Tarif Premi Asuransi Mobil dan Total Lost Only

Bahasa sederhananya, premi asuransi mobil adalah besarnya nominal uang yang harus dibayarkan perbulan, sebagai bentuk kewajiban dari mobil tertanggung karena diikutsertakan asuransi mobil. Secara umum besarnya biaya asuransi mobil ini tergantung dari kategori asuransi mobil (All Risk atau Total Lost Only), nilai tertinggi mobil, tahun keluaran mobil, dan area plat nomor mobil (misalnya Surabaya Plat L, Malang Plat N, dll).

Premi Asuransi Mobil

Premi Asuransi Mobil

Secara umum hampir semua perusahaan asuransi menawarkan 2 jenis asuransi mobil dengan sistem perlindungan yaitu asuransi comprehensive (All Risk) dan Total Lost Only (TLO). Meskipun begitu premi asuransi mobil untuk dua jenis perlindungan tersebut jumlahnya berbeda, karena bentuk perlindungan atas mobil yang diasuransikan juga berbeda.

Baca juga: Pengertian Asuransi dan Risiko Yang Perlu Diketahui

Premi Asuransi Mobil Comprehensive (All Risk) dan Total Lost Only (TLO)

Asuransi mobil Comprehensive atau All Risk merupakan jenis asuransi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat, terutama pemilik mobil dengan nilai diatas 100 juta rupiah. Comprehensive All Risk merupakan jaminan ganti rugi oleh perusahaan asuransi atas kerugian sebagian atau secara keseluruhan mobil yang disebabkan oleh: pencurian, kebakaran, perbuatan jahat, perampasan, benturan, tabrakan, dan jenis kecelakaan lainnya.

Premi Asuransi Mobil cepat

Premi Asuransi Mobil cepat

Sedangkan asuransi Total Lost Only (TLO) adalah bentuk asuransi atau ganti rugi yang HANYA diberikan oleh perusahaan asuransi, apabila mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan total atau minimal kerusakan mencapai 75 persen. Selain Comprehensive dan Total Lost Only kini juga ada asuransi ‘perluasan’. Asuransi perluasan ini mencakup perlindungan mobil terhadap terorisme, sabotase, kerusuhan, gempa bumi, banjir, tsunami, dan jenis bencana alam lainnya.

Lalu apakah perluasan harus diambil sekaligus mengikuti premi asuransi mobil dengan tarif tertentu? Semua tergantung situasi dan kondisi di daerah dimana pemilik mobil berdomisili. Misalnya jika kita tinggal di Jakarta yang terkenal sebagai daerah rawan banjir, otomatis kita perlu mengambil perluasan karena kasus banjir sering terjadi di wilayah Jakarta. Jika kita tidak mengambil perluasan banjir sementara mobil kita harus turun mesin akibat terkena banjir, maka pihak perusahaan asuransi TIDAK akan memberi ganti rugi dalam bentuk apapun. Jadi masalah perluasan ini kita sendiri yang menentukan.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Anda

Contoh Premi Asuransi Mobil Sinar Mas

Seperti yang disebutkan diawal tarif premi asuransi mobil yang diterapkan perusahaan asuransi di indonesia berbeda-beda. Salah satu contoh, premi asuransi yang berlaku di perusahaan asuransi Sinar Mas yaitu:

Comprehensive (All Risk): 2,5 persen untuk harga mobil di atas 500 juta rupiah, dan 3,25 persen untuk harga mobil di bawah 500 juta rupiah.

Total Lost Only (TLO): perlindungan ini menerapkan tarif premi 1,5 persen tanpa berpatokan pada harga mobil.

Pada prinsipnya tarif premi asuransi mobil yang diberlakukan perusahaan asuransi tidak begitu besar, terutama jika dibandingkan dengan sistem perlindungan yang diberikan. Jadi jika kita memiliki mobil dengan nilai jual tinggi sebaiknya diasuransikan untuk menghindari hal-hal yanhg tidak diinginkan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

biaya asuransi mobil per bulan -asuransi mobil terbaik 2018 di malang -

Tags: fasilitas premi asuransi mobil harga premi asuransi mobil premi asuransi mobil premi asuransi mobil aman premi asuransi mobil cepat premi asuransi mobil terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Tarif Premi Asuransi Mobil dan Total Lost Only"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang

    Tinggalkan Balasan