trading saham akan membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan secara singkat, sedangkan menanam saham membuat Anda bisa mendapatkan pembagian keuntungan. Semakin potensial perusahaannya dan semakin banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan akan semakin sering pembagian keuntungan tersebut.

Menabung

Cara investasi untuk gaji 3 juta selanjutnya adalah menabung. Jika Anda hanya memiliki sedikit uang untuk di sisihkan, uang Anda bisa tumbuh dengan bunga yang majemuk. Kunci untuk bisa membangun kekayaan dan finansial yang lebih baik adalah menyisihkan uang kecil namun teratur setiap bulannya.

Baca juga:  Jangan Sampai Rugi, 5 Aplikasi Trading di Android  Terpercaya

Untuk menabung Anda bisa menggunakan aturan anggaran yang paling terkenal yaitu 50/30/20. 50 Anda bisa menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang esensial, 30% untuk gaya hidup dan 20% untuk ditabung. Tentu anggaran ini bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda masing-masing.  Jika Anda bisa menabung lebih dari 20% pemasukan setiap bulan akan lebih bagus lagi karena semakin cepat Anda bisa mencapai tujuan investasi Anda.

Hindari Lapar Mata

Tips investasi yang terakhir adalah hindari lapar mata. Sebaik apapun cara investasi yang telah Anda rencanakan dan Anda susun jika Anda lapar mata uang yang telah Anda rencanakan untuk investasi justru digunakan untuk membeli barang yang tidak penting-penting amat. Agar tujuan investasi Anda bisa tercapai jangan sering membuka dan browsing di marketplace, selain itu jangan mudah tergiur dengan promo yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Baca juga : Jangan Salah, Ini 6 Tips Mengenalkan Investasi Kepada Anak yang Tepat!

Nah, demikianlah beberapa cara atau tips investasi untuk gaji 3 juta yang wajib banget buat Anda coba, mulai kelola keuangan Anda sekarang juga demi menciptakan kesehatan finansial yang lebih baik di masa depan, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Tags: cara investasi untuk gaji 3 juta investasi untuk gaji 3 juta

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Bagaimana Cara Investasi untuk Gaji 3 Juta yang Benar?"