Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan TLO Yang Perlu Diketahui

Perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO menjadi sebuah wawasan yang perlu anda ketahui sebelum anda memilih layanan asuransi yang tepat bagi kendaraan yang dimiliki. Sebagaimana diketahui, banyak risiko yang bisa terjadi ketika anda berada di jalan raya. Risiko terjadinya kecelakaan tergolong sangat tinggi, khususnya di sejumlah kota besar yang ada di Jakarta, dan kota-kota besar lainnya. Dari sinilah penggunaan asuransi, khususnya kendaraan mobil menjadi hal yang sangat penting untuk dipilih. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa anda pilih, antara lain asuransi All Risk dan Total Loss Only. Detailnya bisa anda amati sebagai berikut:

Pengertian Asuransi Mobil All Risk dan Total Loss Only

Asuransi Mobil All Risk

  • Total Loss Only

Dalam perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO, mari kita membahas terlebih dahulu mengenai asuransi mobil TLO atau Total Loss Only. Total Loss Only secara bahasa Indonesia diartikan sebagai HANYA (JIKA) KEHILANGAN TOTAL. Dalam asuransi yang satu ini, anda akan mendapatkan asuransi apabila terjadi risiko kehilangan total. Yang dimaksudkan dengan risiko kehilangan total adalah kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau karena pencurian dan perampasan.

Jika kerusakan yang dialami oleh mobil tersebut kurang dari 75 persen, maka anda tidak bisa mengajukan klaim terhadap asuransi tersebut. Patokan 75 persen ini digunakan untuk pilihan risiko yang membuat mobil tersebut tidak bisa digunakan lagi. Kelebihan utama dari pilihan asuransi TLO ini adalah lebih rendah preminya dibandingkan dengan asuransi mobil All Risk.

  • Asuransi Mobil All Risk

Perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO yang berikutnya bisa diamati ketika anda menggunakan asuransi berjenis All Risk. Untuk pilihan jenis asuransi yang satu ini maka pihak asuransi akan membayarkan klaim terkait segala jenis kesurakan yang terjadi didalamnya, mulai dari kerusakan ringan, berat, dan juga potensi terjadinya kehilangan. Tapi tentu saja, sebagai gantinya premi yang harus dibayarkan pun juga cukup mahal. Karena anda bisa mengajukan klaim terkait berbagai risiko yang terjadi dalam bentuk apapun, bahkan ketika muncul risiko lecet sedikit saja pada mobil anda. Satu hal yang pasti, sebelum anda memilih layanan asuransi mobil All Risk, anda harus mengetahui terlebih dahulu layanan asuransi terbaik yang ada di Indonesia. Jangan sampai salah pilih.

Poin Penting Dalam Penggunaan Asuransi All Risk dan TLO

Asuransi Mobil All Risk

Selain memahami perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO, ada beberapa poin penting yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan layanan asuransi di kedua jenis tersebut. Berikut adalah beberapa poin penting yang terdapat di dalamnya:

  1. Anda bisa mengkombinasikan penggunaan asuransi TLO dan All Risk. Misalnya anda polis asuransi All Risk pada tahun pertama dan kedua. Kemudian pada tahun ke tiga, anda bisa membeli polis asuransi TLO, dan seterusnya.
  2. Anda bisa mempertimbangkan penggunaan asuransi mobil All Risk dan TLO sesuai dengan kondisi mobil terkait. Untuk mobil baru, tentunya membutuhkan biaya relatif tinggi untuk perawatannya. Karena itu, untuk mobil baru tersebut, anda bisa menggunakan asuransi All Risk. Sedangkan untuk mobil dengan usia yang sudah tua, tidak ada salahnya anda menggunakan asuransi berkategori Total Loss Only.
  3. Anda perlu tahu asuransi All Risk yang digunakan apakah menjangkau berbagai risiko yang tak terhindarkan bagi mobil anda? Anda juga bisa melakukan perluasan pertanggungan untuk berbagai hal-hal yang mungkin bisa terjadi, mulai dari banjir, badai, kerusuhan, gempa bumi, sabotase, terorisme, dan risiko lainnya.

Tips Memilih Asuransi Yang Tepat

Kini anda sudah paham tentang perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO. Anda mungkin ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana cara memilih asuransi yang tepat dan sesuai dengan yang anda inginkan. Dalam hal ini anda bisa mempertimbangkan beberapa hal antara lain sebagai berikut:

  • Jika anda ingin asuransi dengan harga yang lebih terjangkau, tapi bisa memberikan manfaat perlindungan spesifik, silahkan memilih asuransi TLO.
  • Tapi jika anda ingin mendapatkan perlindungan asurnsi mobil yang menyeluruh, maka tidak ada salahnya memilih asuransi berjenis All Risk. Di sini anda bisa mendapatkan perlindungan yang lebih meluas.
  • Jika harga perawatan mobil terbilang tinggi, khususnya untuk mbil yang baru, maka tidak ada salahnya menggunakan asuransi All Risk. Asuransi ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengusaha rental mobil atau kursus mobil karena risiko rusak yang terjadi terbilang cukup tinggi.
  • Anda juga bisa mempertimbangkan rute perjalanan yang sering dilalu, apakah termasuk jalur padat atau jalur cepat. Lalu bagaimana dengan kemungkinan risiko terjadi kecelakaan? Dari sini anda bisa menentukan apakah mau memilih jenis TLO atau All Risk.

Demikian informasi tentang beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO.

Загрузка...

Tags: asuransi mobil all risk vs TLO perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO perbedaan asuransi mobil TLO dan all risk

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar