Implementasikan 5 Tips Bebas dari Hutang di Usia Senja

Tips bebas dari hutang di usia senja – Tanggungan hutang tentu menjadi sebuah beban yang ingin segera diselesaikan. Tak dapat dipungkiri, hampir semua orang pernah berada dalam kondisi membutuhkan dana mendesak sehingga terpaksa berhutang ke bank maupun kepada teman.  Kewajiban Anda setelah itu adalah membayar hutang tersebut. Namun tak jarang banyak orang yang lantas kebingungan memikirkan bagaimana cara melunasi hutang-hutangnya tersebut, sehingga terpaksa mereka kembali meminjam uang dari orang yang berbeda untuk melunasi hutang-hutangnya yang pertama. Hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan buruk karena Anda tak akan bisa lepas dari lingkaran hutang. Terlebih jika kebiasaan buruk ini terus berlanjut hingga masa tua, tentu Anda tak ingin terlilit hutang di usia senja bukan? Lalu bagaimana cara agar bisa merdeka dari hutang? Simak tips ampuhnya dibawah ini!

1.      Cermat Dalam Membelanjakan Uang

Anda sedang dalam kondisi berhutang sana sini, namun pengeluaran Anda terus membengkak sehingga terjadilah krisis finansial yang berdampak pada keterlambatan membayar hutang-hutang Anda. Padahal jika dilihat dari segi prioritas, seharusnya membayar hutang masuk dalam daftar keperluan nomor satu yang harus dibayarkan. Daripada hanya memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tidak begitu penting, sebut saja berbelanja pakaian atau membeli barang-barang lain yang tidak begitu mendesak, lebih baik uang tersebut digunakan untuk membayar hutang bukan? Misalkan saja Anda pergi berjalan-jalan di mall dan melihat sepatu bagus seharga Rp 300.000. Anda pun tergiur dan memutuskan untuk membelinya. Padahal, uang Rp 300.000 tersebut dapat digunakan untuk membayar cicilan hutang, sehingga hutang Anda bisa segera lunas dalam waktu cepat.

2.      Buat Daftar Prioritas

Pengeluaran

Tips bebas dari hutang di usia senja tentu harus Anda lakukan sedari dini, sehingga nantinya di usia senja Anda sudah benar-benar merdeka terbebas dari lilitan hutang. Untuk itu agar pengeluaran Anda jelas mengarah kemana, Anda bisa membuat daftar prioritas yang berisi daftar hutang maupun kebutuhan penting yang harus Anda bayarkan atau Anda beli. Namun ada baiknya Anda menempatkan hutang-hutang Anda di posisi teratas, terlebih hutang-hutang yang memiliki bunga tinggi. Jika hutang dengan bunga tinggi sudah Anda bayarkan, Anda tinggal membayar hutang-hutang serta kebutuhan yang lain. Daftar prioritas ini sekaligus menjadi pengingat bagi Anda, agar Anda tidak lupa untuk membayar cicilan hutang.

3.      Cari Penghasilan Tambahan

Cara selanjutnya agar hutang-hutang Anda dapat segera lunas adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Jika dihitung dari jumlah gaji bulanan Anda yang pas-pasan dan ternyata hanya cukup untuk membayar hutang-hutang saja, tentu Anda tidak akan bisa menabung atau memenuhi kebutuhan lainnya. Solusinya, Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan kerja paruh waktu atau part time, bekerja freelance, hingga berwirausaha. Sebenarnya terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan, semua bergantung pada niat Anda mau atau tidak untuk menjalaninya. Namun demi masa depan yang merdeka dari hutang, mengapa Anda tidak mencobanya?

4.      Lakukan Evaluasi Pengeluaran dan Pemasukan

Melakukan evaluasi bulanan merupakan salah satu tips bebas dari hutang di usia senja selanjutnya. Anda perlu untuk melakukan evaluasi pengeluaran serta pemasukan bulanan Anda, dengan tujuan untuk melihat apakah pengeluaran sebanding dengan pemasukan, atau malah lebih besar. Hal sekecil apapun jangan sampai ada yang terlewat untuk Anda masukkan ke dalam rincian pengeluaran dan pemasukan, meskipun hanya pengeluaran untuk membeli bensin, makan di rumah makan, membeli kebutuhan di warung, atau yang lainnya. Segala macam pengeluaran tak boleh luput untuk Anda cantumkan. Jika Anda sudah menjumlah seluruh pengeluaran dan juga pemasukan, perhatikan apakah angka pengeluaran lebih besar atau lebih kecil dari angka pemasukan? Setelah Anda memiliki daftar lengkap mengenai rincian pengeluaran bulanan, nantinya di bulan-bulan selanjutnya Anda bisa menyingkirkan pengeluaran yang tidak perlu. Sehingga uang untuk membayar hutang tetap aman atau malah ada lebihnya.

5.      Jangan Tunda Membayar Cicilan

Sesaat setelah Anda menerima gaji bulanan, segera sisihkan uang Anda sesuai dengan besar hutang yang harus dilunasi setiap bulannya. Karena jika tidak, Anda harus menanggung risiko jika uang Anda habis sebelum hutang terbayarkan. Untuk itu sebelum Anda tergiur menggunakan uang untuk membeli barang yang tak perlu, ada baiknya untuk segera menyisihkan uang untuk cicilan hutang.

Selain itu, jangan pernah untuk menunda pembayaran cicilan hutang karena akibat yang ditimbulkan cukup fatal. Jika Anda menunda pembayaran dan berakibat pada keterlambatan pembayaran, berarti Anda juga harus membayar denda sesuai dengan lama waktu keterlambatan. Terlebih lagi nominal denda yang harus dibayarkan umumnya tak sedikit, semakin lama maka semakin banyak pula denda yang harus Anda bayarkan. Tentu Anda tak mau bukan membayar lebih hanya karena keterlambatan? Untuk itu jangan sampai Anda terlambat melakukan pembayaran cicilan hutang.

Demikianlah tips bebas dari hutang di usia senja. Yuk coba lakukan dari sekarang agar nantinya Anda bisa terbebas dari hutang-hutang di usia tua.

 

Загрузка...

Tags: bebas dari hutang di usia senja cara bebas dari hutang di usia senja tips bebas dari hutang di usia senja

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar