Pengertian Premi Asuransi dan Fungsinya

Pengertian Premi Asuransi – Sebelum Anda terjun ke dunia asuransi atau menjadi member salah satu asuransi sebaiknya Anda mengerti beberapa arti kata seperti definisi premi asuransi dan polis asuransi. Setelah mengetahui apa itu premi asuransi dan polis asuransi maka Anda pun dituntut mengerti isi dari kontrak polis dan biaya yang harus dibayarkan sebagai premi.

Pada kesempatan kali ini Cara Investasi Bisnis akan mengulas pengertian premi asuransi beserta manfaatnya juga aspek dan komponen pembentuk tarif premi.

Baca juga: Pengertian Polis Asuransi dan Fungsinya

Pengertian Premi Asuransi

Secara umum premi asuransi adalah uang dalam jumlah tertentu yang harus dibayar oleh pihak tertanggung (client) atas keikutsertaannya pada program asuransi. Jumlah yang harus dibayar pihak tertanggung sudah ditetapkan oleh perusahaan asuransi berdasarkan pertimbangan kondisi pihak tertanggung.

Jadi untuk mudahnya, pengertian premi asuransi adalah tarif / biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkan perlindungan asuransi.

manfaat Premi Asuransi

Pengertian Premi Asuransi dan Manfaatnya

Fungsi Premi Asuransi

Untuk lebih memahami definisi dan pengertian premi asuransi sebaiknya Anda ketahui pula manfaat premi asuransi. Fungsi premi asuransi yaitu mengembalikan kondisi keuangan pihak tertanggung jika mengalami kebangkrutan hingga kembali ke kondisi normal. Atau jika pihak tertanggung mengalami kerugian, maka pihak perusahaan asuransi akan menangggung penuh semua kerugian dan mengembalikan kondisi ekonomi sebelum kerugian terjadi.

Biasanya client/nasabah bisa menentukan besar jumlah tarif premi yang dibayarkan sesuai kemampuannya. Selain itu nasabah juga bisa menentukan uang pertanggungan sesuai yang dibutuhkan, tentunya harus dengan persetujuan pihak perusahaan asuransi.

Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Pribadi dan Keluarga

Aspek yang Mempengaruhi Tarif Premi Asuransi

Selain pengertian premi asuransi yang perlu diketahui, Anda pun sebaiknya mengetahui dua aspek yang mempengaruhi besar kecilnya tarif premi asuransi yaitu aspek eksternal dan aspek internal.

Aspek Eksternal. Aspek eksternal yang mempengaruhi tarif premi asuransi biasanya dilihat dari kondisi perekonomian tertanggung, persaingan dengan perusahaan asuransi lain, atau bisa juga mengacu pada ketentuan undang-undang pemerintah.

Aspek Internal. Aspek internal adalah hal yang mempengaruhi tarif premi asuransi yang berasal dari dalam. Aspek tersebut meliputi kondisi dari pertanggungan, tipe dan kondisi barang yang diasuransikan, pengangkutan barang, dan periode waktu pertanggungan.

Komponen-komponen Premi Asuransi

Selain aspek yang mempengaruhi besarnya premi, Anda pun sebaiknya mengetahui komponen premi sehingga dapat lebih memahami definisi dan pengertian premi asuransi seperti yang diulas di atas.

Premi Dasar. Premi dasar atau premi basic adalah premi yang tertulis pada polis asuransi yang biasanya tidak akan beralih, dengan catatan data atau luas jaminan tidak mengalami pergantian. Tarif premi disesuaikan dengan tinggi satu kemungkinan, luas kemungkinan, potensi terjadinya kerusakan barang, serta tingginya resiko satu barang yang mengandung bahaya.

Premi Tambahan. Seperti namanya, premi tambahan merupakan premi yang ditambahkan pada premi dasar atau premi basic ketika berlangsung pergantian data. Jadi untuk menambahkan data interest yang diasuransikan butuh penambahan premi.

Reduksi Premi. Adalah potongan dari besarnya premi asuransi yang disebabkan oleh beberapa kondisi yang spesifik. Contohnya pembayaran premi sekalian untuk satu tahun lebih, atau bisa juga karena pembayaran premi yang dilakukan via beberapa instansi keuangan atau pihak ketiga.

Tarif Company. Yaitu besaran tarif yang disepakati dan diputuskan oleh ikatan perusahaan asuransi untuk menghindari persaingan yang kurang sehat. Dalam hal ini asosiasi perusahaan asuransi membuat daftar tarif premi asuransi yang merata.

Jenis Tarif Asuransi

Ada dua jenis tarif asuransi yang berlaku di Indonesia yaitu Manual (Class Rate) dan Merit Rating.

Manual (Class Rate). Adalah premi asuransi yang berlaku secara global. Artinya berlaku untuk semuanya yang kemungkinan berjenis sama atau satu macam.

Merit Rating. Merupakan pilihan tarif premi asuransi yang dikondisikan pada setiap kemungkinan. Umumnya Merit rating digunakan untuk pembayaran premi asuransi kebakaran atau barang-barang pilihan yang memiliki resiko rusak tinggi.

Baca juga: Tarif Premi Asuransi Mobil dan Total Lost Only

Jadwal Pembayaran Premi Asuransi

Jadwal pembayaran premi asuransi umumnya tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Umumnya pilihan jadwal pembayaran adalah setiap 1 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Client atau nasabah yang memegang polis asuransi wajib membayar premi asuransinya tepat waktu sesuai jadwal.

Jika pemegang polis asuransi tidak bisa memenuhi kewajiban membayar premi asuransi sesuai jadwal yang disepakati, biasanya polis asuransi akan dibatalkan oleh perusahaan asuransi. Dengan sendirinya pihak pemegang polis asuransi kehilangan seluruh haknya, termasuk kehilangan kesempatan untuk melakukan klaim asuransi.

Jadi sudah jelas kan apa yang dimaksud dengan premi dengan ulasan pengertian premi asuransi di atas? Semoga bermanfaat ..

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

fungsi premi asuransi -pengertian premi -Manfaat premi -arti premi asuransi -makalah premi asuransi -apa yang dimaksud tindak premi -fungsi premi bagi tertanggung dan penanggung -manfaat premi bagi perusahaan -pengertian premi dan cara pembayarannya -premi dasar adalah -

Tags: contoh premi asuransi makalah premi asuransi Pengertian pengertian premi asuransi perhitungan premi asuransi premi asuransi premi asuransi jiwa premi asuransi kebakaran premi asuransi kesehatan premi asuransi prudential

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pengertian Premi Asuransi dan Fungsinya"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan