Cocok Jadi Role Model, Inilah Kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia di Usia 20 an

Dewasa ini, mencari pekerjaan memang sangatlah sulit. Kondisi ini dapat kita lihat dari banyaknya sarjana yang menganggur. Salah satu solusi untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mulai berwirausaha. Namun, dalam berwirausaha aspek modal, mental dan keterampilan menajemen tentu sangat penting. Banyak sekali orang yang memulai usahanya tetapi selalu berujung gagal.

Jika kondisinya seperti ini, maka mungkin Anda membutuhkan seorang yang dapat menjadi role model. Hal ini dikarenakan tidak semua orang gagal dalam merintis bisnisnya. Faktanya, ada juga orang yang berhasil dalam merintis dan mengembangkan bisnisnya. Bagi Anda yang ingin merintis usaha sejak muda, berikut ini adalah kisah sukses pengusaha muda Indonesia di usia 20 an tahun yang dapat dijadikan inspirasi.

Riezka Rahmatiana

Meraih sebuah kesuksesan memang membutuhkan proses yang panjang bahkan terkadang harus mengalami berkali-kali kegagalan. Pengalaman inilah yang mungkin dirasakan oleh gadis cantik sekaligus pengusaha muda bernama Riezka Rahmatiana. Riezka merupakan pemilik usaha kuliner dengan brand yang diberi nama Justmine Pisang Ijo.

Riezka Rahmatiana

Riezka Rahmatiana

Dalam merintis usahanya ini, Riezka mengalami banyak sekali tantangan termasuk dari orang tuanya sendiri. Namun, tekad yang kuat membuat gadis ini terus berjuang untuk merintis bisnis. Akhirnya, pada 2008 dirinya memperoleh ide untuk berjualan es pisang ijo. Ia pun mencoba untuk mencari resep pisang ijo terbaik. Kini, brand Justmine Pisang Ijo yang dirintisnya dengan biaya 150 ribu rupiah telah berkembang. Atas kesuksesannya ini, Riezka pun dianugerahi The Young  Entrepreneur Award.

Hamzah Izzulhaq

Kisah sukses pengusaha muda Indonesia di Usia 20 an memang identik dengan keberanian dalam mengambil setiap resiko. Contohnya dapat dilihat dalam diri seorang Hamzah Izzulhaq direktur bimbingan belajar di bawah CV Hamasa Indonesia. Meski mempunyai bakat wirausaha sejak kecil, Hamzah merintis bisnis bimbingan belajar ini dengan penuh pertaruhan.

Hamzah Izzulhaq

Awalnya, saat kelas 2 SMA dalam sebuah acara seminar ia bertemu dengan mitra bisnisnya. Mitra bisnisnya ini memang cukup sukses karena pada usia 23 tahun sudah memiliki 44 cabang bimbingan belajar bernama Bintang Solusi Mandiri. Hamzah pun ditawari oleh mitra bisnisnya untuk mendirikan franchise bimbingan belajar yang sama.

Setelah mempelajari prospektus dan juga laporan keuangan di salah satu cabang, ia pun bersedia untuk melakukan take over. Akan tetapi, proses take over ini membutuhkan biaya sebesar 175 juta rupiah. Sedangkan dirinya hanya mempunyai uang simpanan senilai 5 juta rupiah. Akhirnya, Ia bertekad untuk meminjam uang 70 juta rupiah dari Ayahnya. Sementara sisa uang 100 juta rupiah dicicil pada setiap semester.

Victor Giovan Raihan

Berawal dari iseng menyalurkan kreativitasnya meracik minuman teh dan susu fermentasi, pelajar berusia 18 tahun ini justru meraih sukses. Dia adalah Victor pemilik usaha teh Kempot yang kini cukup digemari oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Pada usia yang masih muda dia telah memiliki 10 outlet sendiri dan 17 outlet yang dikelola oleh mitranya.

Meskipun berasal dari keluarga dengan latar belakang polisi, Victor tidak ingin menjadi benalu. Kemandirian nampaknya menjadi rahasia dibalik kisah sukses pengusaha muda Indonesia di Usia 20 an yang satu ini. Berawal dari keinginan untuk mandiri, Victor berhasil merintis dan mengembangkan brand teh Kempot. Tidak hanya teh Kempot, Victor juga mempunyai bisnis kuliner bakso dan sudah membuka 5 outlet. Apa yang dilakukannya ini seolah menunjukkan kuatnya keinginan untuk mandiri.

Theresia Deka Putri

Industri kopi dan teh merupakan bidang usaha yang memiliki prospek cerah. Peluang inilah yang mungkin disadari oleh pebisnis muda 24 tahun bernama Theresia Deka Putri. Berbekal relasinya di banyak komunitas kopi, dirinya pun mulai merintis brand kopi Luwak Lanang. Produk kopi yang satu ini memang cukup digemari para pecinta kopi karena langka dan unik. Sesuai dengan namanya, Theresia hanya mencari kopi yang dimakan oleh luwak jantan.

Kini, bisnis yang dirintisnya telah berkembang pesat di bawah UD Karya Semesta dan beromset rata-rata 1 miliar rupiah. Badan usaha ini pun telah mempekerjakan lima belas orang pegawai. Tidak hanya meraih pasar lokal, kopi Luwak Lanang juga sudah diekspor ke negara Asia seperti Taiwan, Korea Selatan dan Jepang. Sebagai bentuk apresiasi terhadapa usahanya, pada 2012 Theresia dianugerahi penghargaan Wirausaha Muda mandiri.

Meraih sukses di waktu usia muda bukanlah sesuatu yang mustahil. Salah satu cara terbaik untuk meraihnya adalah dengan berwirausaha. Bagi Anda yang mempunyai cita-cita menjadi pengusaha maka kisah sukses pengusaha muda Indonesia di usia 20 an dapat menjadi cermin yang baik. Jadi, tunggu apalagi segera yakinkan diri Anda dan mulailah bergerak karena kesuksesan membutuhkan perjuangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Загрузка...

Tags: daftar kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia di Usia 20 an kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia di Usia 20 an

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar