5 Cara Mendapatkan Banyak Investor Bisnis bagi Pemula

Investor merupakan seseorang yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dengan memberikan bantuan dana. Berkat adanya dana bantuan tersebut, pebisnis yang tadinya kekurangan dana bisa memperoleh tambahan dana dengan mudah. Namun sayangnya tidak semua pebisnis bisa beruntung mendapatkan investor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, coba ikuti cara mendapatkan banyak investor bisnis yang akan kami bagikan berikut. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda memahami lebih jauh mengenai jenis investor dalam bisnis.

Ads

Jenis investor

cara mendapatkan banyak investor bisnis

cara mendapatkan banyak investor bisnis

Sponsor

Investor sebagai orang yang seringkali membantu para wirausahawan untuk mendapatkan modal tambahan sebenarnya bisa dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama adalah investor berpengalaman. Investor yang satu ini biasanya tidak hanya akan memberikan sejumlah dana guna perkembangan sebuah bisnis, tetapi juga ikut serta dalam pengelolaan bisnis. Mendapatkan investor yang demikian tentunya bisa sangat menguntungkan Anda. Karenanya cobalah untuk bisa menggaet investor jenis ini ke dalam bisnis Anda agar bisnis bisa semakin berkembang kearah yang positif.

Mendapatkan kucuran dana segar dari seorang investor berpengalaman memang akan sangat menguntungkan. Namun tidak mudah untuk mendapatkannya. Nah jika bisnis Anda tak kunjung dilirik oleh investor berpengalam, cobalah turunkan standar Anda. Dengan kata lain jangan hanya fokus untuk mendapatkan investor yang berpengalaman. Fokuslah pada upaya pencarian dana tambahan. Jika memang investor yang berpengalaman sulit didapat, tak ada salahnya mencari investor amatiran.

Berbeda halnya dengan investor yang sudah berpengalaman, investor amatiran biasanya hanya akan memberikan dana pada Anda tanpa mau ikut campur masalah pengelolaan bisnis. Hal ini bisa jadi salah satu kelebihan mendapatkan bantuan dari investor amatir, karena Anda bisa lebih leluasa dalam menjalankan bisnis. Namun mereka biasanya tidak mau tahu ketika bisnis mengalami keterpurukan atau tidak berjalan sebagaimana mestinya. Mereka tetap akan menuntut pengembalian dana yang telah mereka berikan. Dengan kata lain, mereka menuntut bisnis harus berhasil.

Dengan mengetahui kedua jenis investor tersebut, Anda diharapkan tidak asal menerima kucuran dana dari investor. Kenali investor yang akan memberikan bantuan dana untuk bisnis Anda. Investor berpengalaman bisa jadi pertimbangan Anda, karena mereka juga bisa Anda andalkan untuk ikut mengelola bisnis. Namun jika Anda lebih menyukai tipe investor yang amatiran, pastikan bisnis bisa berjalan mulus agar Anda tidak kelimpungan saat akan mengembalikan dana yang diberikan investor.

Apapun tipe investor yang nantinya Anda pilih, ketahuilah bahwasanya memperoleh bantuan dana dari mereka sebenarnya tidaklah mudah. Agar Anda bisa lebih mudah mendapatkan kucuran dari para investor, beberapa cara mendapatkan banyak investor bisnis diharapkan bisa membantu Anda.

Buat portofolio bisnis yang menarik

cara mendapatkan banyak investor bisnis

cara mendapatkan banyak investor bisnis

Salah satu cara mendapatkan banyak investor bisnis adalah dengan membuat portofolio bisnis semenarik mungkin. Dengan portofolio bisnis yang menarik, investor tentunya akan lebih mudah memahami bisnis Anda. Hal ini akan memperbesar kemungkinan mereka untuk memberikan bantuan dana. Karenanya cobalah untuk memahami bagaimana cara membuat portofolio yang baik dan benar sehingga bisnis Anda bisa dilirik banyak investor.

Ikut kompetisi

Jika membuat portofolio terlalu sulit bagi Anda, Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba cara mendapatkan banyak investor bisnis melalui kompetisi. Jadi Anda hanya perlu mengikuti kompetisi bisnis yang ada untuk mendapatkan kucuran dana sang investor. Selain bisa mendapatkan investor, mengikuti kompetisi juga bisa membuat bisnis Anda cepat dikenal. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda, karena nantinya bisa menghemat biaya pemasaran.

Bergabung dengan komunitas bisnis

Anda masih pemula dalam berbisnis? Jangan khawatir Anda akan kesulitan dalam menjalankan bisnis, karena kini banyak bermunculan komunitas bisnis. Untuk menambah wawasan bisnis Anda, cobalah untuk bergabung dengan komunitas bisnis yang ada. Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis mana saja, baik yang offline maupun yang ada di sosial media seperti Facebook dan Twitter.

cara mendapatkan banyak investor bisnis dengan sosmed

cara mendapatkan banyak investor bisnis dengan sosmed

Bergabung dengan komunitas bisnis bisa memberikan beragam manfaat untuk Anda. Salah satunya memudahkan Anda untuk mendapatkan investor bisnis. Jadi Anda tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan bisnis saja melalui sesama anggota, tetapi juga sekaligus mempromosikan bisnis Anda. Anggota lain yang tertarik tentunya bisa langsung menghubungi Anda terkait pemberian dana bantuan. Atau mereka juga bisa ikut mempromosikan bisnis Anda agar segera mendapatkan investor bisnis.

Mengadakan pameran bisnis

Jika keberadaan komunitas bisnis yang Anda ikuti belum bisa memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan investor, coba pertimbangkan untuk mengikuti pameran bisnis. Cara mendapatkan banyak investor bisnis yang satu ini cukup efektif sebagai ajang promosi bisnis Anda. Lakukan promosi dengan baik karena dengan begitu akan semakin memperbesar kemungkinan bisnis Anda jadi diminati oleh banyak investor. Hal ini mengingat akan ada banyak investor yang biasanya mendatangi pameran. Jadi manfaatkan kesempatan tersebut untuk bisa menggaet investor yang ada.

Iklan bisnis

Mendapatkan investor bisnis ternyata juga bisa diperoleh melalui iklan. Anda bisa memilih media iklan yang akan digunakan, yaitu media cetak atau media online. Keduanya sama sama efektif dalam hal mempromosikan bisnis Anda sehingga nantinya bisa dilirik investor. Hanya saja jika Anda memilih menggunakan iklan media cetak, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan agar bisnis Anda bisa tampil di salah satu halaman media tersebut. Berbeda halnya jika Anda memilih untuk menggunakan iklan media sosial. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya jika mengiklankan bisnis melalui akun sosial media pribadi. Namun cara ini seringkali dianggap kurang efektif. Apalagi jika follower atau jumlah teman Anda di media sosial belum begitu banyak.

cara mendapatkan banyak investor bisnis dengan sosmed

cara mendapatkan banyak investor bisnis dengan sosmed

Kesuksesan iklan lewat media sosial memang nantinya sangat bergantung pada banyaknya follower atau teman yang Anda miliki. Nah jika jumlah keduanya sedikit, ada cara alternatif yang bisa digunakan, yaitu dengan menyewa jasa buzzer. Buzzer ini nantinya akan mengiklankan bisnis Anda melalui akun media sosialnya. Dengan ribuan follower yang dimiliki, besar kemungkinan bisnis Anda akan jadi viral dan akhirnya bisa mendapatkan investor.

Selain melalui iklan media sosial, Anda juga bisa mempertimbangkan iklan melalui blog dan website tertentu. Beberapa pemiliki blog atau website kadangkala menyediakan space iklan untuk kepentingan tersebut. Ada yang menyediakannya secara gratis dan ada yang berbayar. Nah agar upaya Anda menyewa space iklan tidak sia sia, coba pilihlah blog atau website yang pengunjungnya banyak. Hal ini akan lebih memudahkan bisnis Anda untuk diketahui banyak orang, yang mana salah satunya bisa jadi seorang investor.

Mendapatkan tambahan modal melalui investor memang tidak selalu mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk mendapatkannya. Anda hanya perlu melakukan beberapa upaya agar harapan untuk mendapatkan investor bisnis bisa segera tercapai. Salah satunya dengan melakukan kelima cara mendapatkan banyak investor bisnis diatas. Semoga salah satunya bisa menjadi jembatan bagi Anda untuk mendapatkan investor, sehingga bisnis Anda bisa terus berkembang.

 

 

 

 

iklan

 

 

 

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara dapat investasi di sosmed -cara investor/untuk/bisnis pemula -cara mark zuckerberg mendapatkan investor -cara mendapatkan investor -cara pemula mencari investor -

Tags: bagaimana bisnis baju anak dan strategi marketingnya bagaimana cara mendapatkan banyak investor bisnis cara mendapatkan banyak investor bisnis cara mendapatkan banyak investor bisnis offline cara mendapatkan banyak investor bisnis yang banyak

Posting Terkait "5 Cara Mendapatkan Banyak Investor Bisnis bagi Pemula"

5 Tips Berbisnis Online Agar Dapat Meraup Ribuan Dollar
  Tips berbisnis online – Bisnis online
Pebisnis Muda Indonesia Dengan Omset Ratusan Juta yang Inspiratif
Pebisnis muda indonesia dengan omset ratusan juta

Tinggalkan pesan "5 Cara Mendapatkan Banyak Investor Bisnis bagi Pemula"