3 Bentuk Asuransi Yang Tepat Bagi Lansia

Bentuk asuransi yang tepat bagi lansia tersedia dalam berbagai macam pilihan. Meski ada banyak pilihannya, masih banyak para lansia yang kurang peduli untuk memproteksi dirinya. Padahal ini sangat penting mengingat banyak sekali hal-hal tak terduga yang bisa terjadi. Tanpa adanya proteksi, maka beban tanggungan yang muncul, khususnya dari segi finansial pun tentu tidak sedikit.  Di sinilah pentingnya pemahaman tentang pilihan asuransi yang tepat bagi lansia.  Dengan cara inilah, maka para lansia akan bisa mendapatkan manfaat asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta. Berikut selengkapnya:

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi Jiwa Berjangka

Pilihan bentuk asuransi yang tepat bagi lansia yang satu ini akan memberikan jaminan asuransi dalam jangka waktu tertentu kepada pihak pemilik polis asuransi (tertanggung). Jika terjadi risiko kematian saat kontrak asuransi berlangsung, maka pihak asuransi akan membayarkan sejumlah uang pertanggungan sesuai dengan yang dibutuhkan. Jangka waktu untuk pembayaran premi tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari tahunan, bulanan, triwulan dan lain sebagainya.

Biasanya para lansia menggunakan asuransi bernama lain Term Life Insurance ini karena prosesnya sederhana dan mudah. Asuransi tersebut juga dapat diambil dalam jangka waktu tertentu, misalnya 10 tahun, 15 tahun, dan 20 tahun.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

 Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Bentuk asuransi yang tepat bagi lansia juga sangat cocok digunakan oleh para lansia. Dengan adanya Whole Life Insurance ini, maka peserta asuransi akan mendapatkan perlindungan selama hidup tertanggung di usia 99 tahun atau 1—tahun. Selama masa polisnya masih aktif dan rutin membayar premi, maka di situlah pihak tertanggung juga akan tetap bisa mendapatkan perlindungan yang dibutuhkan. Tentu ada beberapa syarat dan ketentuan yang juga wajib diketahui oleh peserta, misalnya untuk perlindungan pada kondisi cacat tetap biasanya akan berakhir pada usia tertentu, yaitu 60 tahun.

Asuransi ini dirancang sedemikian rupa untuk menstabilkan keadaan keuangan setelah peserta asuransi meninggal. Hal ini tentunya sangat berguna dalam rangka memberikan fasilitas pertanggungan pada ahli waris jika ada risiko meninggal dunia yang muncul pada peserta asuransi. Alhasil, di kemudian hari, para keluarga yang ditinggalkan pun juga tidak akan kerepotan atau kesusahan finansial. Satu hal yang perlu diketahui adalah pemegang polis asuransi ini biasanya perlu mengeluarkan uang yang cukup besar setiap bulannya, karena nantinya nilai pertanggungan yang akan didapatkan pun juga akan sangat besar.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi Jiwa Dwiguna

Pilihan bentuk asuransi yang tepat bagi lansia yang juga bisa anda pilih adalah Endowment Insurance.  Jenis asuransi yang satu ini menggabungkan dua manfaat yang bisa diperoleh peserta, yaitu manfaat berjangka dan manfaat seumur hidup. Dengan adanya asuransi ini, maka peserta akan bisa mendapatkan uang pertanggungan ketika ada risiko meninggal dunia yang terjadi. Ditambah dengan memberikan seluruh uang pertanggungan apabila peserta asuransi masih hidup hingga masa akhir pertanggungan.

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang tentu harus diketahui peserta asuransi ini, contohnya adalah peserta hanya akan mendapatkan sejumlah uang tertentu di periode yang telah disepakati. Uang pertanggungan tersebut nantinya juga akan langsung turun ke ahli waris apabila pemegang polis asuransi terkait terkena risiko meninggal dunia. Produk asuransi yang satu ini sangatlah berguna bagi calon pemegang polis, terutama pihak keluarga tertanggung yang ingin terlindungi dari beban finansial jika ada risiko kematian dini yang terjadi.

Pentingnya Menggunakan Asuransi Bagi Lansia

Bentuk asuransi yang tepat bagi lansia sangatlah berguna bagi peserta. Sebagaimana diketahui, setiap manusia suatu saat pasti akan menua. Hal ini merupakan suatu hukum alam yang tidak bisa terbantahkan lagi. Siapapun pasti akan mengalami yang namanya tua. Dalam kondisi yang sudah semakin tua tersebut, tentu banyak hal yang akan bisa terjadi mulai dari fisik yang mulai melemah, gampang sakit-sakitan, dan lain sebagainya. Dari sinilah perlu yang namanya persiapan sejak dini untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang tak diinginkan. Penggunaan asuransi akan memberikan manfaat antara lain:

  • Masa tua bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan atau membuat tidak nyaman. Tapi masa tua akan datang, dan semua hal harus dipersiapkan dengan baik.
  • Memberikan proteksi atas segala risiko yang terjadi, mulai dari biaya kesehatan, pengobatan, santunan untuk risiko meninggal dan lain sebagainya.
  • Keluarga yang ditinggalkan pun tidak terbebani secara finansial dan bisa menyusun rencana yang lebih baik untuk jangka panjang, berkat adanya pengalihan risiko finansial kepada pihak layanan asuransi yang digunakan.

Jadikan masa tua anda semakin nyaman dan tenang dengan menggunakan layanan asuransi. Meski sudah menggunakan layanan bentuk asuransi yang tepat bagi lansia, pastikan untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga secara rutin.

Загрузка...

Tags: bentuk asuransi yang tepat bagi lansia jenis asuransi yang tepat bagi lansia

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar