Plus Minus Asuransi Kesehatan Murni Yang Perlu Diketahui

Asuransi Kesehatan Murni – Selain asuransi kesehatan Syariah, setidaknya ada 2 jenis asuransi kesehatan yang populer di Indonesia yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link. Kedua jenis asuransi tersebut memiliki perbedaan cukup mencolok, terutama dalam hal premi yang harus dibayarkan kepada pihak perusahaan asuransi.

Pengertian secara singkat, asuransi unit link merupakan tipe asuransi kesehatan modern di Indonesia yang menawarkan asuransi jiwa sekaligus investasi. Karena ada penambahan investasi secara otomatis premi asuransi yang harus dibayarkan pihak tertanggung lebih tinggi dibanding asuransi kesehatan murni. Oleh sebab itu mayoritas pengikut asuransi kesehatan unit link adalah mereka-mereka yang tergabung dalam sebuah perusahaan atau instansi-instansi pemerintah maupun swasta.

Keunggulan Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi Kesehatan Murni

Karena tidak ada persyaratan khusus dan tanpa embel-embel “investasi” maka jumlah premi yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi asuransi kesehatan murni lebih rendah dibanding asuransi kesehatan unit link. Jadi asuransi kesehatan murni ini lebih diperlukan oleh mereka para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun pekerja mandiri yang tidak terkait dengan institusi manapun. Karena jika mereka adalah karyawan dari sebuah perusahaan maka asuransi kesehatan pasti ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Baca juga: Memilih Premi Asuransi Kesehatan Termurah dan Terbaik

Plus Minus Asuransi Kesehatan Murni dibandingkan Asuransi Kesehatan Unit Link

Terlepas dari besarnya biaya premi yang wajib dibayarkan kepada pihak perusahaan asuransi, baik asuransi kesehatan murni maupun asuransi kesehatan unit link memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan ini wajib kita pahami sebelum memutuskan untuk bergabung dengan salah satu produk asuransi tersebut.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Murni. Periode polis atau jaminan hanya berlaku 1 tahun kemudian diperpanjang tahun berikutnya. Dengan demikian kita punya kebebasan apakah ingin memperpanjang tahun berikutnya atau berhenti dan beralih ke produk asuransi kesehatan lain. Biaya premi lebih rendah dibanding asuransi kesehatan unit link karena murni hanya membayar dana asuransi dan tidak termasuk unsur saving atau tabungan yang menyertainya.

Kekurangan Asuransi Kesehatan Murni. Disebabkan periode polis yang sifatnya hanya tahunan, pihak perusahaan asuransi juga memiliki hak untuk tidak memperpanjang polis kesehatan asuransi. Faktor yang menjadi alasan biasanya pihak tertanggung secara tiba-tiba menderita penyakit akut berkepanjangan yang beresiko tinggi. Bisa saja polis tidak disetujui untuk diperpanjang oleh perusahaan asuransi, atau paling tidak jumlah premi yang harus dibayarkan akan naik untuk periode polis tahun berikutnya.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Unit Link. Progam asuransi kesehatan ini umumnya bersifat jangka panjang, atau sejalan dengan perlindungan asuransi jiwa pada produk ini. Karena investasi sifatnya sebagai tambahan (rider), keuntungannya sangat terasa ketika tertanggung sudah tidak lagi mendapat asuransi kesehatan dari perusahaan tempat bekerja jika sudah pensiun.

Asuransi Kesehatan Unit LinkIntinya perlindungan asuransi kesehatan dalam produk unit link ini masih terus berjalan. Jadi dengan asuransi kesehatan unit link maka tertanggung bisa memperoleh proteksi kesehatan jangka panjang selain juga berinvestasi untuk masa tua.

Kekurangan Asuransi Kesehatan Unit Link. Untuk asuransi kesehatan unit link premi yang harus dibayar lebih besar dibanding asuransi kesehatan murni (konvensional). Premi yang dibayarkan akan terus berjalan dan diperpanjang otomatis. Mengapa bisa demikian? Karena sistem jaminan ini melekat sebagai jaminan tambahan atau rider dari polis asuransi inti atau asuransi jiwa.

Nah, demikian plus minus asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link. Pertimbangkan baik-baik sebelum memilih salah satunya. Perhatikan premi yang harus dibayarkan dan yang paling penting pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

asuransi kesehatan murni -keuntungan dan kerugian asuransi kesehatan -https://carainvestasibisnis com/asuransi-kesehatan-murni/ -kelemahan asuransi kes -asuransi murni kesehatan -asuransi kesehatan murni dari prudential -Asuransi kesehatan prudensial murni -asurnasi keluarga murni allianz -asuransi kesehatan murni tanpa investasi -Kekurangan dan kelebihan asuransi kese -

Tags: asuransi kesehatan murni asuransi kesehatan murni 2016 asuransi kesehatan murni manulife asuransi kesehatan murni prudential asuransi kesehatan murni terbagus asuransi kesehatan murni terbaik

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Plus Minus Asuransi Kesehatan Murni Yang Perlu Diketahui"

    6 Produk Asuransi Kesehatan Perorangan Terbaik dan Manfaatnya
    Asuransi Kesehatan Perorangan – Bagi yang belum
    Asuransi Jiwa Allianz vs Prudential: Mana yang Lebih Bagus?
    Asuransi jiwa Allianz vs prudential – Masyarakat
    Produk Asuransi Jiwa Manulife dan Kelebihannya
    Asuransi Jiwa Manulife – Manulife merupakan salah
    8 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
    Tips memilih asuransi pendidikan – Sebagai orang
    1. author

      asuransimurni.com1 tahun agoBalas

      Pertimbangan lainnya ialah pastikan produk asuransi murni anda memastikan guaranteed renewable, yang artinya selalu bisa diperpanjang. Dengan demikian anda dapat memperpanjang manfaat perlindungan sesuai yang diinginkan.

    Tinggalkan Balasan