Cara Menjadi Broker Saham Terbaik, Profesi Dengan Penghasilan Wah!

ads

Cara Menjadi Broker Saham – Salah satu profesi yang mungkin jarang dikenal masyarkat Indonesia pada umumnya adalah menjadi pialang saham / broker saham. Seorang broker saham terbaik yang sudah dipercaya dapat dibilang sebuah profesi yang menggiurkan. Pasalnya, profesi ini mampu mengantongi puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya loh.

Profesi ini mulai dikenal sejak investasi saham mulai dilirik sebagai salah satu produk investasi yang menguntungkan. Berhubung seseorang tidak diperkenankan membuka rekening saham langsung di Bursa Efek Jakarta, maka para investor memerlukan broker saham terpercaya sebagai perantara untuk pembelian dan penjualan saham tsb.

Baca juga: Cara Menabung Saham di Bursa Efek Indonesia

Hmm .. penasaran? Atau tertarik? Atau malah bingung dengan profesi ini? Nah untuk menambah wawasan Anda, sebaiknya ketahui dulu apa itu pialang saham / broker saham? Lalu bagaimana cara menjadi broker saham terbaik dan terpercaya tsb? Yuk ikuti pembahasan berikut ini …

cara menjadi broker saham terbaik

Cara Menjadi Broker Saham Terpercaya (image: howtobecome.com)

Sponsor

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Manajer Investasi Terbaik Untuk Reksadana Anda?

Pengertian Pialang Saham / Broker Saham

Pialang saham atau sering juga disebut sebagai broker saham adalah orang yang memiliki lisensi / ijin untuk melakukan transaksi jual beli saham di Bursa Efek dan menjadi perantara antara investor dan perusahaan penjual saham. Istilah broker saham dikenal juga sebagai WPPE yaitu wakil perantara pedagang efek atau wakil perusahaan efek.

Seorang broker saham biasanya bekerja pada perusahaan sekuritas atau lembaga yang menjalankan usaha jual beli saham / efek dimana perusahaan tsb terdaftar sebagai anggota dan tercantum dalam daftar pialang saham di bursa efek.

Dalam menjalankan tugasnya, agar menjadi broker saham terpercaya, seorang pialang saham harus mengikuti aturan main dan etika yang telah ditetapkan bursa efek.

Menjadi broker saham di Indonesia merupakan salah satu profesi yang menarik. Seorang broker saham dapat membantu investor yang tak mengerti cara investasi saham untuk memiliki saham, membantu para trader untuk bermain saham, atau membantu para investor yang tak memiliki waktu untuk transaksi jual beli saham tsb.

Apa Saja Tugas Pialang Saham / Broker Saham?

Sesuai dengan pengertian pialang saham di atas, maka tugas utama broker saham adalah sbb:

  • Sebagai perantara dalam transaksi jual beli saham antara perusahaan dengan pembeli saham (investor).
  • Memberikan rekomendasi kepada investor kapan saat yang tepat untuk membeli maupun menjaual sahamnya. Untuk menjadi broker saham terbaik dan terpercaya, maka rekomendasi yang diberikan harus berdasarkan analisa terbaik yang meliputi analisa pasar, reputasi perusahaan pemilik saham, analisa ekonomi, dan informasi penting lainnya terkait saham di pasar atau bursa efek.

Jenis-Jenis Pialang Saham

Berdasarkan layanannya, ada 3 jenis pialang / broker saham yang perlu diketahui, yaitu:

  • Full service broker adalah pialang saham yang hanya memberikan jasa berupa saran untuk investasi maupun strategi yang tepat dan cocok bagi perusahaan investor.
  • Discount broker yakni pialang saham yang memberikan dua layanan jasa meliputi saran investasi / strategi investasi dan pemeliharaan rekening. Disamping itu, broker saham jenis ini juga biasanya memberikan jasa untuk menentukan keputusan membeli maupun menjual saham.
  • Deep discount broker merupakan pialang saham yang hanya memberikan pelayanan untuk pemeliharaan rekening saja selain memberikan keputusan menjual atau membeli saham tertentu.

Baca juga: Cara Investasi Saham Syariah dan Apa Bedanya Dengan Saham Konvensional

Cara Menjadi Broker Saham Terbaik dan Terpercaya

Anda sudah mengerti apa itu broker saham / WPPE serta tugas / fungsinya dalam investasi saham. Sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara menjadi broker saham profesional, broker saham terbaik, ataupun broker saham terpercaya.

Untuk menjadi broker saham profesional maka Anda dituntuk untuk memiliki pengetahuan mengenai aturan main pasar modal / bursa efek, kode etik pasar modal / bursa efek, cara menganalisa laporan keuangan, dll.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tahapan / cara menjadi broker saham Indonesia, yaitu:

  • Mengikuti Pelatihan dari LPKPM – Mendapatkan sertifikat keahlian dari LPKPM (Lembaga Pendidikan Khusus di bidang Pasar Modal) merupakan salah satu  persyaratan untuk mendapatkan ijin dari Bapepam Lk dan merupakan cara menjadi broker saham / wakil perusahaan efek. LPKPM inipun harus diakui oleh Bapepam dan LK.
  • Mendaftarkan Ijin WPPE di Bapepam – Setelah mendapatkan sertifikat keahlian atau sertifikat profesi dari LPKPM, maka cara menjadi broker saham selanjutnya adalah mendapatkan ijin wakil perusahaan efek dari Bapepam.
  • Mendaftar di Perusahaan Sekuritas – Setelah Anda mendapatkan ijin sebagai wakil perusahaan efek dari Bapepam, maka sekarang saatnya Anda melakukan pendaftaran di website resmi perusaahan sekuritas / manajer investasi. Setiap perusahaan sekuritas tentunya memiliki aturan main sendiri. Setelah pendaftaran, Anda pun diwajibkan untuk mengisi saldo. Besarnya saldo tergantung dari ketentuan perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Selain itu Anda pun diminta untuk memilih jenis pelayanan fasilitas dan komisi.

Itulah 3 cara menjadi broker saham / wakil perusahaan efek yang perlu Anda ketahui. Bila Anda ingin jadi broker saham online atau pialang saham online, pastikan Anda mendaftar di perusahaan sekuritas yang memiliki fasilitas sistem online trading. Untuk lebih lengkapnya mengenai tata cara pendaftaran wakil perusahaan efek silahkan baca http://www.ojk.go.id/Files/regulasi/pasar-modal/bapepam-pm/pe-wpe-pi-rd/wakil-pe/V.B.1.pdf dan http://www.ojk.go.id/Files/regulasi/pasar-modal/bapepam-pm/pe-wpe-pi-rd/wakil-pe/V.B.5.pdf.

ads

Untuk menjadi broker saham terbaik atau broker saham terpercaya diperlukan integritas dan kejujuran. Anda pun dituntut untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku bukan hanya mengejar keuntungan semata. Semoga cara jadi broker saham Indonesia di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara menjadi broker saham -cara menjadi pialang saham -pialang saham -cara jadi pialang saham -menjadi pialang saham -profesi pialang saham -broker saham terbaik -cara menjadi broker saham yang handal -tugas broker saham -cara menjadi pialang saham sukses -

Tags: Broker Saham Pialang Saham

Posting Terkait "Cara Menjadi Broker Saham Terbaik, Profesi Dengan Penghasilan Wah!"

5 Cara Main Bitcoin Supaya Profit Tinggi
Bagi pemula tentu bingung bagaimana cara main
Pegadaian Syariah vs Pegadaian Konvensional: Mana yang Lebih Bagus?
Pegadaian syariah vs Pegadaian Konvensional – Tidak
Pegadaian Syariah: Solusi Dana Cepat Sesuai Syariah Islam
Selain ada pegadaian berbasis konvensional, kini ada

Tinggalkan pesan "Cara Menjadi Broker Saham Terbaik, Profesi Dengan Penghasilan Wah!"