Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Saat Bulan Puasa, Awas Jangat Sampai Terjebak!

Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit – Sudah menjadi tradisi bangsa kita, saat bulan puasa datang, perilaku konsumtif masyarakat semakin meningkat. Perilaku inilah yang seringkali membuat harga-harga barang ikutan merangkak dan terus naik hingga lebaran tiba. Salah satu tradisi yang sering dilakukan masyarakat kita saat bulan puasa adalah mengadakan acara buka puasa bersama, baik dengan keluarga, sanak saudara, teman sekolah, teman kerja, dll.
Dilihat dari tujuannya, buka puasa bersama mampu merekatkan tali silaturahmi dan persaudaraan, tapi dari segi keuangan berapa biaya yang harus dikeluarkan, apalagi bila buka puasa tsb dilakukan di hotel mewah. Kondisi seperti ini kadang kala membuat seseorang kurang bijak menggunakan kartu kredit.
Menggunakan kartu kredit saat bulan puasa juga karena dipicu banyaknya promo seperti potongan harga di beberapa restoran yang sangat menarik mata. Kalau sudah begini, hati-hati terjebak dalam lingkaran utang. Nah agar Anda terhindar dari jeratan utang, sebaiknya Anda lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit tsb.
tips bijak menggunakan kartu kredit

Bagaimana cara pakai kartu kredit yang aman dan cerdas?

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit di Bulan Puasa

Agar Anda tidak terlilit hutang yang tidak perlu, sebaiknya Anda dapat mengikuti tips bijak menggunakan kartu kredit berikut ini:

Cari Informasi Selengkap-Lengkapnya

Informasi tsb meliputi tempat buka puasa bersama, promo yang diberikan restoran, promo yang diberikan oleh penyedia kartu kredit, serta syarat / ketentuan yang harus dipenuhi bila ingin memperoleh promo saat menggunakan kartu kredit tsb.

Pilih Makanan Sesuai Kebutuhan

Walaupun Anda mendapatkan promo khusus karena menggunakan kartu kredit, namun bukan berarti Anda dapat kalap dan memesan makanan yang berlebihan. Pilihlah makanan sesuai kebutuhan Anda.

Hitung Pengeluaran Anda

Menggunakan kartu kredit memang mudah, namun bila tidak diperhitungkan dengan baik maka akan sangat sulit untuk melakukan pembayaran. Saat menggunakan kartu kredit, pastikan Anda mampu membayar total kredit sebelum jatuh tempo. Hal ini penting untuk menghindari bunga kredit yang berlaku saat Anda tidak mampu membayar keseluruhan kredit dan untuk menghindari biaya denda bila terjadi keterlambatan pembayaran.

Utamakan Kebutuhan Pokok

Anda harus memprioritaskan kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, termasuk membayar zakat, sebelum memutuskan membeli produk konsumtif. Cara ini tetap harus dilakukan sehingga Anda berpikir berkali-kali sebelum menggunakan kartu kredit.

Tetap Sedekah

Saat bulan puasa sebaiknya amal ibadah kita ditingkatkan, salah satunya dengan tetap menyantuni orang yang membutuhkan. Masukkan poin sedekah ini dalam pos pengeluaran Anda sebelum Anda memutuskan membeli barang kebutuhan konsumtif. Jangan habiskan dana cadangan Anda untuk berbagi ini untuk membayar hutang yang sebetulnya dapat dihindari dengan cara bijak menggunakan kartu kredit. Dengan adanya sedekah, hati pun akan terasa lebih tenang.

Itulah 5 tips bijak menggunakan kartu kredit saat bulan puasa. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Tags: Kartu Kredit Kredit Pengelolaan Hutang

author
Penulis: 

    Posting Terkait "Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Saat Bulan Puasa, Awas Jangat Sampai Terjebak!"

    7 Cara Menabung untuk Mahasiswa Paling Efektif untuk Akhir Bulan
    Cara menabung untuk mahasiswa paling efektif –
    4 Cara Membeli Rumah Bekas Dengan KPR yang Benar
    Cara membeli rumah bekas dengan KPR –
    6 Cara Beli Rumah Dengan Gaji Kecil Minimal 3 Juta
    Cara beli rumah dengan gaji kecil –

    Tinggalkan Balasan