Ketahui Pengertian Ekonomi Kreatif dan Contoh Usahanya Disini!

Pengertian ekonomi kreatif adalah konsep perekonomian di dalam era ekonomi.  Seperti namanya ekonomi kreatif ini akan mengutamakan kreativitas dan juga informasi. Konsepnya adalah mengedepankan sumber daya manusia yang mana memiliki ide maupun pengetahuan yang digunakan di dalam proses produksi.

Mengenal Ekonomi Kreatif Lebih Dekat

Ekonomi Kreatif

Masih ada yang awam dengan ekonomi satu ini. Ekonomi kreatif adalah sistem kegiatan manusia. Ekonomi ini ada hubungannya dengan kreasi, produksi, distribusi, pertukaran maupun konsumsi barang dan jasa yang memiliki nilai bagi konsumen yang ada di pasaran.

Pengertian ekonomi kreatif lainnya adalah industri di bidang kreatif yang berhubungan dengan pendekatan, trend, konsep dan juga kegiatan ekonomi yang mana memiliki sumber kreativitas, inovasi, gagasan dan juga ide yang mana mengandalkan SDM.

Pada intinya ekonomi kreatif ini akan mengedepankan kreativitas, pengetahuan dan juga ide dari manusia. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai aset untuk membuat ekonomi mampu bergerak maju. Konsep dari ekonomi kreatif ini terbukti bisa mengembangkan sektor perekonomian.

Pertumbuhan ekonomi kreatif ini meningkat sampai dengan 5,76%, terutama jika dibandingkan dengan sektor pertambangan maupun penggalian. Jika terus menunjukkan peningkatan seperti saat ini membuat sektor ekonomi di Indonesia mampu berkembang pesat sehingga akan mampu mendunia.

Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian ekonomi kreatif atau industri kreatif menurut para ahli:

  1. Simatupang (2007)

Menurutnya ekonomi kreatif ini merupakan industri yang mana fokusnya pada kreasi dan juga eksploitasi kepemilikan kekayaan intelektual seperti seni, film, permainan maupun layanan kreatif lain antar perusahaan seperti iklan.

  1. Departemen Perdagangan RI (2008)

Ekonomi kreatif merupakan industri yang mana berhubungan dengan pemanfaatan kreativitas, keterampilan, bakat individu. Tujuannya untuk bisa menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Ekonomi kreatif juga menciptakan dan memanfaatkan kreasi maupun daya cipta dari individu itu.

  1. Howkins (2001)

Ekonomi kreatif ini terdiri atas periklanan, arsitektur, seni, dan juga kerajinan. Ekonomi kreatif juga berhubungan desain, fashion, film, musik. Ekonomi ini erat berhubungan dengan penelitian dan pengembangan, perangkat lunak, mainan dan juga permainan. Yang terakhir berkaitan dengan televisi atau radio dan juga permainan video.

  1. Institute for Development Economy and Finance

Pengertian ekonomi kreatif merupakan proses untuk meningkatkan nilai tambah hasil dari kekayaan intelektual. Kekayaan tersebut meliputi kreativitas, keahlian maupun bakat individu suatu produk yang bisa dijual.

Contoh Usaha

Setelah Anda mengetahui pengertian ekonomi kreatif ada baiknya jika mengetahui contoh usaha dengan ekonomi kreatif itu apa saja. Usaha tersebut tidak akan terlepas dari ciri khas atau karakteristik dari ekonomi kreatif tersebut seperti ide atau gagasan, konsepnya bersifat relatif dan pengembangannya tak terbatas. Bagi Anda yang tertarik menggeluti ekonomi kreatif, simak beberapa usaha yang cocok digeluti berikut ini:

  1. Arsitektur

Konsep ekonomi kreatif ini bisa diaplikasikan di arsitektur. Saat ini zaman semakin maju dan banyak milenial yang mana memiliki konsep rumah maupun hunian yang unik. Tidak hanya untuk rumah saja namun ekonomi kreatif mampu diaplikasikan di semua bidang arsitektur seperti perencanaan kota, taman kota, kegiatan teknik sipil dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Pasar Barang Seni

Usaha ini membutuhkan kreativitas yang tinggi bahkan juga memiliki hubungan yang erat dengan ide kreatif dan juga inovatif. Semua seni disini membutuhkan kreativitas yang tinggi seperti patung, lukisan sampai dengan musik. Para seniman menambahkan konsep ekonomi kreatif di dalam kehidupan seni mereka.

  1. Craft atau Kerajinan

Usaha ini juga bisa memasukkan ekonomi kreatif di dalamnya. Meski yang diproduksi jumlahnya masih sedikit, hal ini tidak menjadi penghalang untuk mengaplikasikan konsep ekonomi kreatif tersebut. Kualitas dari kerajinan yang bagus, unik dan menarik itu bisa mengangkat nama para pengrajinnya.

Umumnya kerajinan jenis ini dibuat dengan cara tradisional, disinilah dibutuhkan para pengrajin yang memiliki ide kreatif untuk bisa menciptakan kerajinan yang berkualitas. Dengan ide kreatif itu mereka bisa mendunia nantinya. Anda bisa memasukkan konsep ekonomi kreatif di dalam usaha craft atau kerajinan ini.

  1. Fashion

Konsep ekonomi kreatif juga bisa diterapkan ke dalam fashion. Desainer busana membutuhkan orang-orang kreatif agar bisa mengenalkan busana yang sudah dirancangnya. Mereka akan mulai dari merancang busana sampai dengan aksesoris yang akan digunakan. Disini orang kreatif akan berpikir inovatif supaya rancangan terlihat beda dan unik dibandingkan dengan perancang yang lainnya.

Baca juga : 5 Tips Mengelola Bisnis Fashion Saat Pandemi

  1. Periklanan

Usaha periklanan membutuhkan orang dengan segudang ide kreatif. Dengan idenya tersebut iklan yang dibuat ini bisa menarik perhatian konsumen. Disini para orang kreatif menawarkan jasanya di dalam membuat iklan.

Tidak hanya membutuhkan kreativitas saja namun juga menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Periklanan bisa dilakukan dengan media elektronik, surat kabar maupun majalah. Iklan yang dihasilkan oleh orang-orang kreatif ini terlihat berbeda dan jauh lebih menarik.

Demikianlah pengertian ekonomi kreatif dan jenis usahanya yang menarik untuk diketahui semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: Pengertian ekonomi kreatif Pengertian ekonomi kreatif 2021

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar