Jangan Salah, Begini 6 Cara Membeli Saham Bukalapak yang Diincar Investor!

Cara membeli saham Bukalapak sedang trending. Hal itu karena e-commerce satu ini akan melantai di Bursa Efek Indonesia atau BEI tepatnya pada tanggal 6 Agustus 2021 silam. Bukalapak atau BUKA ini membuka penawaran umum saham perdana kepada publik. Sebelumnya BUKA berhasil menyelesaikan penawaran awal atau bookbuilding. Setelah itu Bukalapak mendapatkan pernyataan efektif yang mana diberikan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Setelah itu BUKA berhasil menawarkan saham perdana atau IPO.

 Saham Bukalapak

Saham Bukalapak

Saat masa penawaran umum ini, Bukalapak menawarkan sahamnya sebesar 25.765.504.800 lembar saham. Untuk harga IPO per lembarnya sebesar Rp 850, kode sahamnya adalah BUKA. Akhirnya startup unicorn satu ini go public sehingga hal ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi investor saham atau pemula. Bagi Anda yang tertarik berikut ini adalah beberapa cara membeli saham Bukalapak yang bisa Anda lakukan:

Memiliki SID, SRE dan RDN

Sebelum Anda melakukan pembelian pastikan jika Anda sudah memiliki SID atau Single Investor Identification atau SID, Sub Rekening Efek atau SRE dan yang terakhir adalah RDN atau Rekening Dana Nasabah atau RDN.

Jika Anda belum memiliki ketiganya hal yang bisa dilakukan adalah menghubungi perusahaan efek untuk bisa membuka rekening efek atau RDN. Daftar perusahaan efek bisa Anda temukan di link ini. Setiap pemesan wajib untuk memiliki sub rekening efek di perusahaan efek. Jika tidak memiliki pemesan harus memiliki rekening di Kustodian Sentral Efek Indonesia atau disingkat menjadi KSEI.

Buka Link Pemesanan

Cara membeli saham Bukalapak selanjutnya yang bisa dilakukan adalah Anda bisa melakukan klik link BUKA Investor Relations, di dalam link itu Anda bisa mendapatkan empat informasi yang diperoleh oleh investor. Informasi itu adalah tentang emisi saham Bukalapak, harga saham, formulir pemesanan pembelian saham atau FPPS dan juga prospektus awal dimana hal ini bisa berubah sesuai dengan diterimanya pernyataan efektif dari OJK.

Unduh FPPS dan Isi Lengkap

Anda bisa mengunduh FPPS tersebut. Setelah itu harus melengkapi FPPS dan mengirimkannya secara elektronik ke perusahaan efek tempat pemesan membuka Sub Rekening Efek yang mana didalamnya memuat data nama pemesan, nomor sub rekening efek. Selain itu juga terdapat data SID atau Single Investor Identification, jumlah pesanan saham dan juga rekening dana nasabah atau RDN. Yang terakhir adalah instruksi pemindahbukuan pembayaran pemesanan saham dari RDN.

Perusahaan efek ini akan melakukan debet RDN di tanggal pembayaran pesanan saham. Setelah itu Anda bisa mengkreditkan sejumlah pembayaran pemesanan saham tersebut ke Rekening Penawaran Umum Perdana Saham. Anda bisa kemudian menandatangani email ke Perusahaan Efek.

Beli Melalui Mandiri Sekuritas

Cara membeli saham Bukalapak bisa melalui Mandiri Sekuritas. Caranya pun mudah dimana Anda bisa membuka Sistem IPO Mandiri Sekuritas.  Anda bisa masuk dengan menggunakan User Id dan juga kata sandi, setelah itu klik masuk.  Anda bisa tampil perusahaan yang sedang IPO dengan kodenya. Anda bisa klik pesan pada daftar IPO perusahaan yang akan Anda beli kemudian Anda bisa memasukkan jumlah lot yang akan Anda beli.

Langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah Anda bisa mengklik beberapa pernyataan yang berhubungan dengan prospektus emiten, klik pesan sekarang. Pembelian IPO ini tidak bisa dibatalkan. Setelah Anda berhasil maka Anda akan menerima email bukti seperti pemesanan saham dengan subjek “Pemesanan IPO Anda telah Kami Terima”.

Baca juga : Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia Mana Juaranya?

Anda juga akan mendapatkan email berupa instruksi pembayaran melalui virtual account dengan subjek “Informasi Pembayaran Pesanan IPO”. Anda bisa membayar melalui ATM maupun online banking menggunakan batas waktu yang sudah dicantumkan di email. Anda yang melakukan pemesanan pooling saham IPO Bukalapak ini tidak akan dikenakan biaya pemesanan dan saham Anda yang sudah dibeli ini bisa dijual kapanpun tanpa adanya lock up period.

BNI Sekuritas

Cara membeli saham Bukalapak melalui BNI Sekuritas ini harus memiliki rekening tabungan BNI dan juga rekening efek BNI sekuritas lebih dahulu. Setelah itu Anda bisa mengakses id/ipobukalapak, Anda bisa mengunduh syarat dan ketentuan pemesanan melalui link yang sudah tertera, kemudian melakukan pemesanan saham Bukalapak dengan menekan klik Tombol Merah Tanda Panah, kemudian isi formulir pemesanan.

MNC Sekuritas

Anda juga bisa membeli saham melalui MNC Sekuritas. Anda harus menyiapkan dana di RDN sesuai dengan nilai yang sudah Anda pesan. Isi form FPPS yang sudah Anda unduh sebelumnya, setelah form lengkap Anda bisa mengisi kode nasabah dan juga fotokopi KTP ke email [email protected], Anda juga bisa mengirim email ke sales maupun cabang Anda membuka rekening.

Demikianlah beberapa cara membeli saham Bukalapak, memang saat ini IHSG anjlok sehingga Anda bisa bermain aman terlebih dahulu dengan investasi saham modal kecil, hal tersebut akan membuat Anda aman dan tidak akan terlalu berdampak pada finansial Anda, yang pasti adalah investasi saham ini menjadi cara agar Anda bisa menjadi jutawan atau miliarder, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: bagaimana Cara membeli saham Bukalapak Cara membeli saham Bukalapak

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar