Peluang Usaha Peternakan: Usaha Ternak Sapi

Usaha Ternak Sapi – Kebutuhan akan daging sapi potong terus meningkat terutama menjelang hari raya seperti lebaran dan Idul Adha. Tentu saja ini merupakan salah satu peluang usaha yang dapat Anda manfaatkan.

Usaha ternak sapi merupakan salah satu jenis usaha yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang ekstra. Hal ini wajar saja karena usaha yang berhubungan dengan makhluk hidup memang harus dilakukan dengan tingkat kesabaran khusus agar hasilnya nanti dapat maksimal.

Usaha ternak sapi memang tergolong salah satu usaha dengan modal besar karena mengingat harga satu sapinya sendiri sudah puluhan juta rupiah. Selain itu ketika mulai berternak juga harus memperhatikan hal tertentu seperti perawatan ternak, pembuangan kotoran sapi, sampai masa waktu panen tiba.

Baca juga: Ide Peluang Usaha 2016 Tanpa Modal Besar

Walaupun demikian, beberapa orang menganggap bahwa usaha ternak sapi merupakan peluang usaha peternakan yang menggiurkan dan merupakan investasi jangka panjang yang besar karena harga jualnya yang terhitung sangat tinggi. Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini tidak ada salahnya untuk belajar banyak tentang perilaku sapi dan cara merawatnya dengan benar.

Baca juga: Peluang Bisnis Menguntungkan di Tahun 2016

Peluang Usaha Ternak Sapi Potong

Usaha Ternak Sapi Potong

Usaha Ternak Sapi Potong

Beberapa orang pasti akan bertanya bagaimana cara memulai usaha sapi yang menggiurkan tersebut.

Cara memulai usaha ternak sapi yang paling banyak dipilih adalah teknik penggemukan / pembesaran saja. Pada cara ini, Anda membeli beberapa anak sapi yang kemudian dirawat antara 3-5 bulan agar mendapatkan sapi siap panen untuk pasar daging sapi potong.

Cara usaha ternak sapi potong ini dipilih karena menurut perhitungan lebih menggiurkan mengingat usaha sapi tidak banyak yang melakukannya, lebih cepat panen, dan risiko lebih kecil dibanding usaha pembibitan. Pada jenis usaha ini, sapi potong akan menjadi bahan konsumsi setiap hari dimana sudah ada pengepulnya masing-masing yang akan menerima daging sapi tersebut.

Prospek usaha ternak sapi potong dalam jangka panjang memang sangat menggiurkan. Anda pun tak perlu pusing mencari konsumen karena permintaan daging sapi ini jauh lebih besar dari pasokan yang tersedia.

Bila Anda memiliki modal terbatas & tak memiliki kemampuan untuk merawatnya, Anda dapat memulainya dari 1-2 sapi dulu yang dapat Anda titipkan di petani / peternak kenalan Anda yang dapat dipercaya.

Jenis Ternak Sapi

Memilih jenis sapi yang akan diternak merupakan langkah awal dari usaha ternak sapi potong. Ada beberapa jenis sapi yang dapat diternak, jenis sapi ini dibedakan bergantung dari ras masing daerah yang memproduksinya. Ada sapi Bali, sapi Ongole, sapi Brahman, sapi Madura, dan sapi Limousin.

Beberapa jenis sapi tersebut memiliki ciri-ciri, keunggulan dan kekurangannya sendiri yang akan membedakan antara sapi satu dengan sapi lainnya. Misalkan pada sapi Bali akan memiliki ciri-ciri berwarna agak kemerahan dengan warna putih pada bagian kaki dan lutut bawah, ditambah lagi terdapat punggung dengan garis warna hitam, pada jenis sapi ini mampu beradaptasi dengan lingkungan baru secara cepat.

Pelaksanaan dan Perencanaan

kandang Usaha Ternak Sapi Potong

kandang Usaha Ternak Sapi Potong

Pada usaha ternak sapi ini memang membutuhkan pelaksanaan dan perencanaan yang matang dari bentuk kandang, ukuran kandang, pakan, dan perawatan lainnya. Hal ini akan membuat hasil panen nantinya sangat maksimal. Banyak pengusaha ternak yang sukses karena memiliki tatanan dan pelaksanaan yang sangat baik. Hal ini akan mendukung habitat pada sapi agar tidak terganggu. Tidak hanya itu saja karena pada pengelolaan kotoran sapi dan sampah yang dihasilkan harus diolah secara teliti agar tidak mencemari lingkungan atau membuat orang lain merasa terganggu. Beberapa kandang sapi sengaja dibuat di tengah sawah karena selain pupuknya berguna juga menghindari lalu lalang banyak orang yang bisa membuat sapi menjadi stress.

Dari beberapa cara tersebut memang bisa membantu Anda dalam menghasilkan ternak yang berkualitas. Tentunya modal utama dalam usaha ternak ini adalah kesabaran dan keyakinan akan hasil yang sesuai. Beberapa orang lebih memilih usaha ini karena dalam jangka panjang sangat menguntungkan maka dari itu Anda pun tak ada salahnya mencoba usaha ternak sapi ini.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi sapi -modal usaha ternak sapi -usaha ternak sapi -bisnis ternak sapi -cara beternak sapi bagi pemula -ternak sapi modal kecil -ternak sapi -bisnis ternak sapi bagi pemula -peternakan sapi -peluang usaha ternak -

Tags: bagaimana usaha ternak sapi peluang usaha ternak sapi usaha ternak sapi usaha ternak sapi bagi pemula usaha ternak sapi bali usaha ternak sapi potong

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Peluang Usaha Peternakan: Usaha Ternak Sapi"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    1. author

      aziz masturi4 bulan agoBalas

      Seandainya ada pemodal yg mau bagi hasil.saya siap menjalankan usaha ternak sapi .kebetulan di tmpat saya belum ada.jadi mungkin ini bisa jadi awal yg baik.

      • author

        Ani Kustini4 bulan agoBalas

        Mau buka usaha ternak sapi dimana nih mas Aziz? Mungkin nanti ada pembaca situs ini yg berasal dari daerah yg sama bisa bekerja sama dgn Anda 😉
        Semoga niatan mas Aziz dapat segera terwujud & dilancarkan. Aamiin ..

    Tinggalkan Balasan