Asuransi Travel: Jangan Sepelekan Manfaat Asuransi Perjalanan

Asuransi Travel – Meskipun didominasi perusahaan asuransi asing namun hampir semua perusahaan asuransi di Indonesia menawarkan asuransi travel atau asuransi perjalanan. Secara singkat, asuransi travel adalah bentuk perlindungan kepada nasabah selama dalam perjalanan domestik maupun internasional untuk semua kepentingan, baik kepentingan bisnis atau liburan. Produk asuransi ini berlaku untuk nasabah perorangan, bersama pasangan, maupun seluruh anggota keluarga.

Asuransi Travel

Asuransi Travel

Jika mendaftar asuransi travel banyak pilihan perlindungan perjalanan yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Jenis perlindungan yang dimaksud mencakup perlindungan perjalanan dinas (bisnis), perlindungan ibadah haji (umroh), perlindungan perjalanan wisata, dan yang lainnya.

Sejauh ini meskipun hampir semua perusahaan asuransi menawarkan asuransi perjalanan, namun masih banyak masyarakat yang kurang menyadari pentingnya hal ini. Padahal dalam perjalanan segala kemungkinan bisa terjadi, entah kecelakaan atau sakit mendadak yang membutuhkan biaya besar.

Memang, bisnis asuransi perjalanan juga erat kaitannya dengan satu masalah bidang asuransi di Indonesia yaitu masalah harga. Umumnya premi perusahaan asuransi dari luar negeri lebih mahal dibandingkan dengan premi yang ditetapkan perusahaan asuransi dalam negeri. Namun jika diteliti lebih jauh terkait fasilitas yang diberikan, justru premi dari perusahaan asuransi luar negeri lebih banyak memberi perlindungan, artinya lebih menanggung banyak resiko. Istilahnya “ada uang ada barang”.

Tips Memilih Premi Asuransi Travel

Perusahaan asuransi besar seperti AXA Mandiri, Allianz, Prudential, AIG, Zurich, Sinar Mas, dan lain-lainnya menawarkan premi asuransi perjalanan dengan bentuk perlindungan serupa. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sewaktu memilih premi asuransi travel seperti beberapa poin berikut ini:

Mengetahui Isi Premi Secara Detail. Pembeli asuransi travel harus jeli, artinya wajib meneliti secara detail apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Intinya jangan sampai membeli premi asuransi untuk jenis perlindungan yang sudah dimiliki. Contohnya, jika kita sudah punya asuransi kesehatan yang bisa men-cover kesehatan selama di luar negeri, tidak perlu beli lagi. Lebih baik dialokasikan untuk asuransi perjalanan lain, misalnya asuransi yang menanggung kehilangan barang.

Premi Asuransi Travel

Premi Asuransi Travel

Membandingkan Harga. Penting bagi kita membandingkan harga maupun fasilitas premi yang sama dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan kata lain kita harus memilih mana isi premi yang lebih sesuai dengan kebutuhan kita dan mana yang kurang dibutuhkan.

Beli di tempat yang Tepat. Asuransi perjalanan atau asuransi travel dengan mudah bisa kita beli di agen asuransi, agen travel, maupun secara online. Meskipun secara keseluruhan isinya sama namun ada beberapa agen asuransi yang lebih cocok untuk turis Indonesia. Agen asuransi bisa langsung bertemu dan ngobrol lebih leluasa. Beda dengan online yang harus kita abaca terlebih dulu secara detail. Intinya agen asuransi atau agen travel lebih cepat membantu dalam hal pengajuan asuransi. Yang paling penting harus dipastikan bahwa data kita yang di-input oleh agen asuransi merupakan data yang benar.

Premi Asuransi Perjalanan Tambahan. Ada beberapa hal yang biasanya enggan ditanggung oleh perusahaan asuransi, misalnya perjalanan wisata atau semua jenis perjalanan beresiko tinggi. Resiko tinggi yang dimaksud mencakup perjalanan wisata ke alam liar, olahraga ekstrim, atau perjalanan ke tempat-tempat yang dianggap berbahaya seperti daerah yang rawan konflik. Nah, untuk perjalanan yang beresiko tinggi tersebut biasanya kita diwajibkan membayar premi tambahan, terutama buat kalangan profesional.

Tak bisa dipungkiri jika resiko terhadap hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan perjalanan, lebih baik kita menggunakan asuransi travel atau asuransi perjalanan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

asuransi travel adalah -

Tags: asuransi travel asuransi travel ac asuransi travel ace asuransi travel axa asuransi travel zurich jenis- jenis asuransi travel macam- macam asuransi travel

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Asuransi Travel: Jangan Sepelekan Manfaat Asuransi Perjalanan"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan