Tertarik Investasi Emas? Lalu, Kapan Harus Beli Emas?

Kapan harus beli emas? Ini adalah pertanyaan standar yang sering kali ditanyakan oleh orang-orang yang mulai tertarik dengan jenis investasi yang satu ini. Seiring dengan semakin berjalannya waktu, semakin banyak orang yang sudah mulai sadar tentang pentingnya melakukan investasi. Investasi mendukung kita untuk bisa mempunyai kemapanan secara finansial. Ini juga bisa melatih kita untuk menentukan target jangka panjang berkaitan dengan kondisi keuangan.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak sekali jenis investasi, yaitu mulai dari investasi pendidikan, investasi saham, peer to lending, reksa dana, properti, emas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, peluang investasi pun semakin besar. Salah satu jenis investasi yang akan kita bahas hari ini adalah tentang investasi emas.

Kapan harus beli emas? Anda bisa menjawab pertanyaan ini apabila Anda sudah mengetahui beberapa hal tentang investasi emas. Emas yang dijadikan sebagai barang investasi bukanlah emas perhiasan. Emas perhiasan bukan barang investasi karena nilainya yang semakin menurun. Emas yang dijadikan barang investasi adalah Emas Logam Mulia (LM) yang diproduksi oleh PT ANTAM. Masing-masing LM ini mempunyai sertifikat asli untuk menjamin keasliannya. Sertifikat ini dikeluarkan oleh PT ANTAM.

Ada banyak hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum menjawab pertanyaan tentang kapan harus beli emas. Untuk Anda yang masih tergolong pemula, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memulai berinvestasi.

Investasi Emas untuk Jangka Panjang

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah menentukan tujuan Anda untuk berinvestasi emas. Saat ini, apa tujuan Anda untuk melakukan investasi? Jika Anda ingin berinvestasi emas untuk memenuhi kebutuhan anak, berarti Anda membutuhkan investasi jangka panjang. Jika Anda ingin berinvestasi emas untuk masa tua nanti, ini juga termasuk investasi jangka panjang. Nah, khusus untuk investasi emas jangka panjang, Anda bisa membeli emas kapan saja. Mengapa? Karena Anda mempunyai lebih banyak waktu untuk menjual kembali emas yang dijadikan barang investasi.

investasi emas

investasi emas

Sebagian besar orang juga lebih memilih emas untuk investasi jangka panjang. Anda dapat membeli beberapa gram emas sekaligus untuk disimpan. Seiring dengan berjalannya waktu, harga emas pun akan terus naik. Nanti, di waktu yang sudah Anda tentukan, harga emas bisa jauh lebih tinggi dari harga pertama saat Anda membelinya.

Investasi Emas untuk Jangka Pendek

Tak hanya dipilih sebagai lahan investasi jangka panjang, emas juga bisa dijadikan sebagai barang investasi jangka pendek. Seperti yang kita ketahui bersama, emas merupakan salah satu intrumen yang cukup tahan dengan inflasi. Jadi, Anda bisa menggunakannya kembali kapan pun Anda membutuhkan. Misalnya, jika tiba-tiba Anda membutuhkan uang untuk biaya rumah sakit yang cukup besar, Anda bisa menjual simpanan emas bilik Anda.

investasi emas

investasi emas

Untuk menguangkan emas demi memenuhi kebutuhan mendadak, Anda bisa memilih apakah ingin menggadaikannya atau menjualnya. Dalam hal ini pun, usahakan Anda punya pertimbangan yang bagus.

Kapan harus beli emas untuk Investasi?

Setelah mengetahui tujuan berinvestasi emas, hal penting selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memikirkan tentang waktu yang tepat untuk membeli emas. Anda harus tahu bahwa harga emas sangat berpengaruh pada nilai mata uang dollar. Jika saat in dollar AS sedang menguat, harga emas akan menurun. Begitupun sebalknya, saat dollar AS melemah, harga emas pun akan turun.

Investasi Emas Antam Online

Jika kita ambil contoh lebih dekat, saat ini kurs dolar melemah di angka 14 ribuan, ini berarti harga emas pun cenderung naik sebab salah satu faktor turun naiknya harga emas adalah perubahan kurs IDR terhadap dolar. Ini adalah waktu yang tepat untuk menjual emas, bukan membeli emas.

Untuk mengetahui kapan harus beli emas atau kapan waktu terbaik untuk membeli emas, Anda juga harus memantau perkembangan tren harga emas. Pasalnya, ada bulan-bulan tertentu yang mana harga emas cenderung turun, seperti misalnya pada bulan April hingga pertengahan juni, harga emas cenderung turun. Ini adalah saat yang tepat untuk membeli emas.

Lalu, berkaitan dengan tren harga emas, menjelang akhir tahun, yaitu antara bulan November dan Desember, harga emas pun cenderung mengalami peningkatan. Anda bisa memanfaatkan peningkatan harga ini untuk menjual kembali tabungan emas yang Anda miliki.

Bagaimana Cara Memulai Investasi Emas?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai berinvestasi emas. Anda bisa mulai dengan membeli emas atau arisan emas yang kini juga sudah mulai menjadi tren. Apa pun itu, pastikan Anda menghindari membeli emas yang tak menerima barang fisiknya langsung karena ini lebih berisiko penipuan. Belilah emas secara langsung supaya lebih terpercaya.

Demikian adalah penjelasan mengenai kapan harus beli emas. Jika Anda sungguh-sungguh untuk memulai investasi emas, menabunglah mulai sekarang. Usahakan jangan membeli emas secara kredit. Belilah secara cash untuk mendapatkan keuntungan investasi yang maksimal.

Загрузка...

Tags: Kapan harus beli emas Waktu yang tepat untuk beli emas

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar