4 Jurusan Kuliah yang Benar-Benar Dibutuhkan Di Era 4.0 Agar Tidak Menganggur

Jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di era 4.0 agar tidak menganggur – Saat ini sudah memasuki era 4.0 yang mana tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bahkan di seluruh dunia. Era 4.0 merupakan era keempat dan menjadi revolusi karena berbagai macam perubahan di era ini memberikan efek besar pada perekonomian dan kualitas kehidupan secara signifikan. Era 4.0 sendiri merupakan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin namun masih menggunakan tenaga manusia saat pengaplikasiannya.

Hal tersebut sangat vital bagi industri dan juga perusahaan bisnis dimana dengan manusia yang menjadi operator mesin efisiensi waktu, penghematan tenaga kerja dan juga biaya bisa tercapai. Perubahan di era 4.0 menjadi tantangan bagi orang tua maupun remaja yang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah untuk mengambil jurusan yang benar-benar tepat.  Berikut ini adalah daftar jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di era 4.0 agar tidak menganggur di masa depan:

Teknik Informasi/Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di era 4.0 agar tidak menganggur yang pertama adalah teknik informasi. Hal ini bukan tanpa alasan karena jurusan ini berhubungan dengan  teknologi informasi yang banyak dibutuhkan di era 4.0. Hampir semua sistem di era 4.0 ini membutuhkan perancangan dan pemrograman orang-orang teknik informasi.

Teknik informasi ini juga memiliki bidang dan konsentrasi yang luas, dimana dengan skill dan pengetahuan yang dimilikinya juga bisa bekerja sebagai analisis kebijakan data dimana data ini menjadi asset yang penting dalam bisnis. Permintaan intelijen dan juga analisis kebijakan data ini telah naik sebesar 21,4 persen dan jumlah tersebut masih jauh dari jumlah tenaga yang ada. Lulusan jurusan teknik informasi ini juga mampu bekerja sebagai keamanan cyber yang saat ini masih banyak dibutuhkan. Tidak hanya di Indonesia, jika skillnya bagus bisa mengembangkan karier sampai ke luar negeri.

Di tahun 2020 ini sendiri banyak permintaan untuk para profesional ICT yang mana diperkirakan akan terus meningkat sampai dengan 26,5 persen. Banyak universitas yang saat ini memberikan perhatian khusus di bidang ini baik jenjang sarjana maupun pascasarjana dimana konsentrasi bidangnya adalah keamanan jaringan dan juga cyber efektif untuk bidang komersial, aplikasi pribadi, maupun untuk industri. Oleh sebab itu memiliki gelar sarjana teknologi informasi atau memiliki background pendidikan dalam bidang ini menjadi modal untuk bisa menghadapi era 4.0.

Matematika dan Statistika

Jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di era 4.0 agar tidak menganggur selanjutnya adalah matematika dan statistika. Jurusan ini cocok bagi Anda yang lebih antusias melihat angka dibandingkan dengan kata-kata. Hampir semua perusahaan membutuhkan jurusan matematika dan statistika bahkan di era 4.0 ini lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan.

Peluang bisnis yang didapatkan dari jurusan ini pun beragam salah satunya adalah menjadi data analyst. Analis data yang sangat teliti dan cermat dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar. Yang sedang tren saat ini adalah menjadi analisis big data atau menjadi big data spesialis. Jika memang Anda menyukai hal yang berhubungan dengan data maka pekerjaan ini akan sangat cocok untuk Anda.

Peluang pekerjaan bagi lulusan matematika dan statistika adalah ahli kecerdasan buatan atau AI dimana orang yang ahli dalam bidang ini memiliki latar belakang pendidikan matematika dan statistika. Tidak hanya itu saja peluang karier dari lulusan jurusan ini adalah spesialis mesin.

Sistem Informasi

Lulusan jurusan satu ini sangat dibutuhkan di era 4.0.  Tidak perlu menunggu sampai era 4.0, saat ini pun sudah banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan sistem informasi. Dengan mengambil kuliah di jurusan sistem informasi ini Anda bisa mengambil minat atau spesifikasi  software engineering dan juga business intelligence, tidak hanya perusahaan besar saja yang membutuhkannya namun juga perusahaan kecil.

Lulusan sistem informasi ini juga di bidang UI atau UX desainer, dengan kemampuan tersebut tidak menutup kemungkinan Anda bisa bekerja secara remote atau bekerja secara freelance. Tidak ada salahnya Anda juga mencoba peluang sebagai Android ataupun iOS developer karena penggunaan aplikasi yang cukup tinggi.

Bisnis/Enterpreneurship

Jurusan bisnis ada kaitannya dengan ekonomi dan memiliki banyak peluang karier. Saat ini pertumbuhan bisnis semakin tinggi bahkan generasi muda pun berbondong-bondong untuk menggeluti bisnis untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya maupun kesejahteraan hidup masyarakat.  Sehabis kuliah Anda bisa bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang manajemen, dengan pengetahuan yang didapatkan sehabis kuliah pekerjaan Anda akan terasa lebih mudah.

Baca juga : 6 Daftar Peluang Usaha 2020 bagi Pekerja Swasta Paling Potensial

Peluang pekerjaan lainnya adalah di bidang bisnis digital. Perkembangan teknologi saat ini mendorong pengusaha Indonesia untuk bisa memperluas bisnisnya di dunia maya sehingga dengan pengetahuan yang Anda miliki bisa membantu pengusaha tersebut mengembangkan bisnisnya secara digital dengan membuka jasa konsultasi bisnis digital dan memberikan jasa-jasa yang berhubungan dengan bisnis digital lainnya.

Demikianlah daftar jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di era 4.0 agar tidak menganggur yang bisa Anda pilih, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di era 4.0 Jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di era 4.0 agar tidak menganggur

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar