4 Tabungan Pendidikan Anak Terbaik untuk Masa Depan Anak

Selain tabungan pribadi, mempersiapkan tabungan pendidikan anak rupanya tak kalah penting untuk dilakukan khususnya bagi para orang tua. Karena biaya sekolah sangat beragam dan tak murah, sebut saja iuran bulanan, biaya buku, seragam, karyawisata, hingga uang saku harian yang perlu Anda keluarkan tentu tak murah. Tak sedikit para orang tua yang mempersiapkan biaya pendidikan sang buah hati melalui metode tabungan pendidikan karena dinilai mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Salah satu keuntungannya adalah suku bunga yang ditawarkan tinggi, selain itu tak jarang pula bank yang memberikan gratis asurasi jiwa. Lalu apa saja rekomendasi tabungan pendidikan bagi buah hati Anda?

1. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Bank pertama yang menawarkan tabungan pendidikan anak adalah Bank CIMB Niaga.Bank ini menawarkan suku bunga yang cukup tinggi, yakni 5% per tahunnya. Tak hanya itu, bahkan CIMB Niaga juga memberikan free asuransi dengan nominal jaminan hingga Rp 160 juta. Tanggal jatuh tempo tabungan juga sesuai dengan keinginan nasabah, sehingga Anda bebas menentukan tanggal jatuh tempo tabungan. Nominal setoran per bulan mulai dari Rp 100 ribu, dan dana Anda akan langsung di autodebet. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga cocok digunakan sebagai biaya pendidikan di masa depan.

Jika Anda tertarik, berikut syarat-syarat membuka Tabungan Pendidikan CIMB Niaga :

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Mempersiapkan fotokopi KTP
  • Mengisi formulir pembukaan rekening
  • Memiliki tabungan CIMB Niaga sebagai rekening sumber dana

2. BNI Tapenas

BNI Tapenas atau Tabungan Perencanaan Masa Depan adalah simpanan berjangka guna membantu perencanaan keuangan demi mewujudkan tujuan di masa depan, tak terkecuali biaya pendidikan anak. BNI menawarkan tabungan pendidikan dengan opsi dua mata uang, Rupiah dan Dolar. Suku bunganya juga tergolong tinggi, yakni 4% per bulan untuk Rupiah, dan 0,50% untuk Dolar. Selain itu, bank BNI juga memberikan manfaat asuransi bebas premi. Tabungan ini termasuk tabungan berjangka, dengan jangka waktu menabung 2 hingga 18 tahun. Biaya administrasi per tahunnya hanya Rp 18 ribu atau US$ 3. Setoran per bulannya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 5 juta (kelipatan Rp 50 ribu) atau US$ 20 hingga US$ 500 (kelipatan US$ 10). Anda juga dapat bebas menambahkan dana diluar setoran bulanan.

Jika Anda tertarik, berikut syarat-syarat membuka BNI Tapenas :

  • Warga Negara Indonesia atau WNI dengan usia minimal 17 tahun atau 65 tahun saat masa jatuh tempo
  • Membawa identitas diri seperti KTP / Paspor / SIM
  • Mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas
  • Memiliki rekening afiliasi, yaitu BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perseorangan atau BNI Giro Perorangan untuk tabungan dalam Rupiah. BNI Dolar atau BNI Giro USD Perseorangan untuk tabungan dalam Dolar.

3. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan pendidikan anak terbaik selanjutnya adalah Tabungan Rencana Bank Mandiri. Suku bunga tabungan ini bergantung pada lama jangka waktu menabung, dengan bunga maksimal sebesar 3% per tahunnya. Bank Mandiri juga menawarkan berbagai keuntungan seperti gratis biaya administrasi, dan juga tabungan tersedia dalam valuta Rupiah atau Dolar. Anda diberikan kebebasan dalam menentukan dan juga mengubah setoran bulanan, minimal RP 100 ribu atau US$ 10 per bulannya. Selain itu Anda juga diberikan perlindungan asuransi free hingga RP 5 juta atau US$ 500 per bulannya. Jangka waktu menabung mulai dari 1 hingga 20 tahun.

Jika Anda tertarik, berikut syarat-syarat membuka Tabungan Rencana Bank Mandiri :

  • Berusia minimal 18 tahun dan 70 tahun pada saat masa jatuh tempo
  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana, surat kuasa pendebetan otomatis, dan juga pernyataan kesehatan
  • Memiliki rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro sebagai sumber dana

4. BritAma Rencana

BritAma Rencana juga dapat Anda gunakan untuk mempersiapkan tabungan pendidikan sang buah hati. Suku bunga yang ditawarkan sebesar 3,25% dan bebas biaya administrasi. Selain itu BRI juga menawarkan manfaat asuransi jiwa hingga Rp 1 milyar, dengan jangka waktu menabung mulai dari 1 hingga 20 tahun. Setoran per bulannya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 5 juta (kelipatan Rp 50 ribu) dan Anda bebas menambahkan dana diluar setoran bulanan. Tabungan BritAma Rencana ini juga dapat bebas Anda cairkan kapan saja tanpa dipungut biaya. Tak hanya itu, untuk mengajukaan tabungan di BritAma Rencana, Anda tak perlu melakukan medical check-up.

Jika Anda tertarik, berikut syarat-syarat membuka BritAma Rencana :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) atau warga negara asing (WNA) berusia minimum 17 tahun dan maksimum 64 tahun
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Membawa identitas diri seperti KTP untuk WNI, Paspor dan KITAP / KIMS / KITAS untuk WNA

Demikianlah 4 tabungan pendidikan anak terbaik bagi Anda para orang tua yang ingin mempersiapkan dana pendidikan bagi sang buah hati. Namun sebelum Anda memutuskan, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu mengenai produk perbankan dan juga asuransi pendidikan. Selain itu, pilih bank yang banyak menawarkan kemudahan dan keuntungan. Yang tak kalah penting adalah menyesuaikan tak hanya dengan kebutuhan namun juga kemampuan Anda untuk menabung.

 

Загрузка...

Tags: daftar Tabungan pendidikan anak terbaik Tabungan pendidikan anak terbaik tabungan pendidikan anak terbaik 2020

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar