Perhatikan 5 Tips Agar Tidak Tertipu Asuransi Abal-abal

Tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal yang akan dijelaskan berikut ini sangat penting Anda simak sebelum tergiur menggunakan produk asuransi tertentu. Sama seperti seorang marketing lainnya, agen asuransi pasti akan memberikan jutaan kata-kata manis lengkap dengan janji-janjinya supaya Anda mau membeli produk tersebut. Ingat, jangan mudah tergiur. Sekali Anda salah memilih agen asuransi, kerugian yang Anda terima bisa berlipat ganda. Bagaimana caranya agar tidak tertipu oleh agen asuransi?

Semakin majunya generasi, semakin tinggi pula kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk asuransi. Asuransi bisa dijadikan sebagai pelindung untuk kita jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Wajar saja jika banyak orang yang mulai menggunakan produk asuransi.

Rumah, kendaraan pribadi, masa tua, pendidikan anak, dan lain-lainnya adalah salah satu hal yang wajib diasuransikan agar lebih aman. Beberapa sektor yang disebutkan di atas menjadi produk asuransi yang sangat diminati oleh masyarakat. Dengan memiliki produk asuransi, seperti asuransi kendaraan, Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu kendaraan Anda mengalami kecelakaan atau hilang. Anda bisa mengajukan klaim ke perusahaan asuransi untuk menutup kerugian yang Anda terima.

Itulah salah satu kelebihan dari menggunakan asuransi. Jika keputuhan pokok sudah terpenuhi, Anda bisa mulai memikirkan untuk menggunakan produk asuransi. Ini cukup penting untuk melindungi hal-hal berharga milik Anda.

Akan tetapi, di sisi lain, ada banyak kasus yang membuat Anda ragu untuk membeli produk asuransi, yaitu banyaknya kasus penipuan. Anda jadi harus lebih teliti dalam memilih produk asuransi tertentu. Lebih dari itu, biasanya orang yang menawarkan asuransi adalah teman dekat atau bahkan kerabat kita sendiri. Mau ambil, tetapi masih ragu dan mau menolak pun rasanya tidak enak. Tenang dulu, Anda hanya perlu membaca Tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal berikut ini.

1. Minta Penjelasan Tentang Asuransi yang Ditawarkan

Tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal

Tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal

Jika Anda memang sudah tertarik untuk membeli produk asuransi tertentu, Anda harus mencari informasi yang detail tentang produk asuransi yang ditawarkan kepada Anda. Jangan hanya karena yang menawarkan asuransi adalah teman atau saudara, Anda jadi iba dan membeli produk asuransi tersebut. Padahal, ternyata produk asuransi tersebut tak terlalu berguna untuk Anda. Jadi, pada akhirnya Anda lah yang merasa tertipu.

Seperti yang kita tahu bersama, ada banyak sekali produk asuransi. Anda harus memilih produk yang tepat supaya manfaatnya bisa Anda rasakan langsung.

2. Jangan Lupa Menanyakan Lisensi Agen

Jika Anda mendapatkan tawaran dari agen asuransi, coba tanyakan lisensi dari agen tersebut. Jika ia tak punya lisensi, berarti dia hanya sebagai penjual saja. Biasanya, orang yang hanya menawarkan asuransi tanpa memiliki lisensi berarti orang tersebut kurang begitu memahami tentang produk-produk asuransi yang dijual.

Agen yang mengalami lisensi berarti telah mengikuti berbagai pelatihan. Selain risiko bahwa si penjual sendiri tak mengerti produk, agen tanpa lisensi juga berpotensi melakukan penipuan. Ini adalah Tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal yang cukup penting.

3. “Malu Bertanya Sesat di Jalan”

Kata-kata pepatah lama ini juga berlaku untuk Anda yang saat ini sedang mencari produk asuransi. Jangan pernah ragu untuk bertanya kepada agen asuransi. Sebagai calon nasabah, Anda punya hak untuk bertanya. Anda juga harus lebih aktif dalam bertanya mengenai produk asuransi yang telah ditawarkan. Agen asuransi yang asli pasti bisa menjelaskan produk dengan baik sampai calon nasabah bisa memahaminya dengan baik.

Aktif bertanya

Aktif bertanya

Tak hanya itu, dengan aktif bertanya dan mencari informasi, Anda akan tahu lembaga asuransi apa yang menaungi si agen tersebut dan apakah si agen bisa dipercaya atau tidak. Intinya, jangan hanya karena teman yang menawarkan asuransi, Anda langsung percaya begitu saja. Ingat, tak ada yang tahu apa yang ada di hati setiap orang.

4. Baca dan Pahami dengan Baik Polis Asuransi

Saat Anda sudah setuju membeli polis asuransi tertentu, Anda biasanya akan diberikan polis yang dapat Anda pelajari. Polis asuransi ini berkaitan dengan hak dan tanggung jawab masing-masing pihak. Anda harus memahaminya dengan benar supaya tidak terjadi perselisihan di kemudian hari. Ini menjadi tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal yang penting sekali Anda perhatikan.

polis asuransi

Polis asuransi

Biasanya, ada banyak orang yang akhirnya merasa tertipu dan menyesal karena mereka menyepelekan polis asuransi. Anda mungkin sudah mendapatkan penjelasan yang detail dari agen. Akan tetapi, polis asuransi juga sangat penting untuk disimak sebagai berkas asli dari lembaga asuransi untuk Anda.

Sama seperti membeli barang pada umumnya, membeli produk asuransi juga membutuhkan usaha dan niat. Tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal ini penting dijadikan pegangan bagi siapa pun yang ingin membeli produk asuransi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sekarang ini banyak sekali penipuan asuransi yang dialami masyarakat. Anda tentu tak ingin menjadi salah satu korbannya bukan?

Загрузка...

Tags: Cara agar tidak tertipu asuransi abal-abal Tips agar tidak tertipu asuransi abal-abal

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar