Ini 4 Penyebab Saham Bukalapak Dijual, Investor Pemula Wajib Tahu!

Penyebab saham Bukalapak dijual masih menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya banyak kabar berhembus yang kurang menyenangkan dimana kinerja secara fundamental masih mencatatkan kerugian. Tahun 2020 lalu tercatat kerugian dari Bukalapak ini mencapai 1,3 triliun. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencapai 2,8 triliun.

Penyebab saham Bukalapak dijual

Penyebab saham Bukalapak dijual

Bukalapak pun membuka IPO atau initial public offering, dimana hal ini terjadi ketika perusahaan atau emiten untuk melepaskan saham ke publik. Kata lainnya adalah perusahaan menjual sebagian saham ke publik atau masyarakat umum.

IPO ini merupakan penawaran saham perdana atau pertama kali perusahaan melepaskan saham mereka ke masyarakat umum sehingga mereka memiliki saham atau sebagian kepemilikan dari bisnis Bukalapak ini.  Tidak hanya Bukalapak saja namun banyak startup juga berencana untuk IPO pada tahun ini.

Penyebab

IPO Bukalapak ini pro dan kontra. Ada yang menganggap jika IPO dari Bukalapak ini kurang menjanjikan mengingat Bukalapak sampai saat ini belum menorehkan keuntungan, namun banyak juga yang mengungkap bahwa Bukalapak ini memiliki potensi yang bagus di ekonomi digital pada masa mendatang. Berikut ini adalah beberapa penyebab saham Bukalapak dijual yang menarik untuk diketahui:

  1. Kebutuhan akan modal

Penyebab saham Bukalapak dijual adalah keterbatasan modal yang dimiliki saat ini. Karena alasan ini membuat mereka melepaskan saham mereka ke publik tujuannya agar mendapatkan modal tambahan selain meminjam ke bank. IPO ini pun menjadi langkah dan terobosan yang dilakukan agar perusahaan bisa menekan beban hutang yang mereka miliki.

Tambahan modal ini nantinya bisa digunakan untuk operasional perusahaan dan bermanfaat untuk mengembangkan bisnis yang memang mengalami masalah pendanaan. Dengan adanya IPO perusahaan akan bisa meningkatkan ekspansi sehingga nilai saham akan menjadi meningkat bahkan bisa menguntungkan investor.

Saham Bukalapak sangat cocok untuk investor bukan trader karena bisa mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang.  Mengacu dalam prospektus yang mana dikeluarkan oleh Bukalapak ada rencana penggunaan dana yang mana diperoleh oleh IPO sebesar 66% digunakan perseroan untuk modal kerja.

  1. Modal untuk entitas anak perusahaan

Penyebab saham Bukalapak dijual adalah digunakan sebagai modal kerja dan juga operasional anak perusahaan dari Bukalapak tersebut. Dilihat dari rancangan dana yang didapatkan dari IPO ini, Bukalapak akan menggunakan sebesar 15% dana yang diperolehnya ini untuk alokasi PT Buka Mitra Indonesia atau BMI.

Sekitar 15% juga akan dialokasikan untuk PT Buka Usaha Indonesia atau BUI. Sekitar 1% akan dialokasikan ke PT Buka Investasi Bersama atau BIB, 1% dialokasikan kepada PT Buka Pengadaan Indonesia atau BPI, 1% dialokasikan kepada Bukalapak Pte. Ltd atau BLSG dan yang 1% akan dialokasikan ke PT Five Jack atau Five Jack Indonesia.

  1. Jadi Benchmark

Sebagai startup teknologi pertama yang ada di Indonesia Bukalapak ini akan memberikan edukasi berhubungan dengan kehadiran perusahan serupa dan juga dampaknya di berbagai sisi. Tidak hanya itu saja, dengan membuka IPO Bukalapak ini bisa naik kelas dengan adanya validasi dari publik sehingga publik akan bisa memantau laju atau perkembangan dari startup unicorn satu ini.

Dengan buka IPO ini diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri dari perusahaan rintisan lainnya yang dikabarkan akan IPO. Nantinya BUKA ini bisa menjadi benchmark untuk perusahaan rintisan lainnya. Meski kondisi fundamental belum terlalu baik namun perusahan e-commerce ini memang memakan banyak biaya operasional pada pemasarannya.

  1. Untuk investasi dan meningkatkan kinerja

Penyebab saham Bukalapak dijual ini karena untuk melakukan berbagai macam investasi di berbagai macam produk dan juga layanan. Hal ini untuk meningkatkan kinerja dan juga profitabilitas. Selain itu untuk mengembangkan lini bisnis dan juga ekosistem Bukalapak menjadi berkembang lebih baik lagi.

Manfaat yang Didapatkan

Setelah mengetahui beberapa penyebab saham Bukalapak dijual diatas, Bukalapak akan mendapatkan beberapa manfaat dari penjualan saham ke public atau masyarakat ini. Perusahaan yang go public ini akan mendapatkan citra perusahaan yang lebih baik lagi.  Perusahaan akan terbuka terhadap publik demi mendorong terbukanya informasi, perusahaan akan mendapat perhatian dari media bahkan komunitas keuangan.

Adanya transparansi bisa meningkatkan perusahaan dan mengenalkan produk lebih luas. Dengan menciptakan peluang pelanggan baru ini aka mampu mendapatkan pelanggan baru. Dampak positif ini bisa dirasakan oleh banyak perusahaan entah itu skala kecil dan menengah. Citra ini bisa didapatkan setara dengan perusahaan lain yang mana memiliki bisnis lebih besar maupun pengalaman yang lebih lama.

Baca juga :  Ini Dia 7 Penyebab Giant Tutup Permanen, Pebisnis Wajib Tahu!

Manfaat lainnya adalah insentif pajak. Bagi perusahaan yang go public ini pemerintah akan bisa memberikan insentif berdasarkan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2015 tentang menurunnya tarif pajak penghasilan bagi wajib pajak Badan Dalam Negeri yang mana bentuknya adalah Perseroan Terbuka. PT akan mendapatkan penurunan pajak sebesar 5% lebih rendah dibandingkan dengan PPh yang normal.

Demikianlah beberapa penyebab saham Bukalapak dijual yang menarik diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Tags: apa Penyebab saham Bukalapak dijual Penyebab saham Bukalapak dijual

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar